Kemudahan Transaksi Perbankan? Inilah Tips dan Caranya

Kemudahan transaksi perbankan adalah harapan bagi siapapun saat ini. Perorangan, keluarga, dan perusahaan tak bisa lepas dari kebutuhan akan kemudahan transaksi perbankan saat.

Bagaimana tips mendapatkan kemudahan transaksi perbankan?

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih produk perbankan dan solusi perbankan yang akan kita percayai untuk mengelola dana kita.

a. Kemudahan Transaksi karena Bank Bereputasi Baik

Kemudahan Transaksi PerbankanMemilih bank yang terpercaya adalah langkah pertama yang harus Anda dahulukan. Reputasi adalah pondasi untuk menjamin uang Anda berada di tempat yang aman dan tepat. Jangan tergiur suku bunga besar yang ditawarkan karena ada aturan pemerintah mengenai besaran bunga bank yang dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Kalau melebihi standar LPS, uang Anda bisa hilang kalau bank itu bermasalah.

Kenali juga reputasi bank dalam pelayanan nasabahnya. Seberapa baik pelayanannya, bagaimana mereka menangani komplain dari nasabah, dan seberapa handal sistem yang mereka miliki (ATM yang selalu tersedia dan berfungsi, transaksi elektronik yang tidak down, dan kerusakan ATM/sistem yang segera diperbaiki).

Oleh karenanya, jangan pilih sebarang bank, tetapi pilih bank bereputasi baik dan memberikan layanan untuk kemudahan transaksi perbankan Anda.

b. Kemudahan Transaksi karena Kesesuaian Kebutuhan dan Produk Perbankan

Produk Perbankan dan Solusi PerbankanSetiap produk perbankan dan layanan perbankan berorientasi pada kebutuhan tertentu dari nasabah. Ketahui kebutuhan Anda dan kenali produk/layanan bank yang disediakan karena setiap produk/layanan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, produk tabungan berbeda dengan giro dan deposito. Tabungan memberikan fleksibilitas untuk menambah dan menarik, giro memberikan sistem pelaporan yang lebih lengkap, dan deposito memberikan suku bunga lebih tinggi tetapi tidak bisa diambil sebelum masa kontraknya selesai.

Bahkan, untuk satu jenis produk, misalnya tabungan, banyak varian produk yang dimiliki bank. Sebagai contoh, Bank BCA memiliki beberapa produk perbankan berupa simpanan yaitu: Tahapan BCA, Tapres BCA, dan BCA Dollar. Setiap produk mempunyai fasilitas layanan yang berbeda-beda.

Pilih bank yang bisa memberikan solusi perbankan untuk kebutuhan Anda. Jika bank yang Anda pilih memiliki produk perbankan yang lengkap, itu akan memberikan kemudahan karena kredibilitas Anda di satu produk bisa di-leverage untuk memberikan kemudahan di produk perbankan lain yang Anda butuhkan.

Mempelajari dan memahami fasilitas perbankan yang Anda pilih akan memudahkan transaksi keuangan Anda agar berjalan lancar.

c. Kemudahan Transaksi karena Jaringan Bank yang Luas

Layanan PerbankanKunci lain dari kemudahan transaksi perbankan adalah memilih bank yang memiliki titik point of transaction yang luas. Dengan kata lain, bank yang memiliki cabang dan titik transaksi (ATM) yang banyak.

Kenali pola kegiatan Anda (tempat dan kota yang biasanya Anda kunjungi). Cek ketersediaan cabang bank dan ATM di daerah-daerah tersebut. Dengan ketersediaan jaringan cabang dan ATM yang luas, Anda dapat lebih yakin untuk kemudahan transaksi perbankan Anda.

Tentang ATM (Automated Teller Machine), Anda perlu mengetahui bahwa jenis ATM itu berbeda-beda. Ada ATM Multifungsi (Tarik Tunai dan transaksi Non Tunai), ATM Non Tunai dan ATM Setoran Tunai. Pastikan bank yang Anda pilih bukan hanya memiliki ATM multifungsi, tetapi juga memiliki ATM Non Tunai (yang biasanya sedikit antrian dan lebih praktis untuk transaksi transfer, pembayaran, dan transaksi non-tunai lainnya), serta ATM Setoran Tunai (sehingga Anda bisa menyetor uang kapan pun tanpa tergantung jam buka kantor cabang Bank).

d. Kemudahan Transaksi karena Ada Solusi untuk Beragam SaluranTransaksi

kemudahan transaksi perbankanSelain luasnya jaringan kantor cabang dan jumlah ATM, pilih Bank yang memberikan saluran alternatif yang luas untuk melakukan transaksi perbankan. Dengan tersedianya teknologi handphone dan Internet, maka fasilitas standar yang harus disediakan bank untuk mempermudah transaksi adalah mobile banking dan internet banking.

Dengan mobile banking dan internet banking, kita seolah memiliki ATM di tangan kita. Apapun transaksi yang kita butuhkan, kita bisa melakukannya di manapun kita berada dan kapanpun. Apakah kita sedang berada di kota besar atau tempat terpencil, apakah kita di jalan atau di rumah, kita bisa mendapatkan kemudahan transaksi melalui handphone dan gadget yang ada di tangan kita.

Kalau Anda adalah pebisnis, Anda akan merasakan kemudahan transaksi yang luar biasa dengan adanya mobile banking dan Internet Banking ini. Dengan menggunakan gadget/komputer, kita bisa langsung mengecek/melakukan transaksi tanpa harus datang ke ATM atau kantor cabang bank.

e. Kemudahan Transaksi karena Membuka Diri terhadap Inovasi Baru

Kebebasan FinansialNah, dengan seluruh fasilitas perbankan yang ada di bank, kunci terakhir agar Anda bisa mendapatkan kemudahan transaksi perbankan adalah mengubah mindset dan kebiasaan transaksi Anda. Sebagai contoh, kebiasaan kita untuk datang ke kantor cabang dan antri di loket yang membutuhkan waktu lama bisa kita hindari dengan cara memanfaatkan fasilitas ATM dan saluran transaksi lainnya.

Untuk kepraktisan dan kemudahan transaksi perbankan, kurangi transaksi cash dan lakukan pembayaran dengan kartu debit atau kartu cash (Flazz) Anda. Gunakan di supermarket, pom bensin, dan toko-toko tempat Anda bertransaksi.

Selain itu, Anda perlu mengaktifkan M-Banking dan Internet Banking Anda agar Anda bisa bertransaksi kapanpun Anda butuhkan melalui handphone (24 jam 7 hari seminggu). Dengan m-Banking dan Internet banking, Anda hanya tinggal membuka gadget/komputer untuk melihat transaksi perbankan Anda, bahkan melakukan transaksi perbankan juga seperti di ATM. Ini betul-betul alat yang luar biasa yang memberikan kemudahan transaksi perbankan untuk kita.

***

Demikian tips dan cara untuk meningkatkan kemudahan transaksi perbankan Anda. (Adv.)

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*