Kemah di Samping Rumah

Jumat/Sabtu (16/17 Nov) kemarin anak-anak kemah bersama di tanah kosong yang ada di samping rumah. Ada 8 keluarga yang ikut dengan 15 anak. Seru dan heboh!

Kegiatan camping keluarga ini berjalan cepat, dengan perencanaan kurang dari seminggu. Lala melakukan kontak bersama teman-teman dan sepakat untuk bikin kegiatan camping bersama anak-anak.Acara disusun, tanah kosong di samping rumah dibersihkan, perlengkapan disiapkan. Semuanya gotong royong dan patungan bersama.

Kegiatan bersama ini bukan yang pertama kali. Tahun lalu ada acara Kemah Keluarga yang diadakan Klub Oase di Kebun Wisata Pasirmukti. Anak-anak juga sudah pernah menginap bersama, slumber party, di rumah kami.

 

Jumat Ceria

Sejak Jumat pagi persiapan camping terus berjalan, bahkan sudah dimulai dua hari sebelumnya saat tanah kosong yang berisi ilalang mulai dibersihkan. Lala membeli 7 ekor ayam dan kemudian memasaknya untuk persiapan bakar ayam bersama. Yudhis, Tata, Duta juga sibuk membantu membersihkan rumah dan menyiapkan semua perlengkapan untuk acara camping.

Sekitar pukul 14, satu-persatu peserta mulai berdatangan. Dimulai dengan Wiwiet bersama Atala, disusul Mella bersama Husayn, dan mbak Kika beserta kru Buah Hati Trans TV yang ingin membuat liputan tentang kegiatan camping keluarga, serta teman-teman yang lain. Ada Raken & mb Mira bersama anak2, Dinar & keluarga, Irma & keluarga, serta Gita bersama Chacha.

Kegiatan berkemah dimulai dengan memasang tenda. Ada 2 tenda yang dibawa Wiwiet dan Raken. Selain itu ada tambahan 3 tenda dukungan dari tim Buah Hati.

Usai memasang tenda, anak-anak sibuk berlari dan berkejar-kejaran. Dipimpin bu guru Mella & Raken, anak-anak kemudian bermain tap jongkok dan beteng. Keringat bercucuran dan wajah-wajah mereka merekah kemerahan. Walaupun terlihat capek, anak-anak tak mau berhenti.

Bermacam kegiatan terus mereka lakukan. Mulai ngobrol dan main di dalam tenda, bernyanyi bersama diiringi gitar Yudhis, serta kegiatan membuat gelang mobius bersama bu guru Dinar. Saat hari mulai malam, anak-anak sibuk membantu menyiapkan makan malam dan membakar ayam.

Acara malam hari adalah bermain kartu Uno. Awalnya hanya beberapa orang yang main, tetapi kemudian semua anak ikut belajar dan bermain Uno. Acara bermain Uno berlangsung di tengah lapangan. Anak-anak heboh dan menikmati permainan Uno sampai jam 23.00. Kalau tak dihentikan, mereka maunya terus melanjutkan permainan. Bahkan setelah Uno selesai, mereka masih melanjutkan dengan mengobrol di dalam tenda.

Kami bersyukur, malam itu langit terang. Hujan gerimis sempat turun sebentar di sore hari, tapi setelahnya tak ada lagi hujan yang membasahi. Beberapa anak seperti Tata dan Alma bahkan memilih tidur di luar beratapkan langit. Beberapa ibu dan anak kecil tidur di dalam rumah.

 

Sabtu Gembira
Hari Sabtu, anak-anak sudah bangun sejak pagi. Mella & Husayn pamit sejak Subuh karena harus pergi ke Bandung untuk acara keluarga. Tapi yang lainnya tetap bertahan dan meneruskan kegiatan.

Sementara para Ibu menyiapkan sarapan nasi goreng, kegiatan Sabtu pagi dimulai dengan acara “Mencari Jejak”. Anak-anak mengerjakan soal mencari jejak yang disiapkan oleh Eyang Putri. Dibagi dalam dua kelompok, cewek dan cowok, mereka berlomba memecahkan sandi dan mencari harta karun. Ujung dari kegiatan mencari jejak adalah harta karun yang ternyata adalah es di kulkas.

Kegiatan menginap bersama ini bukan hanya untuk anak-anak. Para orangtua juga mengobrol, sharing, dan saling bercerita mengenai homeschooling dan keseharian. Persahabatan yang terjalin bukan hanya antar anak-anak, tetapi menjadi persahabatan keluarga.

Menjelang siang, tenda pun dibongkar. Anak-anak nampaknya masih enggan untuk meninggalkan kegiatan dan permainan mereka. Banyak kegiatan juga yang masih ingin dilakukan bersama. Mudah-mudahan bisa segera ketemu lagi ya…

Komentar anak-anak yang nggak mau pulang:
“Emangnya pulang hari ini?” – Atala
“Bukannya pulang hari Minggu?” – Dilan
“Aku gak mau pulang… ” – Chacha
“Sirupnya belum habis.. ” – Alma

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Trackbacks

  1. […] lalu, kami melakukan kegiatan kemah di samping rumah bersama teman-teman Klub Oase. Kegiatan ini diliput oleh tim dari Buah Hati Trans TV. Hari ini, minggu (23/12/2012) kegiatan itu […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close