Efek Musik & Perkembangan Anak

Anak dan Musik

Anak-anak adalah pecinta musik yang alami. Anda putarkan musik, mereka akan tertarik, bergoyang, dan mencoba mengikuti iramanya.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh anak jika mereka terekspos secara luas dengan musik. Menurut Jovanka Ciares and Paul Borgese, selain kreativitas dan kemampuan bermusik, aspek-aspek lain yang berkembang dalam proses mendengarkan dan belajar musik, antara lain:

a. Konsentrasi
Belajar alat musik akan membantu anak mengembangkan konsentrasinya karena mereka harus belajar memfokuskan diri pada sebuah kegiatan khusus dalam jangka waktu tertentu. Kemampuan konsentrasi akan membantu perkembangan anak di bidang lain, termasuk perkembangan mereka di sekolah.

b. Koordinasi
Berlatih alat musik akan meningkatkan koordinasi tangan-mata (hand-eye coordination) pada anak. Sambil membaca notasi musik atau memperhatikan contoh dari guru, anak-anak memainkan alat musiknya. Respon dan koordinasi beberapa indera itu sangat penting untuk menjalani berbagai aktivitas kehidupan.

c. Relaksasi
Mendengarkan musik adalah terapi yang membuat hati dan pikiran menjadi lebih relaks. Para ahli mengetahui bahwa beberapa jenis musik menimbulkan efek relaksasi karena menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

d. Kesabaran
Saat mempelajari alat musik, anak-anak belajar kesabaran dan kesungguhan karena prosesnya tidak bisa berlangsung instan. Latihan musik akan membuat perkembangan mental mereka lebih matang dan itu akan membawa manfaat besar untuk kehidupan mereka saat dewasa.

e. Kepercayaan Diri
Kemampuan bernyanyi dan bermain alat musik yang didukung oleh apresiasi dari orangtua dan sekitar akan membangun kebanggaan dan kepercayaan diri pada anak. Ketika anak semakin terampil, kepercayaan diri itu akan memicu kemampuan untuk mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas, yang memicu perkembangan kemampuan berkomunikasi mereka saat lebih besar.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close