Counting 100

Mengajarkan anak berhitung sampai 100 dalam bahasa Inggris dapat diajarkan sambil bermain. “Ujian”nya pun dapat dilakukan sambil mengajaknya membantu masak di dapur.

Seperti pagi ini, aku menguji kemampuan Tata berhitung dalam bahasa Inggris 1-100 dan ternyata dia cukup lancar. Tata tidak merasa sedang “ujian”, karena aku tidak mengatakan “Tata, pagi ini kita ujian counting to 100” tapi aku hanya memintanya untuk membantuku menghitung berapa kali aku membanting adonan roti tapi dengan bahasa Inggris. Peraturannya, kalau salah sebut dia harus kembali puluhan yang terdekat. Misalnya, “thirty four, thirty five, thirty eight… eits salah”. Berarti dia harus mulai dari “thirty one” lagi.

Momen belajar seperti ini menyenangkan karena target tercapat, anak tidak terbebani apa-apa. Mereka melakukannya dengan gembira. Tata pun terkejut ketika tahu bahwa sekarang dia sudah bisa berhitung sampai 100 dalam bahasa Inggris dengan lancar.

Mengajarkan anak usia dini belajar itu jauh lebih efektif bila melalui permainan, cerita, dan aneka percobaan (hands on activity). Kreatiflah, dan manfaatkan apa saja yang ada di rumah sebagai alat belajar. Di Internet pun banyak permainan online yang dapat membantu anak belajar berhitung dengan bahagia. Antara lain:




:mrgreen:

Berikut situs-situs lain yang menyediakan fasilitas belajar menghitung secara online. Selamat bermain πŸ˜‰

IXL Math

Toon University

Aaa Study

Quia

ABC Ya!

Free Math Test

Funny Learn

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Very good and useful post, thanks.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close