Daftar FESPER 2015 yuk!

Terima kasih kepada teman-teman praktisi homeschooling yang telah bekerja keras mengusahakan terselenggaranya FESPER (Festival Pendidikan Rumah). Tahun 2015 ini akan diadakan #FESPER2015.

#FESPER2015 akan diadakan pada 11-13 Agustus 2015 di Cibodas Golf Park, Puncak, Bogor. Biaya peserta: Rp 285.000/orang (di bawah 4 tahun gratis). Pendaftaran akan dibuka pada Jumat (29 Mei 2015).

Fesper-2015b
***

Apa itu FESPER?

FESPER (Festival Pendidikan Rumah) adalah acara festival tahunan keluarga homeschooling di Indonesia. Acara ini dirintis sejak tahun 2013 dan ditujukan sebagai ajang silaturahmi dan berjejaring, baik untuk keluarga maupun anak-anak homeschooling dari berbagai penjuru kota di Indonesia.

FESPER merupakan kegiatan bersifat non-komersial, lintas-kelompok, lintas-agama dan diikuti oleh praktisi homeschooling dan keluarga yang sedang mempersiapkan homeschooling. Masyarakat umum juga diperbolehkan ikut dengan syarat memang tertarik dengan pendidikan berbasis rumah.

Peserta FESPER adalah individu/keluarga, tidak mewakili atau mengatasnamakan lembaga/komunitas.

#FESPER2015 merupakan acara FESPER ke-3. FESPER perdana diadakan di Yogyakarta (2013) dan FESPER kedua diadakan di Salatiga (2014). Acaranya berupa camping keluarga 3 hari 2 malam dengan aneka kegiatan di dalamnya.

***

Pengalaman mengikuti FESPER

Kami sekeluarga suka dengan gagasan FESPER. Kami membayangkan, FESPER ini bisa menjadi sarana yang bagus sekali untuk membangun persahabatan diantara anak-anak homeschooling dan persahabatan keluarga. Setelah sepanjang tahun menjalani homeschooling dalam kelompok kecil di rumah atau komunitas, anak-anak berkegiatan bersama dalam forum yang lebih besar dan lebih heterogen.

Jika bisa diselenggarakan rutin setiap tahun, FESPER bisa menjadi saksi pertumbuhan anak-anak dari tahun ke tahun. Forum ini bisa menjadi ajang reuni saat mereka nanti sudah kuliah atau bekerja.

Bagi orangtua, FESPER bisa menjadi ajang silaturahmi untuk mencari inspirasi dan saling berbagi pengalaman mengenai praktek homeschooling. Jika memang terjadi kedekatan yang alami, para keluarga yang saling bersahabat bisa menjadi benih untuk magang atau “pertukaran pelajar” antar-kota dan antar keluarga homeschooler.

Oleh karenanya, kami selalu mengikuti FESPER sejak pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta. Bukan sebuah hal mudah karena biaya FESPER tidaklah murah untuk ukuran kantong kami. Apalagi kami harus melakukan perjalanan berlima dari Jakarte ke Yogyakarta/Salatiga. Anak-anak bahkan harus menabung agar mereka bisa mengikuti FESPER.

Tapi semua perjuangan itu berbuah manis. Anak-anak menikmati pengalaman mereka, baik sepanjang perjalanan maupun sepanjang acara FESPER. Mereka selalu mengenang pengalaman mereka dan menanti saat bertemu lagi dengan teman-teman mereka di FESPER.

***

Yuk ikutan FESPER, kopdar, ngobrol, dan berkegiatan bersama selama 3 hari 2 malam bersama keluarga homeschooling dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Bahkan, ada keluarga homeschooling yg tinggal di Amerika Serikat dan Australia yang merencanakan ikut #FESPER2015 ini.

Informasi selengkapnya:

Page FESPER: https://www.facebook.com/festivalpendidikanrumah
Website FESPER: www.fesper.org
Foto kegiatan FESPER: http://www.fesper.org/p/foto.html

Informasi pendaftaran: http://www.fesper.org/p/daftar.html
FAQ (Frequent Asked Questions): http://www.fesper.org/p/faq.html

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Yaaahhh udah lewatt deh acaranya!!
    Telat liat infonya, mudah2an tahun depan deh bisa ikutan 🙂

Tinggalkan komentar Anda

*

Close