Kualitas Pendidikan Indonesia Tertinggal 45 Tahun

World Development Report 2018 yang dikeluarkan World Bank membahas khusus tentang pendidikan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa Indonesia tertinggal 45 tahun dan 75 tahun di bidang sains dibandingkan negara-negara OECD. (Sumber: Detik)

Yang menarik dari Laporan World Development Report 2018 adalah laporan ini tidak hanya berbicara tentang school (kelembagaan) tetapi menukik lebih dalam mengenai hal yang lebih substansial yaitu learning (belajar).

Bahkan pesan dasar dalam laporan ini menyatakan persekolahan tidak sama dengan pembelajaran . Sekolah tanpa belajar bukan hanya sebuah kesempatan yang tersia-sia, tetapi merupakan ketidakadilan besar.

Schooling is not the same as learning. Schooling without learning is not just a wasted opportunity, but a great injustice.

Laporan selengkapnya tentang World Development Report 2018 bisa diunduh di bawah ini:

DOWNLOAD

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close