Kick Off Pesta Pendidikan oleh Mendikbud Anies Baswedan

Bertempat di Monas (Monumen Nasional), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meresmikan kegiatan Pesta Pendidikan pada Minggu (1 Mei 2016).

Pesta Pendidikan adalah rangkaian kegiatan di bidang pendidikan yang digelar oleh komunitas-komunitas yang bergerak di bidang pendidikan. Ada sekitar 90 komunitas pendidikan yang terlibat dalam rangkaian kegiatan yang bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei.

Rumah Inspirasi, sebagai salah satu simpul pendidikan berbasis keluarga (homeschooling/home education) dan Klub Oase (komunitas praktisi homeschooling) ikut serta dan terlibat dalam kegiatan Pesta Pendidikan ini.

Pesta Pendidikan - Rumah Inspirasi
Pesta Pendidikan: Semua Murid Semua Guru

Pesta Pendidikan diawali dengan peluncuran buku “Belajar dari Ki Hadjar” dan “Budi Dr. Soetomo” yang diterbitkan penerbit Literati bersama-sama dengan Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) dan Kampus Guru Cikal (KGC).

Pesta-Pendidikan-00

Dalam sambutan peresmian kegiatan Pesta Pendidikan, Mendikbud Anies Baswedan mengapresiasi inisiatif kegiatan ini.

Menurut Mendikbud Anies Baswedan, pemikul kewajiban konstitusional untuk menyelenggarakan pendidikan adalah pemerintah. Tapi keterlibatan masyarakat untuk memikul dan berkontribusi di sektor pendidikan adalah sebuah hal yang patut diapresiasi.

Pesta-Pendidikan-01

“Hal ini selaras dengan yang sudah kita canangkan yaitu pendidikan adalah gerakan.”

Tema Hari Pendidikan Nasional 2016 adalah ‘Pendidikan Menyalakan Pelita, Meninggikan Cita-cita’. Sementara itu, tema Pesta Pendidikan adalah ‘Semua Murid, Semua Guru’.

Tema Pesta Pendidikan memperluas makna pendidikan yang tak dibatasi oleh sekolah. Karena semua orang adalah murid yang terus belajar. Pada saat bersamaan, semua orang bisa dan adalah guru bagi orang lain.

Aneka Kegiatan Pendidikan Sepanjang Bulan Mei

Pesta-Pendidikan-02
Sepanjang bulan Mei 2016 ini akan ada banyak kegiatan pendidikan yang diselenggarakan komunitas-komunitas pendidikan yang dirangkai dalam benang merah Pesta Pendidikan.

Informasi tentang kegiatan-kegiatan selama Pesta Pendidikan dapat disaksikan di website Pesta Pendidikan atau diikuti melalui Twitter: @Pekan2016

Rumah Inspirasi & Klub Oase juga akan menyelenggarakan kegiatan pada bulan Mei ini. Selain mengikuti rangkaian kegiatan seperti mural yang diselenggarakan pada 2 Mei 2016, Rumah Inspirasi & Klub Oase akan menyelenggarakan “Bincang Seru Homeschooling” pada 21 Mei 2016. Isinya adalah sharing dan edukasi publik bagi keluarga yang sedang menimbang dan ingin menjalani homeschooling.

Informasi selengkapnya mengenai “Bincang Seru Homeschooling” akan secepatnya diumumkan.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*