Berjumpa Motivakids

Duta dan Moti

Senangnyaaaaa…. akhirnya aku berkesempatan berjumpa dengan Tim Motivakids di acara Gathering bertempat di Epicentrum Walk, International Design School (IDS) – Kuningan.

Motivakids adalah satu akun di Twitter yang berbagi tentang tips parenting anak. Mereka rajin berbagi bermacam informasi tentang pendidikan anak melalui tweet-nya.

Aku sampai ke Epicentrum Walk TEPAT menjelang acara Motivakids dimulai. Sesi pertama adalah sharing & seminar tentang bagaimana menjadi orangtua kreatif oleh Adez Aulia dari CreativatorID yang juga merupakan salah satu founder Motivakids.

Menarik sekali cara mas Ades mengajak peserta untuk memahami betapa sebuah hal yang “sulit” bisa jadi “mudah” asal kita kreatif. Kita ditantang untuk menghafalkan 10 daftar belanjaan, dari mulai minyak goreng, sabun cuci piring sampai Aqua galon. Ternyata tidak mudah menghafal 10 barang tersebut, TAPIII ketika kemudian daftar barang tersebut “dikawinkan” dengan sebuah daftar lain yang membentuk sebuah asosiasi visual semuanya menjadi lebih mudah. Misalnya minyak goreng dengan rambut, perut dengan Aqua galon. Sontak para peserta pun jadi “cerdas”.. xixixi.. seru sekali.

Bersama “partner in crime”nya -Willy Winarko- mas Ades juga mendemokan bagaimana cara berkomunikasi kepada anak melalui musik rap.

Ades Aulia & Willy Winarko

Dilanjutkan dengan kehadiran mas Rauf Raphanus dari Komunitas Paper Replika Indonesia yang menyajikan bagaimana menumbuhkan kreativitas anak melalui media pappercraft. Peserta dibagikan karton berpola yang jika digunting & ditempel akan berbentuk boneka Moti 3D.

Menarik sekali melihat bagaimana kertas tidak hanya bisa berubah menjadi boneka tiga dimensi, tapi juga bisa menjadi kostum seukuran manusia. Kebetulan bersamaan dengan acara Moti sedang ada pameran Foto STAR WARS yg diadakan oleh mas Seno Haryo. Jadi masuklah tim “Star Wars” yang salah satu dari anggotanya membuat model kostum dari Papercraft. Kereen!!

Starwars di Epicantrum

Sebelum pulang kami sempat ngobrol-ngobrol dan sharing. Duta yang keletihan bermain ketika seminar sampai tertidur pulas. Tak lupa mengambil oleh-oleh foto mas Julius Perdana dalam kostum Starwars buatannya sendiri yang keren. Mas Julius bercerita bahwa kostum ini dibuat dari kertas yang kemudian dilapisi resin sehingga menjadi kokoh.

Ini adalah pertemuan pertama dengan mas Julius, walaupun kami sudah pernah melakukan kerjasama membuat papercraft Rumah Tongkonan, papercraft Rumah Batak Toba dan papercraft Jam Gadang.

Mas Jules & Kostum Starwars yang disain awalnya dibuat dari kertas

Komunitas Order 66

***

Terima kasih Motivakids untuk acara kumpul-kumpulnya. Ditunggu acara berikutnya 🙂

Anak2 bersama Moti

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*

Close