Cerita homeschooling di Pecha Kucha Night Jakarta Vol 21

Sebuah kejutan terjadi bulan Maret yang lalu saat kami tiba-tiba mendapat undangan untuk menyajikan presentasi tentang homeschooling di Pecha Kucha Night Jakarta.

Pecha Kucha Night (PKN) adalah sebuah forum sharing atau berbagi cerita yang unik. Dalam forum Pecha Kucha, setiap penyaji harus melakukan presentasi melalui 20 slides yang berjalan otomatis setiap 20 detik (total presentasi adalah 6 menit, 40 detik). Kegiatan ini gratis dan bisa dihadiri siapapun.

Pecha Kucha Night pertama kali diadakan oleh Astrid Klein dan Mark Dytham di Tokyo pada Februari 2003. Saat ini, PKN sudah diselenggarakan di lebih dari 700 kota di seluruh dunia, salah satunya adalah Jakarta.

Dalam satu sesi PKN biasanya ada 8-14 presentasi. Presentasi itu dibalut dalam satu tema yang menyambungkan benang merah antara presentasi. Nah, Pecha Kucha Night yang kami ikuti itu temanya adalah “All About Family”.

***

Poster-Pecha-Kucha

Pecha Kucha Night bertema “All About Family” merupakan acara yang ke-21 di Jakarta. Yang menjadi host acara Pecha Kucha Night Jakarta adalah Maverick Indonesia.

PKN Vol 21 “All About Family” diadakan tanggal 12 Maret 2015 bertempat di Es Teler 77, Jl. Adityawarman 61, Jakarta Selatan.

Ada 11 presenter yang mengisi acara ini, dengan berbagai tema dan sudut pandangnya:

1. DY Suharya (Alzheimer Indonesia) – Jangan Maklum Dengan Pikun
2. Tina Maladi (Founder Kids Yoga Jakarta) – Yoga, Autism and Love
3. Andica Haradi (Journalist/TV Producer) – Muda(h) Berkeluarga
4. Shasya Pashatama (Blogger) – Creative Bonding Activities with Children
5. Swastika Nohara (Scriptwriter) – Keluarga LDR
6. Hannah Al Rashid (Aktris/Presenter) – On Being a Mongrel Child
7. Prasetyo Wibowo (Praktisi Komunikasi) – Single Fatherhood
8. Keluarga Sumardiono (Founder RumahInspirasi.com) – Homeschooling
9. Fajar Jasmin & Leonnie FM – The HIV Diaries
10. Liza Marielly Djaprie (Psikolog) – Blending Blended Family
11. Rara Rizal (Penerjemah) – Coming Out to My Conservative Family

***

PechaKucha03

(c) Pecha Kucha Jakarta

(c) Pecha Kucha Jakarta

(c) Pecha Kucha Jakarta

Pengalaman menyiapkan materi dan melakukan presentasi di Pecha Kucha Night sangat mengesankan bagi kami. Berjejaring dengan para pembicara dan mendengarkan kisah-kisah mereka yang sangat inspiratif membuka banyak wawasan baru tentang dunia keluarga.

Setiap pembicara hadir dengan pengalaman hidup, cerita dan sudut pandangnya yang menarik. Karena berdasarkan pengalaman nyata keseharian, semuanya menjadi istimewa. Yang tersampaikan bukan hanya teori, tetapi sebuah hal yang dihidupi.

Bukan hanya itu.

Pengalaman besar juga kami rasakan saat menyiapkan materi presentasi. Ini adalah proses yang sangat menantang karena banyak ide, gagasan, dan cerita yang rasanya “harus” dituangkan. Semuanya harus dipangkas tanpa menghilangkan esensi dan ceritanya dalam 20 slide yang masing-masing harus bisa diceritakan dalam waktu 20 detik.

Pfuih…

Inilah dokumentasi video presentasi kami (lengkap dengan Playlist Pecha Kucha Night Jakarta Vol 21 All Things Family):

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*