Kurikulum Homeschooling

Banyak model homeschooling. Salah satunya adalah homeschooling (HS)/home education (HE) yang mengacu pada model sekolah. Model homeschooling semacam ini disebut school at home, sekolah di rumah.

Dalam model school-at-home, proses belajar yang dilakukan dalam homeschooling mengacu pada kurikulum sekolah. Kurikulum apa yang harus diacu oleh keluarga homeschooling?

kurikulum

Pilihan Kurikulum Homeschooling

Pilihan kurikulum homeschooling apa yang akan digunakan terserah pada setiap keluarga. Keluarga dapat memilih homeschooling yang mengacu pada kurikulum nasional atau kurikulum lain, semisal kurikulum Cambridge IGCSE yang digunakan oleh sekolah-sekolah internasional di Indonesia. Selain Cambridge IGCSE, banyak jenis kurikulum lain yang dibuat oleh pembuat kurikulum (curriculum provider) yang diakui di negara pembuatnya.

Jika hendak mengacu pada kurikulum tertentu, keluarga HS/HE dapat menentukan pilihan kurikulum mana yang diacu. Jika kurikulum nasional yang diacu, maka hanya ada satu jenis kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas, yaitu kurikulum yang digunakan di sekolah-sekolah. Kurikulum inilah yang perlu diacu oleh keluarga HS/HE.

Bagi keluarga homeschooling yang ingin mengikutkan anaknya pada Ujian Kesetaraan (Paket A, Paket B, Paket C), maka materi kurikulum nasional seperti yang digunakan di sekolah harus dimasukkan sebagai salah satu panduan dalam pelaksanaan homeschooling.

Kurikulum sekolah ini dapat diperoleh di situs Pusat Kurikulum Depdiknas (Puskur). Ada juga materi kurikulum itu yang dijual di toko buku.

Cara Praktis Memilih Kurikulum Homeschooling

Cara paling gampang dan praktis untuk mengetahui kurikulum nasional yang digunakan dalam homeschooling adalah dengan melihat buku-buku pelajaran yang digunakan anak sekolah. Keluarga bisa melakukannya dengan membeli buku-buku pelajaran sekolah di toko buku, kemudian menggunakannya sebagai referensi kegiatan belajar anak-anak.

Walaupun menggunakan kurikulum nasional seperti sekolah, kreativitas bagi keluarga homeschooling tetap terbuka. Banyak aspek di dalam proses belajar dalam homeschooling yang tetap dapat dimodifikasi sesuai gaya belajar anak agar memperoleh hasil yang maksimal.

Keluarga homeschooling dapat menentukan sendiri buku referensi apa yang paling disukai, waktu belajar, dan juga cara mempelajari suatu mata pelajaran. Di luar mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Persamaan, anak-anak homeschooling tetap dapat mempelajari berbagai hal yang menjadi minat dan perhatiannya.

(Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kurikulum homeschooling dan cara menjalani homeschooling, Anda dapat mengikuti Webinar Homeschooling yang diselenggarakan secara berkala oleh Rumah Inspirasi).

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Maap Pak, kurikulum di bentang ilmu koq ga bisa di download ya?

  2. Yang ada di Bentang Ilmu bukan kurikulum pak, tetapi ebook tentang homeschooling yang dapat didownload gratis. Caranya, lakukan register dengan email yang benar, kemudian ikuti prosesnya. Materinya bisa didownload setelah bapak Login ke Bentang Ilmu.. โžก

  3. Terima kasih atas postingannya Pak Aar, saya langsung link ini .. saya masih pelajari kurikulumnya .. smg segera terwujud ๐Ÿ˜€

  4. berapa contact personnya bentang ilmu ana pingin pean all in one flash cardnya

  5. Terima kasih informasinya. Dimana bisa mendapatkan buku2 dengan curriculum Cambridge IGCSE yang bisa dibeli untuk home schooling?

  6. Pak, mau Tanya, kalau kurikulum homeschool untuk anak berkebutuhan khusus itu saya bias dapat dimana ya?

    Thanks.

    • Lois: biasanya keluarga HS melakukan kustomisasi tergantung kebutuhannya apa bu. Prosesnya bisa berkonsultasi dg ahli yg mengetahui penanganan kebutuhan khususnya.

  7. Tulisannya sangat membuka wawasan. Semoga ini semakin mendidik orangtua dan anak-anak bangsa. Salaam..

  8. postingannya sangat membantu, saya sudah memulai HS tahun ini untuk anak kami. mohon bimbingannya. dan ijin copas u postingannya. terima kasih

  9. aliy wakhyu hidayat says:

    Assalamu ‘alaikum..
    Pak Aar..mohon maaf sebelumnya..saya mahasiswa S2 pascasarjana UNESA,(Uneversitas Negeri Surabaya), saya berniat mengadakan penelitian dan pengembangan tentang Homeschooling…kiranya Bapak berkenan membantu saya, karena banyak hal dan informasi yang saya butuhkan

Tinggalkan komentar Anda

*