Bincang Seru Homeschooling 2016

Jika Anda sedang menimbang atau mulai menjalankan homeschooling, ingin berbagi cerita, berkenalan dan berjejaring dengan praktisi homeschooling, yuk ikutan acara “Bincang Seru Homeschooling”.
Bincang-Seru-HS-2016b

PERTANYAAN UMUM

1. Apa itu Bincang Seru Homeschooling?
Bincang Seru Homeschooling adalah kegiatan sharing dan edukasi tentang pendidikan berbasis keluarga (homeschooling) dari para praktisi homeschooling. Kegiatan ini ditujukan untuk para orangtua yang sedang menimbang homeschooling dan /atau baru memulai homeschooling. Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk berjejaring bersama komunitas homeschooling yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

2. Kapan Bincang Seru Homeschooling diadakan?
Bincang Seru Homeschooling diadakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2016; pukul 09.00-16.00 WIB.

3. Di mana lokasi acara Bincang Seru Homeschooling?
Acara diselenggarakan di Aula Graha Utama Gedung A Lantai 3 Kemendikbud, Jl. Jend. Sudirman Jakarta pusat (diantara Ratu Plaza & Fx Sudirman).

4. Bagaimana menuju lokasi acara?
Aula Graha Utama Gedung A Kemendikbud berada di area Kemdikbud. Gedung bisa dicapai dengan Trans Jakarta jurusan Kota-Blok M, turun di halte Bundaran Senayan (Ratu Plaza). Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat parkir di gedung Kemdikbud (masuk dari Jl Jenderal Sudirman) atau gedung-gedung sekitarnya (FX Sudirman atau Ratu Plaza).

5. Siapa penyelenggara Bincang Seru Homeschooling?
Bincang Seru Homeschooling diselenggarakan oleh Rumah Inspirasi & Klub Oase, bekerjasama dengan komunitas-komunitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Sharing dan diskusi akan dibawakan oleh para praktisi homeschooling yang menjalani homeschooling untuk anak-anaknya.

Bincang Seru Homeschooling merupakan bagian kegiatan dari Pesta Pendidikan, sebuah inisiatif komunitas-komunitas pendidikan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Kebangkitan Nasional melalui serangkaian kegiatan yang menggerakkan potensi mandiri, menginspirasi praktik baik, dan memberikan karya nyata yang berkelanjutan. Pesta Pendidikan mengusung tema “Semua Murid Semua Guru”.

 

DETIL ACARA

6. Bagaimana detil acara Bincang Seru Homeschooling?
Acara Bincang Seru Homeschooling dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu paparan oleh para pembicara dan pojok diskusi.

Pada bagian pertama, para pembicara akan memaparkan konsep, pengalaman pribadi, dan tips homeschooling dengan sub tema: menimbang homeschooling, memulai homeschooling, keseharian homeschooling, dan evaluasi homeschooling.

Pada bagian kedua (sesudah istirahat siang), akan diselenggarakan pojok diskusi. Peserta akan dibagi menjadi kelompok kecil untuk melakukan tanya jawab & diskusi bersama 2-3 narasumber praktisi homeschooling.

Selain itu, ada expo karya anak homeschooling yang dapat dinikmati selama acara berlangsung.

7. Siapa saja pembicara dalam Bincang Seru Homeschooling?
Pembicara dalam Bincang Seru Homeschooling adalah para praktisi homeschooling:

1. Aar Sumardiono: Founder RumahInspirasi.com, penulis buku “Apa itu Homeschooling”
2. Ade Hady: ibu 2 anak yang belajar dimana saja, berdomisili di Salatiga.
3. Anne Adzkia Indriani: penulis, ibu 2 anak homeschooler.
4. Annette Mau: ibu 2 anak homeschooler, praktisi Abeka Curriculum.
5. G. Lini Hanafiah: ibu 2 anak homeschooler & atlet wushu.
6. Irma Nugraha: Guru SMA, ibu 3 anak homeschooler.
7. Maria Lia, penyanyi/pencipta lagu, ibu 2 anak homeschooler usia dini.
8. Mohammad Siddiq: dosen, ayah 4 anak homeschooler
9. Raken Asri Mada Lestari: ibu 3 anak yang tidak sekolah
10. Shanty Syahril, ibu 1 putra yang belajar dari kehidupan & pengelola ruang temu anak.
11. Vici Nesia Agustiyah: ibu 5 anak homeschooler.
12. Wimurti Kusman (Moi): guru Bahasa Inggris, ibu 3 anak homeschooler, 2 diantaranya sudah lulus kuliah.

PENDAFTARAN

8. Bagaimana cara mendaftar?

UPDATE: pendaftaran sudah ditutup karena peserta sudah melebihi kapasitas ruang.

