Biaya homeschooling itu berapa?

biaya homeschoolingSebelum memasukkan anak ke sekolah, ada pertanyaan yang wajib diajukan orangtua: “Berapa biaya bersekolah di sana?”

Bagaimana dengan homeschooling. Berapa biaya homeschooling? Apakah biaya homeschooling mahal? Apakah homeschooling murah? Atau homeschooling gratis?


Homeschooling itu Bukan Lembaga
Hal pertama yang harus difahami, homeschooling itu bukan lembaga seperti sekolah. Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga. Jadi, homeschooling tak mendaftar ke mana-mana. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca tentang School, Homeschooling, dan Flexi School.

Membayar Sesuai Kebutuhan
Karena homeschooling diselenggarakan oleh keluarga, maka biaya homeschooling adalah berapapun yang dikeluarkan untuk keperluan pendidikan anak. Kalau anak menggunakan materi gratis di Internet, maka biayanya gratis (baca: hanya biaya koneksi Internet). Kalau mengundang tutor, bayar biaya tutor; ikut kursus, bayar biaya kursus; ikut bimbel, bayar biaya bimbel; ikut kegiatan, bayar biaya kegiatan. Prinsip untuk biaya homeschooling adalah pay-as-you-go, bayar sesuai pemakaian; tak ada biaya gedung dan bangunan.

Antara Gratis dan Berbayar
Nah, kalau berbicara tentang biaya homeschooling, pilihannya banyak; bisa menggunakan materi-materi gratis yang ada di Internet, bisa menggunakan materi berbayar. Kalau menggunakan materi gratis, biasanya konsekuensinya adalah butuh waktu lebih banyak utk menyiapkan, menstrukturkan, dan kreativitas. Dengan demikian, biaya homeschooling menjadi murah dan ringan.

Kalau materi belajar yang digunakan adalah materi berbayar/berlangganan, biasanya materinya lebih terstruktur dan ada sistem pendukung, misalnya: laporan kegiatan anak. Jika pilihan ini diambil, berarti biaya homeschooling sesuai materi yang dibeli/langganan.

Pilihan mana yang terbaik dalam hal pembiayaan ini? Tentunya disesuaikan dengan kondisi di setiap keluarga.

Fleksibilitas Pembiayaan
Jadi, biaya homeschooling itu fleksibel; sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Mau murah atau mahal, bisa disesuaikan. Dengan biaya berapapun yang dimiliki, keluarga bisa memaksimalkan manfaat atas dana yang dimiliki dan mengontrol pemakaiannya untuk sebesar-besar manfaat buat anak.

***

Ā Itulah cara pandang mengenai biaya homeschooling menurut pengalaman kami.

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Dear Pak Aar, kita pernah ketemu sebentar di pertemuan Homeschool di Bandung. Jaman dulu banget. Untuk refresh kita se almamater di IF, saya IF 83. Saya juga homeschooler. Dalam bulan depan saya akan menerbitkan buku tentang pendidikan. Salah satu babnya membahas tentang homeschool. Tidak banyak, hanya 1 halaman. Saya ingin menuliskan referensi web rumahinspirasi.com sebagai resource terbaik untuk homeschooling di Indonesia. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan dahulu. Tolong alamat email dong, supaya kita bisa berkomunikasi langsung.

    Trims
    Hartono Sangkanparan

  2. selmat siang pak, jika bapak mmbutuhkan tenaga pengajar untuk homeschooling di daerah surakarta mohon infokan ke saya ya pak(085640062509). Terimakasih banyak šŸ™‚

  3. kalau homeschooling utk anak yg masih TK o besar berbasis agama Islam bisa g? tentunya dengan pelajaran2 lainnya, utk persiapan masuk SD… tutor diharapkan datang ke rumah, jadi belajar tiap hari nya perlu biaya berapa ya?

    • Kami tidak menyediakan jasa tutor. Homeschooling fokusnya adalah kegiatan orangtua bersama anak, bukan mengundang tutor ke rumah. Apalagi masih masih dalam tingkatan TK

  4. Etik widayati says:

    Salam kenal pk Aar … Sy ini mempunyai anak br tamat smp. Tapi saya merasa anak saya ini kayaknya kesusahan dalam mengikuti pola belajar yg ada d sekolah. Dan sekarang dia lulus smp hanya dengan nilai rendah nah apa d homeschooling ini ada cara pola belajar u anak spt saya dan waktu masih sd saya pernah d peringatkan sama wali kelasnya kayaknya anak ini kalo belajar harus tatap muka 1 lawan 1 dgn gurunya ,,,,trimakasih

    • Kalau HS, pola belajarnya orangtua yang mengatur. Kalau anak butuh one-on-one, silakan dijalani yang seperti itu. Kalau anak butuh belajar secara fisik, silakan dicari sarananya. Jadi, orangtua yg merancang proses belajar anak šŸ™‚

  5. Assalamualaikum pak,
    Anak saya tahun ini kelas 3 SD, krn satu dan lain hal saya berpikir untuk homeschooling…
    Yang saya tanyakan, untuk mendapatkan ijasah nya gimana pak? Apa ikut ujian kejar paket? Ato bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikum salam. Untuk anak HS, ijazahnya Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Kalau mau belajar lengkap bisa mengikuti webinar insya Allah bulan Agustus nanti šŸ™‚

  6. sunarti says:

    Sy memeiliki santri Tahfidz Qur’an yg jumlahnya 7anak di Rmh,sy ingin mrk belajar formatnya dg metode hoomschooling di Rmh,mhn bantuan arahannya. Domisili kami di Surabaya…saat ini anak2 sdh sy daftarkan sklh Mts.Swasta,tetapi kelihatan lingkungan sekolahnya tdk bagus,bny anak2 Halal,dan berkat kirim,guru pun tdk interes dg keluhan kami…bisa Bantu kami ..Hp/WA 082231121165.
    Salam Narti Surabaya

    • Yang dimaksudkan metode homeschooling itu seperti apa mbak? Metode Homeschooling itu sangat banyak variasinya tergantung visi pendidikan keluarga. Tapi intinya adalah keterlibatan aktif keluarga dalam proses pendidikan anak.

  7. esti nugraheni says:

    dear pak aar,

    anak saya baru masuk.sd,tpi baru 2 minggu skolah dya sudah.tdk.mau.skolah lagi,,kalau.saya mau.menerapkan.tata cara home scholling gimana caranya krn asli saya buta skali ttg metode ini,utk buku panduannya yg bisa disesuaikan.dgn kurikulum skg ini,saya harus berpatokan dgn buku panduan spt apa? mohon sugestnya

    terimakasih

Tinggalkan komentar Anda

*