Kartu Pelajar untuk Anak Homeschooling

Salah satu bukti identitas yang biasanya digunakan anak sekolah adalah Kartu Pelajar. Kartu Pelajar bisa bermanfaat untuk beragam keperluan, misalnya mendaftar di perpustakaan, kartu diskon, serta bukti mengikuti aneka lomba.

Bagaimana kartu pelajar anak homeschooling? Apa tanda bukti untuk anak-anak?

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat Kartu Pelajar atau Kartu Identitas anak homeschooling.

a. Membuat Kartu Pelajar

Untuk keperluan identitas anak, kami dulu membuat Kartu Pelajar untuk anak-anak. Template-nya bisa mengikuti di sini: https://www.homeschoolbuyersco-op.org/homeschool-id/


Untuk banyak kondisi, biasanya Kartu Pelajar semacam ini sudah mencukupi.

b. Kartu Identitas Anak

Saat anak-anak melakukan kegiatan OASEksplorasi, kami membutuhkan kartu identitas anak untuk naik kereta dan berjaga-jaga. Atas kesepakatan bersama, setiap anak peserta OASEksplorasi kemudian dibuatkan satu kartu identitas anak yang mereka bawa kapanpun. Desainnya kartu berisi informasi yang bersifat universal sehingga tak ada expired date.

Data anak yang termuat antara lain: NIK (dari kartu Keluarga), nama, tanggal lahir, golongan darah, alamat rumah, nama & nomor keluarga yang dapat dihubungi.

Kartu ini menjadi identitas anak-anak untuk perjalanan mereka naik kereta api dan lain-lain.

c. Kartu Pelajar dengan NISN

Jika anak sudah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), data kartu pelajar seperti contoh (a) bisa dimodifikasi dengan memasukkan nomor NISN.

d. Surat Keterangan Orangtua

Anda dapat membuat surat keterangan yang ditandatangani orangtua, kalau perlu bermaterai, sebagai bukti anak.

Isinya kurang lebih menyatakan bahwa anak adalah siswa sekolahrumah dan Anda adalah penanggung jawabnya.

e. Surat Keterangan dari PKBM

Alternatif yang lain adalah surat keterangan dari PKBM yang menyatakan bahwa anak adalah siswa sekolahrumah yang terdaftar di PKBM tersebut. Surat ditandatangani oleh Pengelola PKBM.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Veridiana says:

    Utk kartu identitas, apakah dicetak sendiri atau bagaimana pak aar? Bagaimana dgn nomor identitas?

  2. Pa aar. Mohon bantuan bgmn saya mulai untk ikut HS anak saya yg skrg duduk dibkls 4 SD.
    Apakah ada pendaftatan untk bergabung. Terimakasih untk bantuanya

Tinggalkan komentar Anda

*

Close