Duta Belajar Memasak

Bagi keluarga kami, salah satu keterampilan dasar yang penting dipelajari anak adalah memasak. Bukan untuk mendidik mereka menjadi seorang chef profesional, tetapi sebagai alat survival. Mereka tidak akan kelaparan di manapun.

Proses belajar memasak itu dilakukan melalui hal-hal sederhana, misalnya: membantu memotong sayuran, membuat kue-kue sederhana, menyalakan kompor, menanak nasi, membuat, menggoreng dan merebus telur, dan lain-lain.

Dari proses belajar memasak ini, anak-anak akan belajar setahap demi setahap tentang keterampilan untuk menjadi mandiri. Jika mereka lapar, mereka tak lagi hanya tergantung pada orang lain. Jika tak ada orang yang bisa membantunya, setidaknya dia bisa membuat makanannya sendiri.

Keterampilan memasak ini juga berdampak pada kepercayaan diri anak. Anak menjadi lebih nyaman dan lebih percaya diri. Dia merasa berdaya, bisa mengendalikan situasi yang ada di sekitarnya.

Dalam proses belajar memasak ini, Duta sudah bisa menggunakan kompor (dalam pengawasan), memasak telor dan sosis. Kegiatan ini dilakukan Duta dalam pengawasan Tata, yang sudah mandiri dalam kegiatan dapur.

***

Berikut ini 10 keterampilan dasar penting yang menurut kami perlu dipelajari anak-anak:

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*