Free Online Image Editor

Banyak yang bertanya padaku tentang aplikasi/software untuk mengolah gambar/foto, membuat poster, worksheet dan aneka proyek yang berhubungan dengan disain.

Sebenarnya kalau kita cukup jeli, di internet ada banyak sekali image/photo editor yang bisa kita akses secara online. Kelebihannya tentu saja GRATIS & tidak perlu install (tidak akan memberatkan kinerja PC). Kekurangannya yaa.. komputer harus terhubung dengan internet & sebaiknya memiliki kualitas internet yang bagus.

Berikut ini daftar online image/photo editor (GRATIS) yang pernah aku gunakan. Menurutku, aplikasi-aplikasi ini sangat bagus dan layak untuk dipertimbangkan untuk mengolah foto/image. Apalagi kalau ingin mengirit biaya, daripada membeli software yang mahal seperti Photoshop :)

AVIARY

Aviary versi sederhana

Pilihan aplikasi di Aviary. Dari mulai foto sampai audio. Cool!!

Contoh editor Aviary yang lebih kompleks

Editor Aviary memiliki beragam pilihan, dari mulai sederhana hingga kompleks. Menggunakan Aviary ini rasanya seperti punya Adobe Photoshop, Adobe Illustrator & pengolah audio/suara dalam satu aplikasi. Cool!

***

SUMOPAINT

Editor Sumopaint sangat dekat dengan Photoshop

Sumopaint adalah salah satu online photo editor kesukaanku. Tampilannya sangat mirip dengan Photoshop (PS). Ada layer, color picker, serta tools-nya yang miriiip seperti PS. Tentu saja tidak secanggih PS, tapi sangat lumayan.

***

PIXLR

Pixlr Editor - juga mirip dengan photoshop

Aplikasi Pixlr mirip dengan Sumopaint. Pixlr juga memiliki tampilan mendekati Photoshop (PS). Yudhis memakai Pixlr sebagai media online jika dia mengajar disain kepada murid-muridnya.

***

PHIXR

Editor Phixr mendekati Photoshop Elements

Phixr mendekati Photoshop Elements, kemampuannya cukup canggih tapi sangat mudah pemakaiannya. Keunggulan Phixr adalah memiliki banyak efek keren yang dapat diaplikasikan hanya dengan satu klik. Kita juga dapat mengimpor gambar dari Flickr, Fotopic,Photobucket, Picasa, SmugMug, dan Webshots, serta dari URL apapun dan dari hard drive lokal komputer kita. Ketika kita selesai mengedit, kita dapat menyimpannya dalam format JPG, PNG, PDF, GIF atau OCR. Kita dapat mengirimkan hasilnya melalui email atau meng-uploadnya ke jejaring sosial seperti Facebook, Youtube, Buzznet, Costco, DropShots, Fotolog, ImageShack, LiveJournal atau yang lainnya. Keren bukan?

***

PICNIK

Tampilan editor Picnik yang cantik

Picnik memungkinkan kita untuk membuka file yang di komputer kita atau yang kita simpan di situs seperti Flickr dan Photobucket. Tampilan editornya sangat cantik dan menarik, dengan tombol-tombol yang mudah dipahami. Pilihan efek, stiker dan aneka border akan mempercantik gambar kita dengan sangat mudah.

***

SPLASH-UP

Tampilan Splash-Up editor

Sama seperti Sumopaint & Pixlr, Splash Up juga memiliki tampilan editor yang mendekati Photoshop. Kita bisa mengambil foto dari komputer atau memakai foto yang kita miliki di Facebook, Flickr, Picasa, Photobucket atau tempat photo hosting lainnya. Sangat praktis & tidak memberatkan komputer :)

***

Image-editor.net

Tampilan imageeditor.net yang juga menyerupai Photoshop

Sama seperti kawan-kawannya yang memiliki rupa seperti Photoshop, ImageEditor.Net juga memiliki tampilan yang mirip dengan Photoshop. Walau ImageEditor.Net tidak kelihatannya canggih tampilannya, ternyata dibalik kesederhanaan tampilannya, image editor ini lebih mudah untuk dipakai end-user. Jadi, pilihan memang berada di tangan Anda. Mana yang paling cocok untuk Anda itulah yang Anda gunakan.

***

FlauntR

flauntR Menawarkan beragam efek dan aplikasi yang canggih

flauntR menawarkan banyak efek terpisah untuk bagian yang berbeda untuk membuat kita fokus langsung ke hal yang ingin kita lakukan, seperti mengedit foto di editR atau menambahkan teks dalam textR. flauntR bisa digunakan di semua browser dan cukup ringan. Untuk memakai editor ini, kita harus melakukan registrasi, tapi menurutku tidak masalah karena editor ini sangat bagus & menarik.

***

Pixer.Us

Tampilan editor Pixer.Us yang sederhana tapi powerful

Pixer.us memiliki semua fitur dasar editor foto online, termasuk mengubah ukuran, memutar, mengatur kecerahan & kontras,saturasi dan banyak lagi. Ada juga efek warna (sepia, greyscale, invert, dll),dan efek khusus seperti “jitter”, “wood” dan “oil painting” dan lain-lainnya.

