Kerjasama Rumah Inspirasi & Paper Replika

Paper ReplikaBerawal dari keinginan untuk mengajarkan tentang Indonesia dengan cara yang berbeda kepada anak-anak, aku mengontak mas Julius Perdana yang suka bikin papercraft model. Situs papercraft mas Julius adalah Paper Replika. Aku membayangkan, alangkah asyiknya kalau anak-anak bisa belajar dengan membuat papercraft tentang landmark Indonesia. Terus, kegiatan itu dipadu dengan materi-materi lain mengenai informasinya. Kebayang, kalau ada papercraft berbentuk Borobudur pasti asyik banget.

Bayangan itu kemudian aku share dengan mas Julius. Aku tanya teknis untuk bikin papercraft model Borobudur. Tetapi, kelihatannya papercraft Borobudur itu rumit dan akan sangat mahal kalau harus dibikin modelnya. Dari obrolan tentang Indonesia dan papercraft itu, tiba-tiba mas Julius menawari kerjasama membuatkan model papercraft untuk Rumah Inspirasi. Wah.. tentu saja kami menerimanya dengan senang hati. Mas Julius yang membuat modelnya, kami membantu mempromosikannya sebagai bahan belajar anak-anak.

**

Di rumah, salah satu penggembar papercraft adalah Yudhis. Sejak belum bisa menggunting dengan benar, dia sudah suka membuat papercraft bersamaku. Dan salah satu kegiatan papercraft yang terkesan dan selalu terkenang-kenang baginya adalah membuat satu kota yang sumbernya kami dapat dari Canon Paper Craft.

Dari kegemaran terhadap papercraft, beberapa tahun lalu aku menemukan situs Paper Replika yang dibuat orang Indonesia. Wah.. ternyata ada lho orang Indonesia yang menekuni Papercraft. Ternyata beberapa tahun kemudian aku bisa berteman dengan orang tersebut (mas Julius) dan bahkan sekarang Rumah Inspirasi bisa bekerjasama dengan Paper Replika. It’s wonderful.

Bagi teman-teman yang mencari bentuk kegiatan untuk anak-anak, papercraft adalah salah satu alternatif yang menarik. Anda bisa mengawalinya di situs Paper Replika. Di sana ada bermacam-macam model yang bisa dipilih tergantung kesukaan anak.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Pak Aar & Bu Lala, makasih sharingnya, anak saya juga suka sekali paper craft 😀

Tinggalkan komentar Anda

*

Close