Duta semangat belajar matematika

Duta sedang semangat belajar matematika. Hampir setiap hari dia minta belajar matematika melalui IXL. Itulah caranya dia supaya bisa memakai komputerku.. ๐Ÿ™‚

Yang membuatku terkesan, dia mengerjakan beberapa level sekaligus.

Awalnya dia mengerjakan level K (Kindergarten) dan K-1. Kemudian dia tambahi K-2. Terus, tambah lagi K-3. Nah, proses belajarnya sekarang bolak-balik. At least Duta mengerjakan K & K-1, kemudian K-2. Sesekali baru K-3.

Aku tahu, banyak konsep matematika dipelajari secara berurutan (sekuensial). Tapi aku biarkan saja Duta melakukan proses yang tidak berurutan itu. Jika Duta bertanya, aku bantu menjawab. Jika terlalu sulit (karena memang belum mengerti), materinya ditinggalkan dulu.

Buatku, inilah “luxury” dari proses belajar yang tidak terlalu terstruktur dalam homeschooling. Ruang eksplorasi menjadi lebih luas, bahkan untuk materi pelajaran terstruktur seperti matematika. Tak seperti sekolah di mana guru harus mengelola banyak siswa dan oleh karenanya perlu mengatur agar proses belajar bersama bisa dikelola, anak-anak homeschooling bisa lebih fleksibel.

***

Kemarin, Duta minta memakai komputerku dan mengebut belajar IXL tingkat Kindergarten. Padahal hari Minggu. Materi level K ini sebenarnya sudah pernah diselesaikannya, tapi dia ingin mengulanginya dari awal lagi.

Dutaย terpicu karena sedikit lagi seluruh materi matematika tingkat K selesai dipelajari. Entah berapa skills dia kerjakan dan selesaikan karena prosesnya betul-betul dia lakukan sendiri tanpa keterlibatan kami. Dia hanya lapor sudah dapat bintang.

Duta-IXL-K

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. <3 Duta <3

  2. Prima Yuliana says:

    Mas Aar,
    mau nanya, gimana caranya bisa gabung ikutan kelas IXL Math? Tahun ini ada dibuka kelas baru kah?
    Terimakasih.

    • Kebetulan ada seat kosong mbak. Jika tertarik silakan mendaftar. Email petunjuknya sudah kami kirim. Silakan cek email ๐Ÿ™‚

  3. saya juga tertarik ixl ini. bisa kirimi saya email juga, Pak? terimakasih.

  4. Budi Jaya says:

    boleh juga mas saya minta petunjuk tentang IXL Math..
    makasih mas

  5. Yunie sutanto says:

    Minta petunjuk juga utk Ixl mathsnya

    • Kursi IXL Math sedang penuh, mohon maaf. Kami akan update lagi melalui newsletter kalau ada kursi kosong.

Tinggalkan komentar Anda

*