***

FOTO FLEXTER

Editor sempurna untuk Anda yang ingin efek instan tapi keren

Jika kita terbiasa dengan jejaring sosial, maka editor ini sangat sempurna karena kita bisa langsung mengedit foto, dengan cepat menambahkan aneka efek untuk mempercantiknya lalu mengunggahnya ke MySpace atau Facebook. Fitur Foto Flexter lumayan canggih, banyak efek, dekorasi, animasi, dll. Asiklah pokoknya. Foto kita akan jadi hidup & lebih keren (pastinya).

***

PIXENATE

Editor Pixenate tidak terlalu canggih, tapi sangat mudah digunakan

Pixenate ditujukan untuk mengolah gambar yang cepat dan sederhana. Editor ini memiliki alat untuk zoom, meningkatkan kualitas gambar, cropping, resizing, whitening, red eye, sepia dan banyak lagi. Hasilnya dapat langsung di-upload ke Flickr atau disimpan di komputer kita. Editor ini tidak memiliki fitur yang sangat canggih, tapi sangat mudah digunakan.

***

Free Online Photo Editor

Salah satu kesukaanku karena sangat mudah

Free Online Photo Editor sangat sederhana, tapi sangat mudah dan efeknya lumayan cantik. Dengan 2 klik foto kita langsung memiliki pigura yang cantik seperti di atas. Mudah sekali. Cocok buat Anda yang ingin cepat selesai, cepat keren, cepat unggah. :)

***

GLITTER PHOTO

Gliter Editor - Imut dan seru

Glitter Photo – sesungguhnya masuk kategori glitter editor. Tapi aku masih menganggapnya sebagai Image Editor karena fiturnya yang tidak hanya memberi gliter tapi juga memiliki banyak animasi keren lain.

Hanya dengan 2 klik, gambar RumahInspirasi langsung berubah menjadi animasi yang keren.

Coba deh, Anda bisa ketagihan. Karena Glitter Photo tidak hanya bisa digunakan untuk mengolah foto, tapi juga bisa digunakan untuk membuat animasi teks dll.

Glitter Photo memiliki fasilitas untuk mebuat Text Glitter pada foto atau membuat glitter background

***

PHOTO COLLAGE

Membuat kolase foto dengan sangat mudah

Aku suka sekali dengan editor ini karena bisa membuat foto kolase dengan sangat mudah dan bagus. Benar-benar hanya tinggal unggah foto yang kita inginkan, pilih template kolase yang kita sukai, lalu otomatis foto yang kita pilih akan tersusun. Setelahnya tinggal kita drag & drop saja untuk menyesuaikan dengan selera kita. TOP deh :)

***

Demikian teman-teman sekalian, koleksi tautan Online Image Editor (GRATIS) yang pernah aku pakai. Semoga ada di antaranya yang cocok dan dapat Anda manfaatkan untuk memperindah foto ataupun sebagai alat bantu pembuat pekerjaan disain lainnya.

Jika Anda memiliki Online Image Editor kesukaan Anda dan ingin berbagi, silakan langsung ditambahkan di kotak komentar di  bawah. Terima kasih :)

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. kereeeeennnnn, makasih mbak lala ^_^

  2. Banyak ya ternyata. Terima kasih Mbak Lala. Ilustrasi lucu-lucunya dapat dari mana, Mbak? Apakah beli royalty-free?

  3. Waaah.. harta karun Mba Lala dibagi2.. Makasiiih.. ;-) :grin:

  4. ruar biasa…banyak berkat utkmu Mb Lala!

  5. Wah……mantaaap….puas deh mantengin postingan ini, tinggal dipilih-dipilih hehehe……, mbak Lala sendiri paling byk bekerja pakai apa diantara sekian banyak link diatas? Makasih ya…infonya. :smile:

    • Kalau yang mirip PS aku suka yang sumopaint. Yudhis pakai pixlr. Tapi kalau yang lain2nya buat fancy, photo collage, glitter photo.. lumayan2 :D

  6. Mencari2 tentang homeschooling dan mendapat lebih. Makasih, mbak Lala

  7. Todo Sibuea says:

    Kalau aplikasi edit video yang gratis ada tidak? Buat Windows.

  8. mbak Lala ini rumah inspirasi yang benar -benar inspiratif. selamat ya …

  9. Satu lagi, Mas Aar dan Mbak Lala: Gimp.

    http://www.gimp.org/

    Salah satu andalan saya.

  10. wiwik simanjuntak says:

    Trimakasih mbak Lala…. anakku jd seneng nih ngutak ngatik foto.
    Salam utk Yudhis dr Matthew (Bandung)

  11. wah lumayan nih buat edit poto….

  12. sip banget ni .makasih banyak mbak lala…

  13. Anis (Riil Viprianis) says:

    keren…..selalu ada hal baru dari mbak Lala…. :razz:

  14. mba mau tanya bagaimana men save…hasil glitter animasinya mba..?

  15. Link downloadnya ada gak ?

  16. sekedar info, saya biasa buka http://www.fotor.com

    • Betul mas, sekarang saya juga suka pakai fotor daripada picmonkey. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini yaa.. :D

  17. ya Alloh…banyak amat mbak, ampe bingung…. kayaknya nih mbak lala jarang tidur malem yak…browsing mulu yaaa……..

Tinggalkan komentar Anda

*