Ikut Pelatihan Matematika Gasing

Kemarin, aku mengikuti Pelatihan Matematika Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) yang digagas oleh Prof. Yohanes Surya. Tapi aku tidak mengikutinya di Surya Institute. Aku ikut sesi pelatihan yang diadakan oleh Komunitas Berkemas. Instrukturnya adalah bu Retaningdyah yang pernah mengikuti pelatihan Matematika Gasing di Surya Institute.

Kegiatan pelatihan matematika Gasing ini adalah dalam rangka Gerakan Ibu-ibu Pandai Matematika (GIPIKA). Gerakan ini adalah bagian dari usaha mempopulerkan Matematika Gasing melalui jaringan para Ibu-ibu yang peduli pendidkkan. Gerakan ini baru diluncurkan sejak awal tahun 2011 melalui roadshow seminar Prof. Yohanes Surya ke berbagai kota yang diawali dari kota Bandung (29/11/2011).

Pelatihan Matematika Gasing berlangsung 10 kali @ 2 jam.  Selain program pelatihan 10 hari, di Surya Institute juga ada pelatihan Matematika Gasing yang dipadatkan menjadi 3 hari (mulai pukul 08.00 – 15.30).

Biaya pelatihan ini “gratis”. Yang harus dibayar adalah biaya buku: Rp. 300 ribu (10 buku) dan biaya akomodasi pelatihan (sewa tempat, konsumsi & transport instruktur). Bukunya sendiri optional, tidak harus dibeli. Tetapi karena semua materi pelatihan Gasing ada di dalam buku itu, kelihatannya mau tidak mau kita harus membeli buku itu.

GIPIKA ini diharapkan menjadi sebuah gerakan memintarkan Ibu-ibu matematika sehingga matematika tak lagi menjadi momok yang menakutkan. Para peserta diharapkan aktif menggunakan metode Gasing ini untuk mendidik anak-anaknya, juga melatih Ibu-ibu yang lain. Jika satu peserta melatih 50 ibu-ibu lainnya, dan tiap peserta di level kedua melatih 50 peserta, diharapkan akan lahir jutaan Ibu-ibu yang pandai matematika dalam jangka waktu yang tidak lama.

**

Menurut Prof. Yohanes Surya, dengan metode Matematika Gasing, materi pelajaran SD dapat diselesaikan anak antara 4-6 bulan (@4jam/hari). Metode ini sudah dicobakan pada beberapa anak Papua yang tak menguasai matematika, kemudian dididik secara khusus menggunakan metode Matematika Gasing ini. Dari batch pertama (6 anak SD), 1 orang lulus UAN dengan nilai 100, 4 orang dengan nilai 95, dan 1 orang dengan nilai 92.

Pemikiran pokok di dalam metode Matematika Gasing adalah bahwa kekuatan penguasaan matematika sangat ditentukan oleh penguasaan dasar, yaitu berhitung: penambahan/pengurangan 1-20 dan perkalian 1-9. Kalau dua dasar itu dikuasai dengan kuat, materi-materi di atasnya akan dikuasai dengan mudah.

Untuk mengajarkan Matematika Gasing tingka SD, digunakan 10 buku (yang sebagian besar isinya adalah latihan/drill). Topik/judul buku-buku Matematika Gasing adalah:

1. Penjumlahan
2. Perkalian
3. Pengurangan
4. Pembagian
5. Bilangan negatif
6. Aplikasi 1
7. Pecahan
8. Desimal
9. Aplikasi 2
10. Geometri (termasuk keliling, luas, skala dan sistem koordinat)

**
Aku sendiri tertarik dengan metode Matematika Gasing karena pernah melihat pengenalannya sedikit dari bu Yayah. Menurutku, metode ini layak untuk dipelajari dan dieksplorasi untuk meningkatkan kualitas pendampingan belajar yang kulakukan pada anak-anak.

Hari pertama kemarin, aku belajar tentang cara mengajarkan Penjumlahan. Buatku, metodenya menarik. Saat ini aku sedang mencoba mengunyah dan mencernanya. Aku ingin mencoba efektivitas metode Matematika Gasing ini dengan mengajarkannya kepada Tata yang memang sedang mulai belajar matematika.

Nanti, kalau sudah merasa “greg”, aku akan cerita lagi. Plus, kalau sudah pede, nanti aku akan ikut menyebarkan pelatihan Matematika Gasing ini dengan membuat pelatihan untuk para orangtua/guru yang berminat.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. waduh.. daftar no.1 pak aar kalau mau ngadain pelatihannya. tapi jangan mahal2 ya.. hehehe..

