Kelahiran buku “Apa itu Homeschooling”

Kelahiran buku itu rasanya seperti melahirkan. Lebay memang, hehehe… Yang pertama karena aku laki-laki, jadi tidak pernah merasakan kehamilan sehingga tidak pantas membandingkan kelahiran buku dengan kehamilan. Yang kedua, memang lebay aja.. πŸ™‚

Tapi sungguh rasanya memang lega dan bahagia saat pertama kali melihat setumpuk buku “Apa itu Homeschooling” yang diterbitkan penerbit Panda Media diantarkan ke rumah. Ada sekitar 250 exp pre-order. Tidak banyak memang, tapi lumayanlah waktu yang dibutuhkan untuk menandatangi dan membungkus buku-buku tersebut. Kemarin bekerja keroyokan bersama Lala dan dibantu Ibu, hingga malam “baru” menghasilkan sekitar 100 exp yang sudah siap kirim.

Terima kasih teman-teman yang sudah memberi dukungan melalui pemesanan pre-order. Sebagian buku dikirimkan semalam via JNE. Sebagian lagi menyusul. Mudah-mudahan hari Senin semuanya sudah terkirim.

Buku Apa Itu Homeschooling

***

Menulis buku adalah sebuah perjuangan besar buatku. Walaupun pada dasarnya aku suka menulis, proses menulis buku membutuhkan usaha yang jauh lebih besar dibandingkan menulis posting. Ada kerangka penulisan, ada akurasi materi penulisan yang harus diperhatikan, ada gaya bercerita yang konsisten, juga jumlah minimal halaman yang harus dipenuhi. Belum lagi, ada faktor penerbit yang akan menilai apakah naskah itu layak diterbitkan atau tidak berdasarkan pertimbangan komersial. Belum proses revisi dan editing sebelum masuk ke mesin cetak. Prosesnya bolak-balik selama beberapa bulan.

Itu semua berbeda dengan menulis posting seperti di blog Rumah Inspirasi ini. Isinya bisa suka-suka. Tema materi yang ditulis dan panjang-pendeknya juga terserah kita. Waktu penulisannya juga bisa sesempatnya. Kalau pas sibuk, libur dulu menulis. Kalau pas longgar, menulis lagi.

Buat penulis non-profesional seperti aku, menulis buku itu ibarat perjuangan. Aku butuh waktu berbulan-bulan untuk melakukan riset, refleksi dan menjaga konsistensi menulis. Dan… hampir selalu proses itu terinterupsi kegiatan yang lebih prioritas yaitu memastikan agar dapur tetap mengepul.

Sebenrnya itu hanya dalih yang semestinya tak pantas kusebutkan. Tapi itulah kenyataan yang kualami. Sampai saat ini, aku belum cukup konsisten dan produktif untuk menulis buku. Oleh karena itu, aku selalu salut dengan penulis produktif seperti Dahlan Iskan, yang mampu menghasilkan puluhan buku diantara kesibukannya yang pasti jauh padat daripada aku.

***

Buku “Apa itu Homeschooling” adalah buku homeschooling ketiga yang kutuliskan. Buku pertama berjudul “Homeschooling Lompatan Cara Belajar”, yang kedua adalah “Warna-warni Homeschooling”. Buku pertama adalah karyaku sendiri, sementara buku kedua merupakan kumpulan tulisanku bersama beberapa praktisi homeschooling lain. Saat ini, dua buku pertama sudah tidak ada lagi di rak-rak toko buku. Mungkin karena termasuk “slow moving books” dan secara komersial kurang menguntungkan, buku itu tak diproduksi lagi.

Buku “Apa itu Homeschooling” berisi kristalisasi proses belajar dan praktek homeschooling yang kujalani hingga saat ini. Buku ini berisi sudut pandang dan cara berfikir (mindset) keluarga yang ingin menjalani homeschooling. Aku berusaha menyarikan pengetahuanku tentang homeschooling menjadi 35 pokok-pokok gagasan tentang homeschooling dan membuatnya menjadi hal yang sederhana dan mudah dibaca/difahami, tanpa terlalu menyederhanakannya.

Cara berfikir (mindset) tentang homeschooling menurutku penting diketahui karena homeschooling bukan hanya perihal ijazah, sosialisasi, kurikulum seperti yang sering ditanyakan. Ada sudut pandang dan cara berfikir yang berbeda dalam homeschooling yang perlu diketahui karena modelnya berbeda dengan sekolah yang kita kenal dan jalani selama ini.

