Berapa biaya homeschooling?

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan tentang berapa biaya homeschooling. Ada dua kemungkinan maksud dari pertanyaan tentang biaya homeschooling itu:

Pertama, orang yang bertanya tersebut kemungkinan menganggap homeschooling itu seperti sekolah, jadi dia menanyakan biaya mendaftar & biaya bulanan homeschooling.

Kedua, orang ingin tahu berapa biaya yang kami keluarkan untuk proses homeschooling di keluarga kami.

dollars-books

(c) graemereynolds

***

Homeschooling adalah keluarga bukan lembaga

Untuk penanya pertama, saya ingin menjelaskan bahwa yang disebut homeschooling adalah keluarga yang menjalani pendidikan sendiri untuk anak-anaknya. Jadi, homeschooling adalah sebutan untuk keluarga, bukan lembaga.

Lalu, bagaimana dengan iklan dan promosi lembaga-lembaga pendidikan yang menyebutkan diri homeschooling dan marak di mana-mana? Menurut pengetahuan saya dari membaca literatur & mencermati homeschooling di berbagai penjuru dunia, tak ada lembaga yang disebut homeschooling. Namanya saja sudah memakai kata “home”, jadi proses utamanya tentu saja di rumah. Kalau menitipkan anak pada sebuah lembaga (sistem & profesional), maka sebutannya adalah sekolah.

Untuk lembaga-lembaga yang kegiatannya masuk beberapa hari dalam seminggu dan menjalani proses yang tak seketat sekolah, sebutan yang lebih tepat adalah flexy-school, sekolah fleksibel. Jadi, dia adalah sekolah, tak lebih fleksibel. Posisinya berada di antara sekolah dan homeschool.

Untuk lebih jelasnya, silakan baca: school, homeschool, & flexi-school

***

Biaya homeschooling = fleksibilitas

Karena homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga, biaya yang dikeluarkan oleh keluarga untuk menjalani homeschooling sangat bervariasi. Menanyakan biaya homeschooling serupa dengan menanyakan biaya makan setiap bulan; antara satu keluarga berbeda dengan keluarga lain.

Biaya homeschooling sangat tergantung pada program yang dirancang oleh keluarga untuk anak-anak, juga tergantung pada resource yang digunakan untuk proses belajar. Komponennya bisa berbeda-beda pada setiap keluarga.

Untuk keluarga yang sering melakukan kegiatan keluar, mungkin biaya terbesarnya adalah biaya transportasi. Untuk keluarga yang berbasis internet, mungkin biaya terbesarnya adalah biaya berlangganan program belajar online. Untuk keluarga yang banyak menggunakan klub/kursus, biaya terbesar bisa pada biaya kursus.

Jadi, biaya homeschooling sangat fleksibel; sesuai program pendidikan yang dirancang orangtua dan kemampuan finansial orangtua.

***

Biaya Homeschooling bisa mahal atau murah

Karena fleksibel, maka biaya homeschooling tak bisa dibandingkan antar satu keluarga dengan keluarga lain. Biaya homeschooling bisa menjadi mahal ketika:

  • banyak menggunakan lembaga eksternal yang bersifat khusus, misalnya: guru privat untuk setiap bidang yang ingin dipelajari, kursus/les, dan sejenisnya.
  • membeli produk-produk kurikulum dan materi siap pakai buatan luar negeri.
  • melakukan kegiatan outdoor yang membutuhkan biaya transportasi besar.
  • pembelian materi-materi belajar, baik fisik maupun digital, yang tidak bijaksana dan melebihi kebutuhan yang digunakan anak.

Tapi biaya homeschooling juga bisa sangat murah ketika:

  • menggunakan materi-materi yang dimiliki dan ada di sekitar rumah.
  • menggunakan buku-buku bekas (yang penting materinya kan, bukan baru atau bekas).
  • berbagi resource dengan praktisi homeschooling lain.
  • menggunakan materi internet (misalnya: membership atau printable) yang bisa digunakan banyak anak sekaligus
  • menggunakan kreativitas untuk menggunakan materi-materi gratis yang ada di Internet.

Sekali lagi, isu dalam biaya homeschooling bukan mahal atau murah, tetapi fleksibilitas pembiayaan. Seberapapun biaya yang dikeluarkan oleh keluarga, semuanya digunakan sepenuhnya untuk kepentingan proses belajar anak. Penghematan juga dilakukan karena biaya-biaya tetap (fixed cost) seperti biaya gedung, seragam, pemeliharaan fasilitas bisa ditiadakan. Keluarga hanya membayar sesuai dengan fasilitas yang dipakai (pay as you go).

