Berapa biaya sekolah sekarang?

Beberapa hari yang lalu aku menemukan brosur promosi Bimbingan Belajar di halaman rumah. Melihat daftar biaya ikut bimbel, agak kaget juga aku. Wah,sudah mahal juga ya biaya bimbel sekarang? Ternyata aku sudah kuper..

Berikut ini daftar biaya ikut bimbel untuk tingkat SD-SMA di sebuah bimbel di dekat rumah:

Biaya bimbingan belajar SD (Matematika, IPA, PKn, IPS, Bahasa Indonesia):
Kelas 4-6: 450 ribu/bulan atau 2 juta/semester

Biaya bimbingan belajar SMP (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi):
Kelas 7: 3.2 juta/semester atau 5.9 juta/tahun
Kelas 8: 3.2 juta/semester atau 5.9 juta/tahun
Kelas 8: 3.2 juta/semester atau 5.4 juta/tahun

Biaya bimbingan belajar SMA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi):
Kelas 10: 3.5 juta/semester atau 6.5 juta/tahun
Kelas 11: 3.5 juta/semester atau 6.5 juta/tahun
Kelas 12: 3.5 juta/semester atau 6 juta/tahun

**

Habis membaca brosur biaya bimbel, terus membaca artikel di Kompas tentang Orangtua yang mulai menyerbu pegadaian untuk mencari biaya sekolah anak-anaknya. Dilanjutkan dengan kisah Anak miskin tak bisa masuk SD.

Dalam artikel itu, diceritakan tentang seorang Ibu yang harus membayar Rp 850 ribu untuk uang pangkal masuk SD.

**

Gara-gara itu semua, aku jadi pengin tahu berapa sih biaya sekolah sekarang? Berapa sih biaya TK, SD, SMP, SMA? Berapa biaya sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah berstandar internasional? Komponen biaya yang harus dibayar orangtua apa saja?Ada nggak beda biaya di kota besar, kota sedang, dan kota kecil?

Boleh donk teman-teman sharing yang diketahuinya di sini untuk pengetahuan kita bersama… Terima kasih sebelumnya..

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Kalo di Malang, bimbel privat banyak yang dihitung per pertemuan, sekitar +/- 20 ribu per pertemuan 2 jam. Seminggu bisa 2-3 kali. Kalo bimbel khusus persiapan ujian saya kurang tau.

    Kalo biaya sekolah sangat bervariasi. Ada yang biaya masuknya ratusan ribu sampai belasan juta rupiah. SPP juga mulai puluhan ribu sampai jutaan ada.

  2. tahun ini masuk PG-TK di daerah Depok, jabar variatif UPnya mulai dari 1, 5 sampe 12 juta, dgn SPP per bulan dari 140rb-600ribu.
    itu adalah sekolah kelas menengah-keatas.
    klo bimbel ada yg 1, 2 setahun untk SD. bahkan ada bimbel calistung utk usia 3-6 tahun untuk baca, tulis, hitung dlm jangka waktu 3-6 bulan.

  3. baru terbuka mata saya mengapa sekolah2 cenderung mahal.
    1. karena sekolah biasanya dikelola oleh yayasan (atau sejenisnya). dalam hal ini, jika sekolah itu sudah bagus, artinya banyak yg daftar, otomatis duitnya banyak juga ya, nah, duit yg banyak itu bukannya untuk mengoptimalkan sekolah tsb, tapi dia bikin sekolah baru lagi. istilah kerennya, berbagi kesempatan shg makin banyak anak yg bisa menikmati sekolah….. hehehe. pointya? ayo kita pikirkan sendiri2 ya….
    2. mahal karena sering berpijak pada gengsi dalam menjalankan program sekolah. percayalah, saya gak mengada ngada dalam hal ini. sekolah jakarta gengsi kalau outbond cuman di halaman sekolah, tapi mantaf dong kalau ngadainnya di bogor, atau di bandung atau di puncak. perpisahan TK malu dong kalau baju pentasnya cuman pake selendang yg dililitkan di kepala, tapi mantaf dong kalo sewa baju yg mahal dan mewah dsb
    3. begitu juga dgn fasilitas sekolah, sudah mahal2, tapi gak maksimal dipakainya…. sedih…

  4. Mbak Tika & Mbak Danti,
    Terima kasih informasinya. Kalau ada data yg lebih detil (nama sekolah, uang pangkal, tahunan, bulanan) akan diterima dengan senang hati..

    Mbak Ika,
    Bagaimana kalau di Surabaya? Adakah data yang bisa dibagi, mbak? Saya sudah dapat data bbr sekolah di Depok.

    Saya pengin sekali menyajikan menyajikan data biaya sekolah seapa-adanya, mulai preschool, TK, SD, SMP, SMA. Inilah realitas yang harus dihadapi keluarga-keluarga Indonesia. Tak ada yang perlu disembunyikan, kan? :arrow:

  5. Biaya sekolah di Tumble Tots Lampung
    Right Step 1,2,3 (atau setara PG,TK.A, TK.B)

    Uang Pangkal Rp 5.000.000,- (termasuk seragam,uang kegiatan belajar, dan outing class)
    SPP Rp 500.000/bulan

    Selama setahun tidak ada biaya apa-apa lagi.
    setiap kenaikan kelas, mendaftar ulang Rp 2.500.000,- (untuk uang kegiatan)

    ini dulu ya pak yg bisa di share…. kalau ada lagi aku post lagi…
    ;-)

  6. Nanti aku kabar2i biaya sekolah di Pekanbaru ya Mas.

  7. ni made desi h says:

    ya salah satu alasan itulah maka saya menghomeschoolingkan kedua anak saya…alhamdulillah saat ini saya juga telah membuka lembaga homeschooling untuk anak usia pg-smu…… :smile:

  8. Utk segmen menengah keatas, Di Yogyakarta tahun kemarin dibuka 2 SD bertaraf internas (kurikulum cambridge) yaitu Olifant biaya berkisar Rp 20juta/th dan Discescio Primary dgn biaya berkisar Rp 15juta/th. Sebelumnya hanya ada Jogjakarta Internasional School dng biaya sekitar Rp 70jt/th. Ada juga Jogjakarta Montessori School dgn kurikulum nasional (bahasa pengantar Full english) biaya/bln Rp700rb blm termasuk lain-lain. SD seperti Al-azhar dan Budi Mulia II UP sekitar Rp 10jt blm termasuk lain-lain.

  9. rumah bermain PADI (konsep montessori) di Bandung
    TK-uang pangkal 3,5juta, uang kegiatan 1,2juta, bulanan 450ribu. kalau playgroup bulanannya 400ribu

  10. artikel ini sangat bermanfaat, terutama bagi para siswa dan guru mata pelajaran matematika. Teruslah berbagi ilmu.. Semoga Anda selalu sukses.

  11. ini dari sekolah cikal. geleng2 liatnya:
    http://bit.ly/1baUoWd

  12. Djohana Natalia says:

    Di TK Marsudirini Jakarta, uang pangkal masuk playgroup sampai TK lulus nanti sekitar 7 jutaan, spp bulanan saat ini untuk playgroup nya Rp. 390.000,- + uang kegiatan Rp. 155.000,- per bulan.

Tinggalkan komentar Anda

*