Internet, personal dan sosial

Apa pengaruh Internet buatku? Hmmm…. apa ya? It means a lot for me. Saking banyaknya, rasanya sulit membayangkan kehidupan yang aku jalani saat ini tanpa Internet. Internet sudah menjadi bagian kehidupanku sehari-hari, mulai kegiatan yang berkaitan dengan anak-anak, pekerjaan, hingga pertemanan dan kegiatan sosial.


Internet dan Anak-anak
Tak terbayangkan aku menjalani homeschooling yang kami pilih untuk anak-anak kami seandainya tak ada Internet. Walaupun kami mungkin tetap memilih homeschooling (karena kami suka sekali gagasannya), tetapi Internet membuat homeschooling menjadi jauh lebih mudah. Bukan hanya lebih mudah, tetapi juga lebih berkualitas dan murah.

BBC Bitesize

Bagaimana tidak? Internet membuat kami tak lagi dipusingkan mencari materi belajar untuk anak-anak. Kami dapat mencari materi-materi berkualitas internasional dengan mudah. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Anak-anak juga bisa belajar dengan bermacam metode; menggunakan printable seperti di ABCTeach, simulasi seperti di BBC Bitesize, multimedia seperti MightyBook, Youtube, dll. Internet juga membuat kami tak perlu membeli ensiklopedia karena Internet adalah bagaikan ensiklopedia raksasa. Dengan mengajarkan anak-anak menggunakan mesin pencari, mereka bisa belajar apa saja dan mendapatkan informasi apapun yang mereka inginkan.

Bukan hanya sarana belajar, anak-anak pun dapat bersenang-senang melalui Internet dengan murah. Mereka dapat bermain game online. Aku pernah mengumpulkan daftar game untuk anak-anak di sini . Menonton film2 kartun kesukaan mereka pun dapat dilakukan di Youtube seperti kesukaan anak-anak sekarang menonton film Inazuma Eleven

***

Kebutuhan Pribadi
Internet juga membuat hidupku rasanya lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi, di Indonesia mulai ada toko-toko online. Kita bisa mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan tanpa harus capek pergi keluar, kena macet dan mengeluarkan biaya transportasi yang semakin mahal.

Tinggal membeli melalui shopping cart atau melalui telepon, melakukan transfer dengan ebanking, kemudian melakukan konfirmasi, barang yang kita beli akan segera dikirim. Sampai saat ini, barang yang sering aku beli melalui Internet adalah buku dan barang elektronik. Kalau membeli buku, aku biasanya membeli di Buka Buku, Ini Buku, atau Kutu-kutu Buku.

Untuk barang elektronik, aku biasanya membeli di Bhinneka.com. Aku sudah pernah melihat toko Bhinneka di Mangga Dua Mall, jadi aku cukup percaya dengan toko ini.

Sudah beberapa kali aku membeli barang elektronik online melalui Bhinneka. Dari mulai headset, USB flash sampai camera digital. Terakhir, adikku pernah minta tolong membelikan Macbook secara online.

Pada awalnya aku agak ragu karena nilai transaksinya besar. Tetapi karena pengalaman selama ini lancar dan produknya standar, aku memberanikan diri juga. Dan ternyata semuanya lancar. Pagi aku telepon, sore barang diantar ke rumah dan pembayaran dengan cara cash on delivery (saat barangnya sampai di rumah).

Menurutku cara belanja seperti ini luar biasa, nggak perlu keluar rumah, buang waktu, tenaga, uang. Barang yang dibeli toh sama persis, harganya juga sama seperti datang sendiri ke Mangga Dua. Bahkan jatuhnya kalau ke Mangga Dua bisa2 jadi  lebih mahal, karena kalau ke sana pasti pakai transport, makan, belum lagi ‘keracunan’ belanja barang-barang lain yang nggak prioritas.

***

Belajar dan mendapatkan uang
Hal lain yang aku peroleh dari Internet adalah peluang. Peluang untuk apapun. Dengan keberadaan Internet, sejak 2006 aku belajar membuat situs. Awalnya dengan Joomla. Kemudian, aku belajar membuat blog dengan WordPress seperti blog Rumah Inspirasi ini.

Bentang Ilmu

Ketrampilan membuat situs dan blog itu menciptakan sumber pemasukan buatku. Membuat blog dan membuat materi-materi digital menjadi sumber income yang tak pernah kuperkirakan sebelumnya. Contohnya adalah Bentang Ilmu, tempatku berjualan ribuan flashcard untuk anak-anak preschool belajar membaca, mengenal benda, bahasa Inggris. Melalui Bentang Ilmu pula, aku jadi mempunyai murid-murid yang belajar online Matematika dan belajar Bahasa Inggris Online secara privat denganku.

***

Berbagi & Berteman
Dan salah satu hal besar yang aku dapatkan dari Internet adalah pertemanan. Semuanya berawal dari blog Sumardiono, situs SekolahRumah, milis sekolahrumah, dan blog Rumah Inspirasi yang aku buat dan kelola bersama mas Aar, suamiku. Berangkat dari kebutuhan pribadi kami untuk mencari teman sesama praktisi homeschooling, mas Aar banyak menulis materi informasi tentang homeschooling. Aku juga membuat materi-materi gratis yang bisa didownload di Rumah Inspirasi.

Klub Oase

Semua kegiatan itu ternyata menimbulkan perputaran yang luar biasa. Kami mendapatkan teman-teman baru dari mana-mana. Bukan hanya dari berbagai penjuru Indonesia, tetapi juga dari berbagai penjuru dunia. Dari kegiatan yang sifatnya online, berkembang menjadi kegiatan offline seperti Seminar Homeschooling, berkegiatan bersama (fieldtrip), dan yang terbaru adalah terbentuknya Klub Oase.

Bukan hanya pertemanan dan kegiatan buatku luar biasa, Internet membuat kami bisa berbagi gagasan sosial tentang pendidikan alternatif dan pemberdayaan keluarga. Ini sangat luar biasa.
Tapi sudah dulu deh… takut kepanjangan dan membuat bosan. Kapan-kapan disambung lagi ya… Internet memang membuat hidup kita mejadi lebih mudah dan berkualitas; untuk anak, keluarga, dan berkarya; untuk hiburan, pendidikan, bisnis, dan gerakan sosial.

Yang pasti, mari kita belajar memanfaatkan Internet untuk membuat hidup kita menjadi lebih berkualitas.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang diadakan oleh Bhinneka.com

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. love banget tulisannya mbak, moga menang ya.. salut banget sama kreatifitasnya..

  2. Terima kasih mbak 😛

  3. Terima kasih Mbak Lala, tautan-tautannya bermanfaat bagi saya.

  4. Sama-sama mbak Andini. 🙂

  5. ariefna amini says:

    Ga sabar pgn memulai webinarnya mbak…..

Tinggalkan komentar Anda

*