Duta menang catur 3-0

Kamis (29/6), untuk kesekian kalinya kami (aku & Duta) bermain catur. Kami bermain catur di ruang tamu. Pertandingan catur dilakukan 3 kali dilengkapi timer. Pertandingan pertama bahkan lengkap dengan mencatat langkah.

Kali ini hasilnya Duta menang telak 3-0 mengalahkan aku. Ini adalah sebuah milestone yang ingin kami abadikan dalam proses Duta belajar catur. Walaupun proses belajarnya masih kurang dari setahun, dia sudah mengalami perkembangan pesat dengan cara belajar secara online.

Proses Duta belajar bertanding lengkap dengan timer dan catatan juga merupakan bagian dari latihan Duta. Kalau bertanding tanpa mencatat, Duta sudah lancar. Tetapi kalau harus mencatat, Duta masih sering panik. Padahal, catur membutuhkan ketenangan dan berfikir jernih.

Jika tak ada aral melintang, 8-9 Juli nanti Duta akan mengikuti kejurda catur DKI Jakarta. Ini juga merupakan bagian dari proses berlatih dan menggali pengalaman bagi Duta.

Hasilnya bagaimana? Mari berharap yang terbaik. Juara di setiap kelompok umur (Duta masuk kelompk F = 9 tahun) akan dikirimkan ke Kejurnas Catur yang akan berlangsung pertengahan Juli 2017.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close