Juri Lomba Komik Anak

Belum lama ini aku diminta menjadi juri dalam lomba komik yang diadakan oleh Komunitas Anak Online asuhan mbak Mira Kurniasari.

Lomba membuat komik ini menggunakan media Bitstrips for School sebagai alat bantu. Tema yang dilombakan adalah: “Kegiatan Saya Saat Libur Sekolah”. Penilaiannya mencakup keterkaitan tema dengan isi komik, kesinambungan aliran cerita, seberapa menarik cerita yang disajikan beserta pemilihan karakter termasuk dengan ekspresi dan latar belakang cerita.

Acara pengumuman pemenang dilaksanakan di Dunkin Donut Rawamangun tanggal 17 Juli 2011. Kebetulan hari itu Duta berulang tahun ke 3, jadilah kami memutuskan untuk sekalian jalan-jalan ke sana.

Hasil peserta Lomba Komik

Peserta lomba komik

Senang melihat antusiasme anak-anak di lomba komik ini. Melihat mereka berkarya di luar pelajaran sekolahnya. Menurutku kita tidak boleh menyepelekan kesukaan anak terhadap komik. Jika anak suka membaca komik sebaiknya diarahkan untuk tidak hanya menjadi pembaca (konsumen) tapi juga menjadi pembuat komik (produsen) karena menjadi komikus adalah sebuah pekerjaan yang keren, apalagi jika dilakukan dengan serius.

Sebagai informasi, lomba membuat komik ini merupakan satu rangkaian dengan pelatihan membuat komik yang dibuat oleh mbak Mira Kurniasari.

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*

Close