Ikut Klub Renang Bina Taruna di Bojana Tirta

Wah, tanpa terasa sudah lama sekali tidak posting di Rumah Inspirasi. Sebenarnya banyak kegiatan homeschooling yang dilakukan anak-anak. Kegiatan belajar terus berjalan seperti biasa. Tapi memang kami tidak sempat mencatat karena berbagai kesibukan.

Sudah seminggu ini ada kegiatan baru anak-anak, yaitu ikut kegiatan di klub renang Bina Taruna yang ada di kolam renang Bojana Tirta, Rawamangun. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat sore anak-anak belajar berenang bersama.

Anak-anak senang sekali dengan kegiatan barunya ini. Kami juga bahagia, bisa memfasilitasi kegiatan fisik mereka dengan lebih baik. Selain itu, di klub renang ini anak-anak bisa bertemu dengan teman-teman sebayanya.

Mengapa Ikut Klub Renang
Sebenarnya ide awal kami adalah mengajarkan anak-anak berenang. Yang kami tahu, proses yang umum adalah les privat berenang. Tapi berdasarkan informasi dan pengalaman mbak Moi yang memasukkan anak-anaknya ke klub renang, proses belajar di klub itu lebih efektif. Lagipula, di klub itu banyak teman yang bisa menjadi penyemangat.

Betul juga. Berdasarkan informasi Wiwiet yang juga tertarik memasukkan Atala ke klub renang, kami kemudian mendatangi kolam renang Bojana Tirta yang lokasinya berada di daerah Pisangan, di belakang kantor Bea Cukai, By Pass, Jakarta Timur.

Dari informasi yang kami peroleh, pilihan belajar berenang ada 2. Belajar privat Rp 250 ribu/anak/bulan, seminggu sekali. Kalau mengikuti klub, biayanya sama, Rp. 250 ribu/anak/bulan. Bedanya, kalau ikut klub mereka boleh belajar berenang setiap hari, Senin-Sabtu, jam 16.00-18.00. Pengantarnya bisa masuk gratis. Anak-anak boleh memilih hari yang mereka inginkan. Satu guru renang menangani beberapa anak sekaligus (tergantung jumlah anak yang ada pada hari itu).

Klub renang itu selain digunakan sebagai sarana belajar berenang, arahnya sebenarnya adalah untuk kompetisi. Anak-anak akan diajarkan 4 gaya berenang (gaya bebas, punggung, dada, dan kupu-kupu).

Kami kemudian memutuskan ikut klub, yang namanya adalah: Bina Taruna. Biaya pertama adalah Rp. 400 ribu/anak untuk uang bulanan, administrasi, dan kaos. Biaya selanjutnya adalah Rp. 250 ribu/bulan.

Buat kami, pilihan masuk klub itu lebih menguntungkan dibandingkan les privat. Anak-anak bisa belajar berenang dan sekaligus bertemu teman baru, mereka bisa berkegiatan beberapa kali seminggu (kami memilih 3 kali/minggu), dan biayanya lebih murah. Dengan menyertakan Yudhis & Tata di klub renang, Duta bisa ikut berenang gratis dalam pengawasan kami.

Lumayan kan?

Perkembangan yang Mengesankan
Selain Yudhis dan Tata, yang bersama-sama ikut kegiatan klub renang saat ini adalah Atala dan Husayn. Di luar teman homeschooling, tentu ada anak-anak lain yang ikut kegiatan ini.

Dari kegiatan yang baru kami ikuti minggu lalu, kami agak terkejut dengan dampaknya. Kami merasa efektivitas proses belajar ini, seperti yang disampaikan mbak Moi. Dalam latihan 3 kali berenang, Yudhis sudah mulai bisa berenang gaya bebas, tanpa pelampung. Terus terang perkembangan ini agak mengejutkan kami. Kami tak mengira dan tak berharap perkembangan secepat ini dari proses belajar berenang yang dilakukan anak-anak.

So, inilah kegiatan baru Yudhis, Tata, dan Duta. Kegiatan ini juga menjadi ajang ngobrol. Saat anak-anak belajar berenang, para ibu menunggu sambil berbincang santai tentang homeschooling dan apa saja yang asyik. Beberapa teman siap bergabung di klub renang mulai bulan Oktober nanti.

Ada lagi yang mau bergabung dan belajar berenang sama-sama?

Peta lokasi kolam renang Bojana Tirta – Pisangan – Jakarta Timur


View Larger Map

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Renang memang fun dan menyehatkan.

  2. Ina Nasrul says:

    HI Pak Aar,

    Apa ada no. telp Klub Bojana Tirta yang bisa saya hubungi?
    Terimakasih sebelumnya.

    Ina

  3. Minimal usia berapa ya pak??anak sya 3,5 thn,apakah bisa masuk..
    Terimakasih sebelumnya..

  4. Barangkali Mas aar ada info klub renang di jakbar ? Atau yg dekat2 jakbar..jauh sy ke jaktim..hehe

    • Saya tidak punya informasinya mbak. Di Senayan & Bulungan sih ada juga klub renang. Tapi masih di tengah ya? 🙂

  5. Mama Fari says:

    Mas klub renang yg mengajatkan loncat indah dan volley air dimana ya ..anak umur 16 th dan sudah bisa renang kalau bisa di bekasi tks

  6. Anak2 bpk msh berenang di club itu skrng ?

Tinggalkan komentar Anda

*

Close