– Untuk mendaftar, silakan melakukan reservasi melalui Event Brite di link ini:

– Tunggu jawaban email Anda dari Event Brite. Lakukan transfer sesuai petunjuk email yang Anda terima. Tambahkan 3 angka terakhir yang ada di nomor order yang ada di tiket Anda. Misalnya Order #: 517221194 berarti 3 angka terakhir Anda adalah 194. Jika Anda mendaftar untuk 2 orang, yang Anda transfer adalah Rp 100.194,-

– Setelah transfer, lakukan konfirmasi ke: bincangseruHS@gmail.com dengan format:

Nama:
Nomer order: (sesuai nomer order dari Eventbrite)
Transfer Bank yang dituju:
Bank pentransfer:
Nama pemilik rekening bank:

– Anda akan mendapatkan konfirmasi mengenai kesertaan Anda sebagai peserta Bincang Seru Homeschooling.

9. Apakah bisa mendaftar di tempat?
Karena kapasitas ruang terbatas, pendaftaran TIDAK DAPAT dilaksanakan di tempat. Pendaftaran harus dilakukan sebelumnya melalui link EventBrite yang disediakan.

10. Berapa biayanya? Apakah kegiatan ini gratis?
Biaya kesertaan adalah Rp 50 ribu/orang. Harga tiket untuk mendapatkan kursi duduk, anak-anak gratis kecuali jika mau dapat kursi sendiri.

11. Apa yang diperoleh peserta?
Peserta akan dapat mengikuti Bincang Seru Homeschooling & Pojok Diskusi.
Panitia menyediakan air minum isi ulang. Peserta diharapkan membawa botol minum sendiri. Fasilitas kegiatan untuk peserta adalah:

  • mengikuti kegiatan Bincang Seru Homeschooling dan Pojok Diskusi
  • ruang ibu menyusui
  • ruang tunggu anak

LAIN-LAIN

12. Apakah ada konsumsi untuk peserta?
Panitia menyediakan air isi ulang untuk peserta. Peserta diharapkan membawa botol minum sendiri untuk isi ulang. Panitia tidak menyediakan snack dan makan siang. Peserta dapat membawa makanan sendiri atau membeli makanan di Fx Sudirman atau Ratu Plaza pada jam istirahat siang.

13. Apakah anak-anak dan balita bisa ikut?
Anak-anak dan balita bisa dibawa selama acara. Panitia menyediakan ruang tunggu dan ruang menyusui, tapi tidak ada layanan khusus untuk kegiatan anak-anak. Peserta diharapkan menangani anak-anaknya secara mandiri.

14. Apa lagi yang perlu diperhatikan?
Kegiatan ini diselenggarakan dengan prinsip minim sampah (ZERO WASTE). Setiap peserta diharapkan membawa tanda peserta sebagai tanda pengenal. Pastikan Anda tidak membawa makanan kemasan dan tidak meninggalkan sampah di lokasi kegiatan.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Baru di posting 1 hari kok sudah tutup pendaftarannya mas aar? Sayang sekali padahal saya ingin sekali ikut untuk referensi pendidikan buah hati saya. Saya sangat tertarik dengan homeschooling…

    • Iya mbak, peminatnya banyak sekali. Dalam 2.5 jam kapasitas 200 kursi langsung terisi. Sekarang waiting list ada 60 orang.

  2. Halo selamat malam, Saya ingin sedikit bercerita dan bertanya, apakah ada email yang bisa dihubungi?
    Terima kasih ­čÖé

  3. Sumiarsih says:

    Pak Aar, salam kenal. Saya baru saja buka posting ini. Saya sangat tertarik ikut kegiatan ini karena anak saya disemester genap ini mengalami peristiwa yang membuat dia tidak mau sekolah lagi. pusing dan bingung sempet saya alami. akhirnya kami memilih homeschooling disebuah lembaga dibawah PKBM. Sampai hari ini saya masih belum stabil mengatur cara kegiatan dan belajarnya. Dan jujur saja saya belum lega… Oleh sebab itu saya mohon sekali bisa ikut….tolong dong pak saya masukkan. walau waiting list. semoga dapat dikabulkan. Atas perhatiannya say ucapkan terimakasih.

  4. Hallo pak, sy ibu tunggal dr seorang anak umur 8thn. Sy tinggal di kalimantan barat. Mohon info apa ada tempat sejenis untuk homeschooling. Atau adakah acara sejenis stlh tgl 21 mei?

    • Homeschooling ada di setiap keluarga, mbak. Kami belum ada rencana acara seminar lagi setelah ini.

  5. Rita setiawati says:

    Mohon bantuan bpk memberikan informasi cara dan syarat pendaftaran homeschooling mandiri krn sekolah tempat anak sy bermasalah dan tdk dapat mengeluarkan nisn seperti yg di syaratkan dan anak sy tidak dapat di terima oleh sekolah formal lain krn sekolah asal tdk dpt memenuhi surat surat yg di minta untuk pengurusan nisn..terima kasih

    • Proses menjalani homeschooling mandiri diharapkan melapor ke Diknas setempat. Tapi karena Diknas setempat sering kurang mengerti prosedur teknisnya, para praktisi biasanya langsung menjalani begitu saja… Untuk ujian, nanti prosesnya melalui PKBM

Tinggalkan komentar Anda

*