***

Biaya homeschooling keluarga kami

Sebenarnya agak susah menghitung berapa biaya homeschooling di keluarga kami. Sebab, kami sangat banyak memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah. Sebagai contoh, kami memaksimalkan Internet karena pekerjaan kami banyak berhubungan dengan Internet. Internet bukan hanya digunakan untuk bekerja, tetapi juga digunakan secara maksimal oleh anak-anak untuk proses homeschooling mereka. Jadi, anak-anak mendapat fasilitas Internet “gratis” karena biaya Internet itu sudah masuk dalam biaya pekerjaan kami.

Karena kami banyak menggunakan Internet untuk proses belajar anak-anak, kami berlangganan materi belajar online. Materi belajar online yang kami gunakan berganti-ganti sesuai kebutuhan. Yang relatif permanen adalah IXL Math, Mark Kistler Live (untuk Tata), dan Reading Eggs (untuk Duta). Sesekali kami membeli apps pelajaran untuk iPad, misalnya: iTooch untuk proses belajar bahasa Inggris.

Biaya terbesar dalam proses homeschooling kami saat ini adalah kegiatan eksternal/outdoor, baik biaya kursus maupun transportasi. Anak-anak belajar di luar rumah 3 kali seminggu: renang, basket, tenis, gym, taekwondo, yoga, street jazz, dll. Untuk semua kegiatan itu, biayanya sekitar 350ribu/bulan/anak. Ini “paket murah” karena kebetulan kami mendapat program promo & sibling-discount.

Yang mahal sebenarnya adalah “opportunity cost”. Kehadiran orangtua yang mendampingi proses belajar anak-anak adalah biaya tak terlihat dalam proses homeschool. Tapi, dalam kasus kami, itu ย tak menjadi biaya lagi karena kami sudah menemukan pola bekerja dari rumah dengan menggunakan Internet.

Jadi, secara total biaya homeschooling di keluarga kami pada saat ini (2014) kurang lebih sekitar Rp 700 ribu – 1 juta/bulan/anak. Itu sudah all-in, termasuk biaya alat tulis, transport, percobaan, masak, craft, dll. Biaya ini berfluktuasi tergantung jenis kegiatan yang kami lakukan.

Mahal atau murah? Dibilang murah, tidak juga. Dibilang mahal, tergantung perbandingannya. Biaya ini tergantung kualitas pembelajaran, jenis kegiatan, dan kota tempat tinggal kita.

Untuk ukuran Jakarta, biaya ini masih lebih murah daripada biaya sekolah swasta pada umumnya di mana rasio guru/muridnya kecil. Apalagi dibandingkan sekolah internasional. Tentu saja, biaya itu terasa lebih murah lagi karena kami tak harus mengeluarkan uang pangkal atau uang gedung tahunan.

Sebagai perbandingan, berikut ini infografik biaya sekolah swasta dan sekolah internasional di Jakarta tahun 2014 menurut data Detik.com.

Pendaftaran_SD_Internasional_Infografis_Detiknews-1

(c) Detik.com

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Apakah Ada web HS tuk SMU seperti rumah inspirasi? Trims

  2. Ko’ gak enaknya dengan nama Home edukasi……..

  3. bagiku keluargaku mungkin itu cukup mahal, tp harga biasanya mempengaruhi kualias dari apa yang diperoleh

    • Isu dalam homeschooling memang bukan mahal atau murah. Karena tak harus membayar uang gedung, SPP, buku baru setiap tahun, biaya homeschooling bisa sangat fleksibel mengikuti kondisi keuangan keluarga. Biaya yang kami sebutkan itu adalah kondisi kami tahun 2014. Di tahun-tahun sebelumnya, biaya kami jauh lebih murah karena melakukan sedikit kegiatan keluar dan memanfaatkan sarana yg ada di rumah dan sekitar rumah.

      • fentihandriani says:

        Brp lama waktu yg di perlukan utk salesaikan SD, SMP, SMA, thanks.

        • Utk sistem di Indonesia, proses akselerasi (SMP/SMA) syaratnya adl usia ijazah 2 tahun dan IQ>130. Kalau mau cepat tanpa batas usia, ikut saja ujian Cambridge IGCSE atau A Level.

