Duta Belajar Catur di Sekolah Catur Hendry Jamal’s

Minggu, 2 April 2017, akhirnya Duta pertama kali belajar catur di Sekolah Catur Hendry Jamal’s yang berada dalam naungan klub catur “Jayakarta Muda Chess Club“. Latihan catur diadakan hari Minggu pukul 11.00-13.00. Hari Minggu kemarin, Duta belajar dalam bimbingan coach Syaiful Hidayat, Master Nasional sekaligus Pelatih Nasional catur.

Latihan catur itu diadakan di Wisma Catur KONI DKI Jakarta, Jl. Letjen Suprapto kav 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 10520.

sekolah catur

Kebetulan, kemarin ada tamu rombongan para pemain catur pemenang O2SN tingkat SD yang sedang mempersiapkan diri untuk bertanding ke Thailand. Mereka datang untuk latih-tanding dan Duta mendapat kesempatan menjajal satu kali kali pertandingan dengan mereka.

Hasilnya? Tentu saja Duta kalah. Tapi setidaknya pertandingan itu menjadi pengalaman yang berkesan bagi Duta dan membuatnya lebih bersemangat belajar catur.

***

Duta Menikmati Proses Belajar Catur

Sudah hampir 4 bulan terahir, Duta berminat bermain catur. Berawal saat dia mengenal catur di Semarang, Duta menunjukkan minat yang konsisten terhadap catur.

Awalnya kami memfasilitasi proses Duta dengan aplikasi catur di smartphone. Selain menggunakan aplikasi Chess Free, Duta juga menggunakan aplikasi Learning Chess dan aplikasi Chess Tactics for Beginner.

Hampir setiap hari Duta belajar catur memakai aplikasi-aplikasi itu. Akhirnya kami membelikan dia papan catur kecil, yang kemudian dia gunakan untuk bermain catur bersama kakak-kakaknya. Sesekali Duta juga mengajakku bermain catur.

Ternyata minat Duta terhadap catur konsisten. Walaupun dia beberapa kali menyatakan kesulitan saat mencoba Chess Tactis, tetapi dia berhasil menyelesaikan Learning Chess Beginner Course. Kami kemudian memfasilitasinya dengan level berikutnya, yaitu Intermediate Course.

Sampai beberapa minggu yang lalu tiba-tiba aku membaca di feed Facebook tentang kompetisi catur yang diselenggarakan Jayakarta Muda Chess Club. Dari informasi itu, aku mencari informasi tentang Jayakarta Muda Chess Club yang lokasinya di Cempaka Putih yang relatif terjangkau dari rumah kami.

Bersama Duta, kami kemudian datang ke Wisma Catur pada hari Minggu pukul 11.00. Kami bertemu dengan pak Syaiful Hidayat dan kemudian mendaftar kelas catur reguler di Sekolah Catur Hendry Jamal’s.


Sekolah Catur Hendry Jamal’s (SCHJ)

Kelas catur yang diikuti Duta adalah Sekolah Catur Hendry Jamal’s yang berada dalam naungan Jayakarta Muda Chess Club.

Ada beberapa jenis keanggotaan Jayakarta Muda Chess Club:

Member
Menjadi anggota Jayakarta Muda Chess Club (ikut main bersama, tanpa pelatih). Biayanya Rp 200 ribu/tahun. Bisa berlatih bersama 1x seminggu (setiap hari Minggu) pukul 13.00-16.00

Kelas Catur Reguler
Biaya Rp 250 ribu (untuk 4x pertemuan). Latihan seminggu 1x (setiap hari Minggu) pukul 11.00-12.30

Kelas Catur Intensif
Biaya Rp 1 juta (untuk 12x pertemuan). Latihan setiap hari Rabu, Jumat, dan Sabtu @ 2 jam. Waktu latihan sesuai perjanjian.

Kelas Catur Privat
Biaya dan waktu latihan disesuaikan.

 

Tim Pelatih di Sekolah Catur Hendry Jamal’s:

Koordinator: Drs. H. Hendry Jamal’s, MN, INS, FT, IO

Pelatih:

  1. Syarif Mahmud, MF, WN
  2. Upi Damayana, MIW
  3. Dede Liu, MI
  4. Sufian, MF, WNM
  5. Aris Tiles, MN, WN
  6. Syaiful Hidayat, MN, PN

Tempat latihan di Wisma Catur KONI DKI Jakarta, Jl. Letjen Suprapto kav 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 10520 (sebelah Hotel C’One atau depan Mall Cempaka Mas).

Jika ada pertanyaan tentang Sekolah Catur Hendry Jamal’s, silakan ditanyakan langsung ke:

  • Syaiful Hidayat: 0816-1888-254

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Terima kasih untuk artikel”nya Pak. Banyak masukan berguna yang sy dapat dari website rumahinspirasi ini.

    Oya, dari bbrp artikel yang sy baca, sebelum bergabung di sekolah catur Hendry Jamal ini kan Duta sudah sempat belajar catur secara online. Menurut Pak Aar adakah perbedaan yang signifikan antara belajar catur online dengan belajar di sekolah catur seperti SCHJ? Bagaimana sistem belajar di SCHJ dan materi apa saja yang diberikan di SCHJ? Apa keunggulan sekolah catur offline (fisik) dengan sekolah catur online (virtual)?

    Mohon masukannya. Terima kasih.

    • Belajar catur online vs offline (sekolah catur) masing-masing memiliki pro & cons. Kalau online, anak bisa belajar bermacam-macam sesuai kecepatannya masing-masing. Kalau di sekolah catur, ada feedback dari pelatih tentang proses belajar yang dijalani.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close