Homeschooling 4 anak

Hari ini adalah awal dari sebuah fase dalam kehidupan kami. Banyak kejadian dalam satu minggu terakhir. Tanti meninggal, ibu datang, membereskan gudang, dan juga peristiwa-peristiwa personal yang kami alami. Juga, peristiwa eksternal yang menerpa kami.

Kami tak tahu apa yang akan terjadi, tapi rasanya seperti “mencium” sebuah pertanda, hal-hal yang sering kami alami dalam berbagai fase kehidupan kami. Tapi kelihatannya sebuah hal yang cukup besar.

**

Di rumah, sekarang ada tambahan penghuni baru. Ada Abby, anak bungsu Tanti yang usianya sebaya Yudhis. Selama ini, dia homeschooling sambil menemani mamanya yang sakit. Dan sebelum meninggal, Tanti menitipkan Abby kepada kami. Ayahnya pun sudah setuju utk “menitipkan” pendidikan Abby kepada kami.

Ini akan menjadi tantangan baru dalam proses homeschooling yang kami jalani di rumah. Akan ada adjustment untuk menyesuaikan proses yang kami jalani dengan Abby dengan keluarganya karena sekarang kami menjalani homeschooling untuk 4 anak sekaligus di rumah.

Untuk memulai proses belajar Abby, hari ini kami akan membuatkan blog Abby utk menyimpan portofolio dan mencatat perkembangan proses belajarnya.

**

Dalam hal aktivitas Rumah Inspirasi, beberapa hari ini kami merasa mulai “menemukan” arah baru yang sebenarnya sudah kami rencanakan sejak awal tahun. Melalui Rumah Inspirasi ini, aku ingin mengeksplorasi dunia di luar homeschooling. Rasanya sudah cukup informasi mengenai homeschooling yang sudah kami tuliskan.

Ada beberapa tema yang ingin kami eksplorasi lebih dalam, seperti: parenting, belajar mandiri (self-directed learning), penggunaan teknologi untuk pendidikan, belajar melalui keseharian dan organic learning, pendidikan multi-kultural, dan sebagainya.

Dari interaksi dengan mbak Ines dalam seminar homeschooling yang lalu dan juga proses personal yang aku alami, aku ingin mengawali dengan eksplorasi 2 tema, yaitu: belajar melalui keseharian dan “international education from home”.

Untuk belajar melalui keseharian, saat ini aku sedang menulis buku. Sudah setengah jalan. Mudah2an tak lama lagi bukunya selesai.

Untuk pendidikan internasional berbasis rumah, aku sudah mulai melakukan riset pribadi. Dulu, aku sempat melakukan riset kecil tentang Cambridge Exam. Sekarang, aku sedang melakukan riset pribadi tentang International Baccauleaurate (IB). Mudah-mudahan aku bisa segera sharing di Rumah Inspirasi tentang hal ini.

**

Belum banyak yang bisa ditulis sampai saat ini. Tapi aku ingin mulai menulis utk “memecahkan” kebekuan menulis yang sudah berjalan selama 2 minggu ini. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi pemicu untuk menggelindingkan bola kehidupan di dalam fase baru ini.

Hari ini kami memulainya dengan doa bersama di meja makan, lengkap bersama Ibu. Semoga Tuhan meneguhkan dan sekaligus melenturkan kami di jalan apapun yang dibentangkan-Nya kepada kami. Semoga Dia melayakkan kami dan memampukan kami untuk menjadi saluran berkah-Nya di manapun kami berada.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. neneng marlia says:

    Aminnnn…..semangat mba Lala dan mas Aar, kami yakin ada rencana besar dari Tuhan untuk semuanya. Untuk sebuah ketulusan berbagi….dan sungguh kami sudah merasakan manfaat yang besar dari tulisan kreatif keluarga mbak Lala dan mas Aar….semoga semakin sukses….

  2. gita lovusa says:

    amiinn… semoga dilancarkan dan dimudahkan semuanya, mbak lala dan mas aar.
    semoga lancar juga dalam penulisan bukunya.
    ditunggu dengan amat sangat…

  3. Amin ….
    😥 hiks…mbak Lala dan mas Aar, saya ikut berduka…masih ingat banget senyum Tanti saat dapet surprise kedatangan penyanyi favoritnya…hiks…

    Semoga mbak Lala dan mas Aar bisa menjalankan amanah ini dengan baik ya ….

    ***

  4. Terima kasih mbak Neneng, mbak Gita, dan mbak Devi atas support dan doanya. Terima kasih juga utk teman2 yang telah membaca dan me-“like” posting ini.

    Memiliki teman2 seperti Anda adalah hal berharga yang selalu kami syukuri. 😐

  5. ditunggu mb tulisan2 nya…:)

  6. melalui mbak Lala dan Pak Aar, saya appreciated kepada penulis homeschooling 4 anak. Tidak jauh beda dengan yg saya yang mengawali hs dengan 3 anak. Apakah bisa sharing info lebih lanjut untuk Cambridge exam dan IB? thanks

Tinggalkan komentar Anda

*