John Holt: belajar sepanjang waktu

Dalam menjalani homeschooling, banyak hal yang aku pelajari dari pemikiran-pemikiran John Holt mengenai unschooling (walaupun kami tak mendefinisikan diri sebagai unschooler). Aku mendapatkan banyak pencerahan dan sudut-sudut pandang yang berbeda dari sekolah, yang memperkaya sudut pandangku tentang pendidikan.

Pandangan-pandangan John Holt sering menjadi spirit dalam pelaksanaan homeschooling kami, terutama di dalam spirit untuk menjadikan anak sebagai subyek pendidikan dan memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi, karena di sanalah esensi proses belajar itu berada.

Berikut ini adalah salah satu quote dari tulisan John Holt yang menarik dan kusukai:

“Real learning is a process of discovery, and if we want it to happen,we must create the kinds of conditions in which discoveries are made. We know what these are. They include time, leisure, freedom, and lack of pressure.”

(John Holt, Learning All The Time)

Pembelajaran yang sejati merupakan sebuah proses menemukan. Dan jika kita menginginkan hal itu terjadi, kita harus menciptakan kondisi yang membuat penemuan itu bisa terjadi. Kita tahu apa itu, yaitu waktu, kesenangan, kebebasan, dan ketiadaan tekanan.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Ijin share tulisan tapi ngga semua

  2. Silakan mbak Dian.. ๐Ÿ™‚

  3. Terima kasih atas kiriman ebooknya ๐Ÿ˜€

Tinggalkan komentar Anda

*