Buku ini hadir dengan niat sebagai alat edukasi masyarakat mengenai homeschooling. Dengan buku ini, mudah-mudahan keluarga yang ingin tahu tentang homeschooling bisa lebih memahami apa itu homeschooling. Demikian juga, keluarga yang ingin memulai homeschooling dapat memiliki pijakan untuk langkah awal. Buku itu dapat dijadikan sebagai tools untuk menjelaskan kepada pasangan, kakek-nenek, kerabat atau teman yang ingin mengetahui tentang homeschooling.

Mau membantu promosi buku ini? Wah, tentu itu adalah sebuah kehormatan dan kebahagiaan buatku. Jika buku ini makin tersebar, berartiΒ makin banyak masyarakat yang teredukasi tentang homeschooling dan melihat alternatif-alternatif pendidikan selain sekolah. Tentu saja, promosi itu juga akan membuat buku ini semakin laris, penerbit bahagia, dan membuatku (serta penulis lainnya) semakin semangat menulis buku-buku yang lain lagi, hehehe…

Cara membantu bisa dilakukan dengan berbagi foto buku di media sosial, bikin quote isi buku, bikin kultwit, bikin komentar & review di blog/notes, juga menulis resensi di media massa. Tentu saja, jangan lupa beli bukunya..:)

Buku akan mulai ada di toko-toko buku dalam waktu dekat.

***

O ya, bagi yang ingin mendalami proses belajar tentang homeschooling, kebetulan kami sedang menyelenggarakan Webinar Homeschooling pada bulan Mei 2014 ini. Webinar ini biasanya kami adakan satu atau dua kali setahun. Silakan dimanfaatkan bagi Anda yang membutuhkannya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Mas aar, beli bukunya bisa via rumah inspirasi kah? Lebih praktis πŸ™‚ utk 2 buku yg sebelumnya apa bisa juga? Sisa2 cetakan lama mungkin masih ada? Hehe

  2. Salam Bang Aar.
    kalau boleh tahu, harga bukunya berapa? Kalau ongkir ke Cirebon brp?
    Salam
    Terima kasih

  3. Indah Hasriati says:

    Mas Aar, saya berminat dg buku barunya. saya pesen 1 ya. kalau 2 buku yg lama itu, kalau masih ada stok, saya berminat juga. mohon diinformasikan, berapa total harga + ongkir ke singkawang kalimantan barat. terima kasih.

  4. Mas aar, masih bisa pesen bukunya lewat Rumah inspirasi nggak? belum nemu bukunya nih di Makassar πŸ™‚

  5. Eva Simanjuntak says:

    sore pak Aar, saya mau dong bukunya, saya cari di gramed semarang blm ada, plus ongkir ke semarang berapa ya?

  6. Pak Aar, saya mau dong beli 1, gimana caranya?

  7. Pak Aar, saya sudah kirim email pemesanan. Masih available bukunya ?

  8. Pak… saya tertarik dengan homeschooling dan ingin belajar “basic”nya dulu. Buku yang mana yang saya baca (alias beli) duluan? apakah menyediakan pembelian buku elektronik juga? sekarang saya sudah terbiasa membaca dari alat.

    terima kasih banyak.

    salam,
    ratna

    • Buku yg dalam bahasa Indonesia masih jarang mbak. Buku “Apa itu Homeschooling” sebagai wawasan utk memulai.
      Buku elektronik ada, tapi materinya merupakan paket materi Webinar Homeschooling.

  9. salam kenal pak…boleh minta no HP/pin BB …ad hal pnting yg akan dibicarakan..

    ini PIN saya : 7ae0b0da

  10. Salam kenal mas, buku nya msh ada mas? kalau saya berminat harga buku + ongkir ke kab bandung barat jadi berapa? terimakasih

  11. Kartini says:

    Assalamualaikum,saya dari Malaysia.Bagaimana mahu dapatkan buku2 ini di sini?

  12. Juju Saepudin says:

    Assalamualaikum….saya tertarik untuk membaca buku tersebut, apakah masih ada? saya tinggal di Cakung Jakarta Timur, berapa dengan ongkos kirimnya ? Tks

  13. Assalamualaikum wr wb, pak saya cari buku bapak di toko buku tapi sudah pada habis. Apa bisa saya pesan di rumah inspirasi. terimakasih..

Tinggalkan komentar Anda

*