Homeschooling menuju mainstream

Ada berita menarik tentang homeschooling di Amerika Serikat yang dimuat SonoranNews.com. Isinya mengenai perkembangan homeschooling yang semakin mendapat tempat di dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat.

Beberapa fakta dan berita bagus perlu diketahui para pemerhati homeschooling, walaupun substansinya mungkin lebih merupakan penegasan terhadap riset-riset mengenai homeschooling yang ada selama ini.

  • Tahun 2008 ada lebih dari 2 juta siswa di Amerika Serikat yang menjalani homeschooling. Homeschooling tumbuh dengan laju 15% per tahun.
  • Alasan pemilihan homeschooling beragam. Pemilihan bisa dilakukan karena berbagai alasan. Tiga alasan utama keluarga Amerika memilih homeschooling adalah: lingkungan sekolah umum (88%), pengembangan keyakinan dan moral (83), dan pengembangan akademis yang lebih baik (73).
  • Anak homeschooling memiliki kemampuan bekerja mandiri yang sangat baik. Sebuah perguruan tinggi mencatat bahwa rata-rata nilai masuk siswa barunya (GPA, Grade Point Average) adalah: 2.54 (sekolah umum) dan 3.46 (homeschool).
  • Dalam tes standar, anak-anak homeschool secara akademik menunjukkan prestasi konsisten 15-30% lebih baik dari siswa sekolah umum. Hal ini diperkirakan karena aspek keterlibatan yang tinggi para orangtua homeschooling dalam pendidikan anak-anaknya.


Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Ya, saya harap di Indonesia jg begitu, tdk dipersulit shg bs dpt yg terbaik tuk anak2.
    Tp rasanya jalannya masih panjang ya?

Tinggalkan komentar Anda

*

Close