Duta menyelesaikan Matematika IXL Kelas 2

Jumat (9/12), Duta akhirnya menyelesaikan seluruh pembelajaran matematika kelas 2 di IXL Math. Proses yang berlangsung setahap demi setahap ini telah usai.

Duta telah menyelesaikan hampir 9000 soal matematika yang terbagi dalam 265 skills.

duta-ixlmath-k2d

Bahagia melihat Duta menyelesaikan IXL nya walaupun kadang-kadang dia terantuk-antuk mengalami kesulitan saat menemui materi-materi yang susah dikerjakannya.

Bagi kami, proses belajar IXL Math yang dilakukan Duta setiap hari ini bukan sekedar urusan matematika. Ada aspek-aspek lain yang juga kami kejar dan tekankan.

duta-ixlmath-k2

a. Bertekun dan Bekerja Keras

Setiap hari, sedikit demi sedikit Duta mengerjakan pembelajaran matematikanya. Setiap hari Duta akan mengerjakan 1-2 set soal matematika di IXL Math. Bertekun setiap hari itu bukan hal yang mudah dan oleh karenanya perlu dilatih. Dia semakin tahu prinsip bertekun dan mengerjakan sedikit demi sedikit pada akhirnya akan berbuah baik.

“Ketekunan itu ibarat mengendarai sepeda. Seberapapun kecepatan belajar yang dilakukan, yang penting terus mengayuh dan tidak berhenti. Pada akhirnya, semua akan sampai ke garis finish.”

b. Mengenal prioritas

Kami di rumah menggunakan model belajar seperti menu. Setiap hari Duta punya beberapa materi belajar seperti bahasa Inggris, matematika, menulis, basket, catur, dan lainnya. Tetapi urutan prosesnya kami serahkan kepada Duta.
Dengan pendekatan menu ini, Duta belajar mengenai prioritas. Sebagai contoh, dia belum boleh menonton pertandingan basket di Youtube sebelum proses belajar IXL dan target hariannya.

c. Melampaui kesulitan

Menyelesaikan proses belajar matematika melalui IXL Math ini bukan dilakukan dengan mudah begitu saja. Ada pasang-surut proses belajar yang dijalani Duta. Kondisi terberat terjadi saat nilainya hampir 100 (selesai), tetapi dia melakukan kesalahan sehingga nilainya turun jauh. Dia harus menahan diri untuk tidak menangis dan terus mengerjakan latihan matematikanya hingga benar semua.

Yang juga menantang dalam proses belajar Duta adalah mengerjakan soal matematika dalam bahasa Inggris karena keterampilan membaca Duta masih basic. Walaupun tak mudah dijalani, proses-proses semacam ini melatih ketangguhan Duta agar tak mudah menyerah.

d. Belajar Bahasa Inggris & keterampilan belajar

Dampak sampingan dari belajar matematika menggunakan IXL Math, Duta jadi belajar bahasa Inggris. Apalagi karena ada bagian-bagian yang bentuk soalnya adalah soal cerita. Selain itu, Duta juga belajar menggunakan Google saat mencari informasi yang tak diketahuinya, misalnya mata uang dan aneka satuan pengukuran (inchi, foot, pint, dll) yang jarang digunakan di Indonesia.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Suhartotok says:

    Selamat sore Pak Aar. Ini anak saya sudah belajar dgn metode kami sendiri di rumah (homeschooling). Sekarang yang kami bingung kan adalah ketika mau mendapatkan ijazah paket A. Mungkin di Rumah Inspirasi kalau ada program untuk itu bisa diinformasikan kepada kami. Kami mengharapkan bantuan nya…. dan bisa diinformasikan di nomor 082234333745, atau bisa via email.

    • Ujian Paket A diselenggarakan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Kami bukan PKBM dan tidak menyelenggarakan ujian. Persyaratan ujian bisa ditanyakan ke PKBM terdekat.

  2. anangprihantoro says:

    Selamat malam pak Aar, di mana saya bisa membeli IXL math, anak sy HS usia 11 tahun, saya sangat ingin membeli IXL math, domisili skr di Jogjakarta, Terimakasih atas bantuannya

    • IXL Math itu berlangganan tahunan mas. Proses belajarnya secara online. Untuk berlangganan bisa dilakukan langsung melalui http://www.ixl.com atau melalui Rumah Inspirasi. Kalau ada kursi kosong, kami biasanya umumkan melalui newsletter Rumah Inspirasi

Tinggalkan komentar Anda

*