Homeschooling memaknai belajar

Robert T. Kiyosaki, dalam salah satu bukunya mengenai financial literacy menuliskan bahwa arti kata learn (belajar) dalam bahasa Latin adalah “mengeluarkan”. Jadi, yang dilakukan dalam kegiatan belajar itu sebenarnya fokusnya adalah mengeluarkan (potensi anak).

learn-grow

Melihat Belajar dengan Cara Berbeda

Kalau pendapat ini diterima, tentu kita akan melihat bahwa model belajar yang kita lihat pada saat ini tidak sesuai dengan filosofi belajar itu. Pada saat ini, proses belajar sebagian besar berisi kegiatan memasukkan informasi dari luar kepada anak.

Anak diminta menghafal dan menguasai informasi (baca: mata pelajaran). Kita/guru tidak peduli apakah informasi itu bermanfaat atau tidak, apakah relevan atau tidak, apakah disukai atau tidak. Asumsi mulia yang ada dalam benak kita, informasi itu penting dan pasti akan bermanfaat buat anak di masa depan. Dengan model belajar ini, potensi anak kita letakkan prioritasnya di bawah, entah di sebelah mana.

Mengeluarkan Potensi Anak

Jika kita mengambil filosofi dasar yang berbeda, dengan memandang belajar sebagai proses untuk mengeluarkan potensi anak, kita akan menempuh rute/jalan yang berbeda dengan apa yang selama ini kita peroleh/lihat di bangku sekolah.

Dengan berfokus pada aktivitas “mengeluarkan”, bukan “mengisi”; kita akan melakukan kegiatan-kegiatan yang berbeda. Kegiatan belajar akan menjadi menyenangkan dan bersifat lebih eksploratif. Dengan fokus untuk “menumbuhkan”, bukan “mencurahkan”; kita juga akan memandang peran kita dengan cara yang berbeda pula. Kita bukan penguasa ilmu pengetahuan, tetapi fasilitator yang membantu pertumbuhan anak untuk meraih potensi terbaiknya.

***

Homeschooling, sebagai model pendidikan alternatif, memberikan kesempatan jika kita memilih membesarkan anak dengan filosofi pendidikan yang berbeda dengan yang ada. Dalam HS, kita bisa memilih untuk memaknai belajar sebagai sebuah proses “mengeluarkan potensi” dan “menumbuhkan” kebaikan-kebaikan internal yang ada pada anak.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*