Kecepatan Internet Dunia

Bagaimana kecepatan Internet dunia saat ini? Bagaimana posisi rata-rata kecepatan Internet di Indonesia dibandingkan negara lain?

Menurut data Akamai yang dikutip situs Pingdom.com, kecepatan rata-rata Internet dunia saat ini adalah 1.8Mbit/s. Sementara itu, kecepatan rata-rata Internet di Indonesia hanyalah 0.63 Mbit/s.

Prestasi ini menempatkan kecepatan rata-rata Internet di Indonesia di nomor 47 dari 50 negara. Posisinya sedikit di atas Nigeria dan Iran yang berada di bawahnya. Posisi terbaik dipegang oleh Korea Selatan yang menduduki nomor 1 di dunia dengan kecepatan 16.63 Mbit/s, jauh meninggalkan negara-negara lain.

Rata-rata kecepatan Internet di dunia

Yang menarik, dari 50 negara ini ada 3 negara Asia yang menduduki tempat tertinggi, yaitu Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang. Kecepatan rata-rata Internet mereka berada di atas Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa.

**

Berdasarkan distribusinya, yang membuat kecepatan rata-rata Internet di Indonesia masih rendah karena masih banyak yang dial-up ataupun “broadband” yang seadanya alias tidak benar-benar broadband. Masih menurut data Akamai ini, di Indonesia belum ada Internet berkecepatan di atas 5 Mbit/s. Bandingkan dengan Korea Selatan yang justru kebalikannya: sekitar 75% diantaranya berkecepatan lebih dari 5 Mbit/s dan mereka tak memiliki jaringan Internet yang kecepatannya di bawah 256 kbit/s.

Distribusi Kecepatan Internet di tiap negara

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close