Facebook, a huge community and market

statistikMengapa orang berjualan di pasar? Mengapa orang berjualan di mall yang ramai? Mengapa selalu ada pasar kaget di tengah kerumunan; sholat Jumat, pengajian, kongres partai, dan sebagainya? Karena banyak “calon pembeli” di sana.

Para pebisnis selalu mencoba melihat peluang. Orang bisnis selalu melihat di mana calon pembeli berkumpul. Semakin banyak calon pembeli di satu tempat, semakin kompatibel calon pembeli dengan produk yang dijualnya, semakin besar peluang produknya untuk laku.

Fenomena pasar dan bisnis fisik itu sama saja dengan bisnis online. Pebisnis online juga melihat dan mencari tempat berkumpul para pembeli potensialnya.

Dan salah satu pasar (kumpulan manusia) di ranah dunia maya adalah Facebook. Inilah factsheet dan statistik facebook, yang isinya adalah orang beneran (bukan mesin):

Jumlah pemakai Facebook
Jumlah pemakai Facebook di seluruh dunia lebih dari 400 juta pemakai aktif, menghabiskan waktu 500 juta jam per bulan di Facebook. 50% dari anggota aktif Facebook melakukan login setiap hari. Mereka rata-rata mempunyai 130 teman.

Diantara pemakai Facebook itu, Indonesia menempati tempat ketujuh (menurut data Checkfacebook). Pemakai Facebook di Indonesia berjumlah 11.8 juta.

Aktivitas di Facebook
Rata-rata anggota Facebook terhubungan dengan 60 halaman (pages), kelompok (groups), dan kegiatan (events). Rata-rata pemakai facebook membuat 70 materi (posting, dll) setiap bulan.

Mobile User di Facebook
Jumlah pemakai Facebook dari alat bergerak (mobile devices) seperti handphone berjumlah lebih dari 100 juta. Mereka lebih aktif dua kali lipat dibandingkan anggota yang tidak bergerak.

Untuk update, lihat Facebook Statistic

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close