  4. Bagivinfo dunk, apa aja y bsa qt berikan pelajatanbuntuk anak 4 tahun. Pljaran hs untuk ank 4 yahun. Thanks

  5. Kalo tidak ikut lembaga apa pun, bagaimana anak HS daftar ujian (sy sekarang tinggal di gorontalo)? Kalo ikutlembaga kan, tinggal dateng, trus ujian, beres. Tapi uang pangkal salah satu lembaga di jogja 6,5jt per anak, belajar sendiri di rumah. Kalo mau pendampingan long distance via skype 3 jam per minggu, bayar lagi 1,3jt per bulan. Mahal sekali bukan? Saya tinggal di gorontalo, cari tempat kursus unt mengembangkan bakat sulit (belum nemu), solusi nya bagaimana ya

    • Proses ujian Paket melalui PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) mbak. Di Gorontalo pasti ada. Kalau tidak tahu, bisa tanya ke Diknas setempat bagian PNFI (Pendidikan Non Formal – Informal): cari PKBM dan mau ujian Paket A.

  6. Oya, anak saya si kembar kls 5 dan adikny kls 4, shock sama pendidikan di gorontalo, sebelumnya sekolah di sekolah yg sangat ramah anak di Bandung

    • Mbak Melani, boleh tau sebelumnya di bandung sekolah di mana? Saya lagi cari sekolah yang ramah anak juga nih. Terima kasih

  7. Mas Aar, saya ingin bertanya. Saya punya anak kelas 2 SMA, tapi dia tidak terlalu bisa mengikuti pelajaran yang ada di sekolah biasa. Padahal dulu di SMP dia termasuk anak yang pintar dan selalu mendapatkan nilai yang memuaskan. Memang dulu dia masuk SMP swasta. Setelah masuk SMA negeri, dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ditambah faktor masalah keluarga yang sedang kami hadapi. Mungkin dia dalam masa stress sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah. Lalu menurut bapak bagaimana apakah saya harus meng-homeschooling-kan anak saya? Lalu bagaimana cara-cara yg baik untuk memulainya? Terimakasih

    • Mbak Neneng,
      Secara umum, sangat mungkin HS menjadi solusi. Yg perlu dilakukan adalah kesiapan orangtua untuk memfasilitasi prosesnya. Sebelum HS hal yang perlu dilakukan adalah membaca materi tentang homeschooling agar Anda memiliki informasi yang cukup karena HS berbeda dengan sekolah. Ada baiknya juga bertemu dg keluarga2 praktisi HS untuk mendapatkan gambaran lapangan ttg praktek HS.

  8. elis rahma says:

    Sangat tertarik dgn metode homeschooling ini, saya belum punya anak, tapi sudah mrrencanakan homeschooling untuk pendidikan anak2 saya kelak. Mohon info yg lebih banyak lagi ya…. ๐Ÿ™‚

  9. Terima kasih atas inspirasi dan infonya, Mas. Sangat berguna. Saya bookmark blognya. Nanti dibaca-baca lagi dan mungkin mohon informasi bila kami butuhkan. Terima kasih.

  10. kalau ixl nya boleh tau biayanya tidak

  11. Salam kenal mas Aar, sy butuh info dari mas aar untuk HS dan ujiannya. yang ingin saya tanyakan apakah mungkin seandainya tahun ini ikut ujian paket B lalu tahun depannya ikut ujian paket C. Mengingat umur anak2 saya yang sudah lebih dari batas umur yang ditentukan. Saya sangat hargai untuk info balasannya, terima kasih banyak sebelumnya.

    • Untuk aturan saat ini tidak bisa mbak mbak. Paling cepat, ujian dilakukan 2 tahun setelah ujian. Pengecualiannya adalah usia sudah > 25 tahun.

  12. boleh minta contact info nya? thx

  13. Dariolla says:

    Dlm waktu dekat kita mau pindah ke indo,anak2 saya sdh menyelesaikan grade 12,grade 8,grade 7 n grade 4 disekolah international di LN,mohon keterangannya ttg home schooling yg lebih lanjut n saya ingin tau brp kisaran biayanya….thx

    • Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga, bukan seperti sekolah. Biaya yang dikeluarkan tergantung kegiatan belajar dan resource yg digunakan anak.

  14. nununk nurhasanah says:

    Anak q punya ketakutan ketika masuk sekolah bahkan aku sampai ke psikolog utk sharing ttg masalah anak ku ini sudah 1thn berlalu dia ttp takut utk melanjutkan sekolah nya aku sempat berpikir utk HS tp kami dr keluarga yg sederhana takut nya utk HS kami tdk mampu, brp kisaran biaya nya yg sebenarnya utk HS ya atau ada solusi yg laen

    • HS itu biayanya fleksibel sesuai kondisi keuangan orangtua. Yg lebih dituntut dalam HS adalah waktu dan komitmen orangtua.

