Duta dan Stimulus Musik

Duta (13 bulan) itu akrab sekali dengan musik. Setiap ada yang berdendang dia pasti langsung menggoyang-goyangkan kaki, kepala, badan dan tangannya. Kalau musiknya seru dan dia kenali, dia bahkan langsung berputar-putar dengan tangan di atas kepalanya. Lucuu banget.

duta-nyanyiSekarang ini dia juga mulai memperhatikan lagu yang kita nyanyikan. Sepeti lagu “cicak-cicak di dinding”, begitu frase “datang seekor nyamuk….” langsung Duta menyahut “haap”. Atau ketika dia menonton kakak-kakaknya latihan vokal, langsung dia muter-muter mencoba mengikuti gaya kakak-kakaknya.

Senang saja melihatnya. Walau ini terlihat sederhana tapi tetap saja ini adalah kemajuan Duta yang harus disyukuri. Kami menunjukkan rasa bahagia itu secara terbuka dengan tepuk tangan atau ucapan-ucapan pujian. Kakmi juga membicarakan prestasi Duta itu dengan orang lain secara positif sehingga orang-orang yang ada di sekitar pun bersikap positif terhadap apa yang dilakukan Duta.

Dengan semua respon terhadap apa yang dilakukannya, Duta tahu bahwa yang dia lakukan disukai dan diapresiasi oleh orangtuanya. Dia kelihatan bangga dan bahagia dan kemudian semakin bersemangat melakukan hal-hal lainnya.

Menikmati dan menghargai kemajuan-kemajuan kecil (small progresses) adalah menyenangkan. Mudah-mudahan proses ini bisa menciptakan spiral positif yang selalu berusaha kami bangun di rumah.

Cheers…! ^_^

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*