    • Kunci utk menekan harga saya lihat ada di harga buku (Rp. 300ribu). Kalau pelatihan bisa berjalan tanpa buku, kita bisa menghemat banyak utk pelatihan ini.. :)

  2. pak aar metode gasing ini apakah berbeda dengan metode jari aljabar?

  3. Pak Aar, mohon saya dikabari jika punya informasi mengenai matematika GASING in, siapapun yang mengadakannya.
    Thanks-Ridha

  4. oke….nanti bagi2 cerita ya pak… ;-)

  5. dwi wahyuni says:

    Pak Aar, saya sangat tertarik dengan materi ini, kebetulan anak saya sekarang berumur 6 tahun dan saya lihat pemahaman dasar matematikanya masih belum bisa. Dimana bisa mendapatkan bukunya atau pelatihannya?makasih

  6. Bukunya bisa diperoleh dari Surya Institute (no kontaknya bisa di-googling). Pelatihannya, selain di Surya Institute juga diselenggarakan oleh para alumni pelatihan Gasing. Informasi jg bisa diperoleh melalui Facebook Gipika (Gerakan Ibu2 Pandai Matematika) :smile:

  7. dwi wahyuni says:

    Makasih atas informasinya Pak Aar.

  8. Wah kalau ada informasi pelatihan lagi, boleh dibagi informasinya pak :)

  9. mb, aku share ya ke temen2 yang lagi kena dampak stress karena trend bimbel matematika yang skrg sdg marak.

  10. kalau ada pelatihan lagi , terutam di kota surabaya Jawa Timur mohon kesediaannya memberi informasinya .terim kasih

  11. Sanggar Galileo purwokerto, akan mengadakan Roadshow GIPIKA 3 jam dan Pelatihan Matematika GASING 3 hari pada tgl 22-24 juli 2011, info selanjutnya hub: Hp 081 804 706 752, e-mail: megawati_nita@ymail.com

  12. reniwati says:

    Bagaimana caranya bisa ikut homeschooling ya? Dan apakah biayanya mahal.

  13. kalau di bandung dimana dapat mengikuti pelatihan ini? trm kasih.

  14. boleh ikutan ya kalo ada pelatihan. saat ini saya ada di papua….berharap dengan sangat……thanx

  15. Mohon diberikan kurikulum utk pelatihan math gasing secara mandiri, tks

  16. dulu aq paling benci dengan matematika,,tetapi kinii aq malah jualan buku matematika,, karma!!!

  17. Erico Novriantha says:

    Salam, luar biasa ya
    Bagaimana caranya agar saya bisa ikutan acara belajar math gasing itu?
    Tapi saya bukan Ibu-ibu melainkan Bapak.
    Dan berdomisili di Zamrud, Tambun, Bekasi

    Terima kasih,
    Rico

    • Coba pak Erico gabung dengan grup Gipika (gerakan ibu2 pintar matematika) yg ada di Facebook. Grup ini terkait dengan pelatihan Gasing dan banyak memberikan informasi ttg pelatihan Gasing yg ada. Smg membantu. :)

  18. Sdh 3 bln lbh sy menunggu jwbn dr Kandel utk ikut plthn Matematika Gasing…tp koq blm ada respon ya…Dlm wkt dkt ini ada dimana ya??? Sy tinggal di Karawang…perlu sekali utk bantu anak sy belajar. Thx :razz: :lol:

  19. saya mo ikutan pelatihan gasing kapan nih diadakan lagi ? kasih info ya klo mengadakan lagi

  20. Salam,

    Info yang sangat berguna.

    Saya juga mengembangkan cara belajar matematika yang asyik APIQ.
    Sangat membantu anak-anak belajar matematika dengan riang gembira.

    Terima kasih…

  21. sulistiawati says:

    Salam. saya mau ikut pelatihan gasing. terutama daerah denpasar/surabaya/malang. mohon diinfokan ya. terima kasih.

  22. wah saya tertarik, penasaran dg matematika gasing ini,

  23. Saya tertarik dengan metode gasing. Bagaimana cara saya dapatkan buku-buku itu?

  24. frisda sitorus says:

    halo pak…. biaya pelatihan gasing sekarang (2014) berapa dan jadwal nya kapan ya?? no. telp gasing berapa ya?? makasih

  25. Pak klo boleh tau nama buku y apa y ada ga d gramedia

Tinggalkan komentar Anda

*