Bersenang-senang di Festival Dongeng Indonesia 2014

Siapa orangtua yang tak ingin memberikan kebahagiaan pada anak-anaknya? Salah satu cara sederhana berbahagia bersama anak adalah dengan melakukan kegiatan bersama dengan melakukan aktivitas ABCD (Ayo Baca Cerita Dongeng).

Spirit itulah yang aku tangkap dari kegiatan Festival Dongeng Indonesia yang dirintis oleh Mochamad Ario Farid Zidni atau lebih dikenal dengan nama Kak Aio. Dan kami sekeluarga bersemangat mendukung kegiatan yang dirintis sejak dua tahun lalu. Kami membantu dengan tenaga yang kami mampu.

Selain memberikan dukungan melalui pembuatan website, tahun lalu Lala ikut mengisi acara Festival Dongeng Indonesia 2013 dengan melakukan dongeng menggunakan balok bercerita.

Tahun ini, giliranku menjadi kontributor Festival Dongeng Indonesia 2014 dengan menjadi moderator talkshow “Mendongeng dengan Buku”. Tema tahun ini adalah “Dengar Dongeng di Museum“.

Festival Dongeng Indonesia 2014

Acara Festival Dongeng Indonesia 2014 diselenggarakan di Museum Nasional pada Minggu, 2 November 2014. Acara berlangsung sejak pagi hingga sore dengan aneka kegiatan yang padat, mulai pertunjukan perkusi, dongeng, talkshow, hingga workshop.

Festival Dongeng Indonesia

Acara ini memang seru sekali. Anak-anak dimanjakan dengan aneka dongeng dan kegiatan sejak pagi sampai sore.

Ada dongeng Pak Raden, Kak Aio Zidni, Cassandra Wye dari UK, Alya Rohali, Paman Gery, Kak Resha, Kak Dwi Kanfas, Kak Arnel, Rona Mentari. Ada talkshow ajaibnya mendongeng dengan buku bersama Roosie Setiawan, Elvera N. Makki, dan Devi Raissa. Ada workshop story-yoga bersama Paramitha Hioe dan workshop “Bringing a Story Alive” bersama Cassandra Wye.

Seru dan padat sekali acara Festival Dongeng Indonesia 2014 ini..

Talkshow “Ajaibnya Mendongeng dengan Membaca Buku”

festivaldongengIndonesia3

Dalam Festival Dongeng Indonesia 2014 ini, aku menjadi moderator talkshow mendongeng dengan buku. Narasumber talkshow ini adalah Roosie Setiawan (founder Komunitas Reading Bugs Indonesia), Elvera N. Makki (founder Taman Baca Anak Lebah), dan Devi Raissa (psikolog dan founder penerbit buku anak Rabbit Hole).

Ketiga orang tersebut adalah sosok-sosok yang hebat dan berdedikasi di dunia literasi dan dongeng anak. Melalui Komunitas Reading Bugs Indonesia, ibu Roosie gencar mempromosikan “Read Aloud” membacakan cerita/buku dengan lantang. Selain memberikan workshop mengenai “Read Aloud”, beliau juga menerjemahkan dan menerbitkan buku “The Read Aloud Handbook yang ditulis oleh Jim Trelease”.

Narasumber kedua, mbak Vera Makki adalah eksekutif bisnis di Mercedes Benz Indonesia yang di tengah kesibukannya masih menyempatkan membacakan buku pada anak dan melakukan gerakan berbagi buku ke kota-kota di Indonesia bagian Timur.

Sementara narasumber ketiga, mbak Devi Raissa, adalah psikolog dan penulis yang memiliki passion menerbitkan buku untuk anak-anak.

Ketiga pembicara sepakat mengenai pentingnya kegiatan membaca buku untuk anak dan berbagi tips kegiatan tersebut. Ibu Roosie menceritakan bahwa membacakan buku cerita pada anak selama 300 jam (10 menit per hari) berdampak penting membuat anak suka buku/membaca dan membangun kemampuan anak membaca.

Senang memandu acara talkshow ini. Bahagia melihat acara Festival Dongeng ini didatangi dan dinikmati oleh banyak keluarga. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini menular ke kota-kota lain. Mudah-mudahan acara ini semakin berkembang dan semakin bermanfaat sebagaimana visi Ario yang ingin melibatkan para pendongeng dari berbagai kota di Indonesia, juga para pendongeng dari berbagai negara.

 

Workshop Read Aloud Klub Oase

festivaldongengIndonesia2

Usai acara, beberapa teman Klub Oase berbincang dengan ibu Roosie Setiawan. Beliau menyatakan kesediaannya untuk mengisi workshop “Read Aloud” yang rencananya akan diselenggarakan Klub Oase pada awal tahun depan. Selain ibu Roosie, Paman Gery juga menyatakan kesediaannya untuk mengisi acara.

Hayoo.. siapa yang mau ikut workshop “Read Aloud”?

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Salam kenal mas Aar dan semoga kita bisa berkolaborasi lagi ya… untuk anak-anak Indonesia… 🙂

Tinggalkan komentar Anda

*