Jadwal kegiatan Homeschooling

Dalam webinar homeschooling yang lalu, sempat dibahaskan mengenai jadwal kegiatan belajar anak-anak. Pembuatan jadwal harian itu adalah sebuah pilihan dan modelnya bisa bermacam-macam.

Kuncinya adalah mencari model yang cocok untuk anak-anak pola kegiatan keluarga. Juga, jangan takut untuk melakukan perubahan jika model yang ada dirasa kurang efektif karena berbagai alasan: terlalu longgar, terlalu padat, terlalu rumit, kurang menantang, dsb.


Kami sendiri melakukan beberapa kali perubahan dan penyesuaian dalam pengelolaan kegiatan harian anak-anak. Saat ini, model kegiatan yang kami gunakan adalah menggunakan jadwal harian menggunakan poin.

Menu Belajar + Poin

Setiap hari, setiap anak mendapatkan target mengumpulkan 4 poin. Poin itu bisa diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan. Kami menentukan variasi jenis kegiatan harian, kemudian mengalokasikan poin untuk setiap kegiatan. Alokasi poin itu tidak tetap, tetapi merupakan range. Misalnya, kegiatan menggambar itu range-nya 1/2-1, tergantung kualitas gambar mereka. Kalau standar nilainya 1/2. Kalau bagus sekali dan diupload, nilainya 1. Tetapi kalau menggambarnya asal selesai, kami berikan nilai 1/4.

Jadi, modelnya adalah seperti membuat menu belajar. Untuk kegiatan-kegiatan yang kami anggap penting dan perlu menjadi perhatian mereka, nilainya besar; misalnya IXL Math dan Raz Kids nilainya 1. Kami juga minta supaya belajar Math dan Bahasa Inggris itu selalu masuk dalam kegiatan harian mereka.

Dengan jadwal ini, anak-anak menentukan sendiri mereka mau melakukan kegiatan apa dan kapan dilakukan. Kadang mereka menyelesaikan 4 poin sebelum makan siang. Kadang mereka melakukan 3 poin dan meneruskan sisanya pada sore hari. Prosesnya semua kami serahkan dan percayakan kepada mereka.

Evaluasi Belajar

Jadwal ini kami buat untuk 5 hari, Senin-Jumat. Sabtu dan Minggu anak-anak bebas. Kegiatan ini kami evaluasi setiap minggu. Kalau ada jenis kegiatan yang menurut kami sudah terlalu sering, kami hapuskan dari pilihan kegiatan. Kalau ada kegiatan yang menurut kami penting, kami tambahkan. Proses itu kami komunikasikan bersama anak-anak sehingga mereka tahu alasan dari setiap keputusan yang kami buat.

Bagi yang ingin melihat sampel jadwal, kegiatan, dan nilainya, materinya bisa diunduh di:

DOWNLOAD

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Dear Mba Lala dan Mas Aar..
    aku uda baca dan download contoh kegiatan di atas
    yang dimaksud dengan total bonus, di bawah lembar kegiatan itu apa ya? Lalu ada penukaran antara waktu main, tabungan dan cash.. ini bagaimana teknisnya ya?
    mohon pencerahan hehehe..
    terimakasih banyak

  2. Yuritza says:

    Dear Rumah Inspirasi,

    Saya terlambat mengetahui jadwal Webinar dari poin 1 sampai poin 8 di atas.

    Kapan webinar topik poin 1 sampai 8 diatas diulang lagi?

    Mohon infonya juga via email saya, supaya lain kali tidak kelewatan.

    Terima kasih banyak.

    Salam,
    Yuritza

    • Kami belum ada rencana lagi webinar. Anda bisa belajar melalui materi webinar. Silakan cek email yg kami kirimkan.

  3. Dear rumah inspirasi,

    Saya mau materi webinarnya..bisa dilihat dimana ya???makasih

    • #Nadia: materi webinar diperuntukkan para peserta webinar. Webinar berikutnya rencananya Februari/Maret 2016. Ditunggu ya mbak 🙂

  4. Carolina Ayu says:

    Selamat pagi…
    Boleh saya minta diemail materi webinar, pak?

    Terima kasih.

    Salam

    Carolina Ayu

    • #Carolina: materi webinar diperuntukkan peserta webinar. Webinar berikutnya rencananya Februari/Maret 2016. Ditunggu ya mbak 🙂

  5. Bisa ga sih homeschooling itu dlakukan o kluarga yg sederhana(minim biaya)?
    klo memang biasa apa yg pertama2 hrs dlakukan?

    • @Zuhriah: HS itu fleksibilitas biaya, bukan mahal atau murah. Kuncinya orangtua rajin belajar dan mau bekerja keras. Awali dengan belajar apa itu homeschooling dengan banyak membaca praktek HS di keluarga yg macem2, praktekkan dengan materi-materi belajar yang ada di sekitar

Tinggalkan komentar Anda

*

Close