  15. Ansyaad says:

    Mohon informasi tentang homeschooling. cucuk saya saat ini bersekolah disalah satu SMP suasta, akan tetapi, saat ini kliatannya sedang mengalami masalah disekolah karena, pertama; saya melihat ada problem diSMP itu sendiri, kedua; mengalami problem dikluarga (broken home). cucuk saya tersebut saya yakin tidak bodoh. buktinya sampai dengan kelas 3 SD disekolah tersebut berprestasi diatas rata rata, saya ingin pindahkan ke sekolah lain tapi keliatannya prosedur administrasinya terlalu rumit. saya sangat ingin cucuk saya tersebut mendapatkan pendidikan berkualitas dan ingin mengembalikan keadaan semula dimana anak tersebut periang, energic, dan berpotensi. mohon infromasi model pendidikan homeschooling seperti apa yang cocok. terima kasih.

  16. Homeschooling, apakah bisa digunakan untuk anak kemampuan belajarnya standar atau bahkan cenderung susah belajar? Atau hanya untuk anak yang IQ-nya diatas rata-rata? mohon pencerahannya…..

    • Homeschooling bisa dikustomisasi sesuai anak dan kondisi keluarga. Bisa utk anak gifted, anak biasa, atau anak berkebutuhan khusus.

  17. mohon info, kami pny rencana ut pindah ke hongkong ut bbrp tahun aja. ut HS d luar negri apakah bisa? ut ujian gmn? apa bisa lewat online. dan apakah ada ijasah nya ut melanjutkan ke jenjang lbh tinggi. makasih infonya

  18. Mutia Febrina says:

    Mas Aar mohon info bagaimana cara mendaftar untuk HS.Dan apa bolehd i info alamatnya untuk pendafataran.terimakasih

  19. Model pendidikan ini memang perlu kita coba, karena nampaknaya Model pendidikan ini sangat membuat enjoya anak-anak dan berdampak positif terhadap perkembangan anak dan ternyata model pendidikan homeschooling ternyata sudah jauh lebih lama dan lebih banyak diterapkan oleh orang tua di luar negeri untuk keberhasilan pendidikan anak-anaknya.
    Silahkan Bapak/Ibu cek juga di : http://homeschoolingnew.com/

  20. Ank sy ddk di kls 3 SD swasta, nilai UTS nya turun & sy ragu apakah dia bs mengikuti, krn 2 minggu ini sy ada konsul dg psikolog & dia menginformasikan kalau ank sy trmsk slow learner & menyarankan utk sklh inklusi, sy liat sklh inklusi hny SDN sdgkan swasta by sgt mhl, sy ingin memasukkan ank sy ke HS, pertnyan sy apakah rumah inspirasi ini ada tptnya yg bs km kunjungi, domisili km di sunter, kebetulan km mau mencoba HS di Klp Gdg, mohon infonya

  21. Ass.mualaikum mas aar,aar slm knal ya,saya mo tanya home schooling itu apakah bs nerima murid berkebutuhan khusus,anak sy br klas 1 sd negeri d cipinang muara jaktim,anak sy blm bs mengikuti pelajaran d sd bahkan sy kasihan liat anak sy mndapatkan nilai jelek,tp anak sy punya niat tuk skolah,sy sdh berusaha les privat tp hsl na nihil mas aar,bagaimana pndapat mas aar

    • Mbak Siti, homeschooling itu bukan seperti sekolah (lembaga yg menerima pendaftaran). Homeschooling diselenggarakan oleh orangtua dan bisa untuk anak apapun.

  22. kalau untuk sd, harus mendaftar kmn yaa
    sy blm jelas ttg sistematika uas atau uts nya

  23. Bisa kah anak saya masuk SMP yang biasa langsung kelas 8, jika di tahun pertamanya (kelas 7) ikut program homeschooling ?

    • Menurut aturan yang ada, proses penentuan kelas dilakukan berdasarkan placement test yang dilakukan di sekolah yang dituju

  24. Izin bertanya Pak, anak saya kls 1 SMA saat ini minat nya u kesekolah kurang karna dia tersinggung sm salah satu guru nya yg suka menyindir Pak . Saat ini anak saya lagi senang main game online jd minat belajar nya menurun. Yg ingin saya tanyakan apakah Homeschooling bs membantu mengembalikan rasa percaya diri nya tentang masa depan yg sudah sering di katakan Pak. Terima kasih

    • Homeschooling bisa atau tidak menjadi tools utk mengembalikan rasa percaya diri, tergantung pada karakter anak. Kalau anaknya tahu apa yang ingin diraihnya (mis: segera lulus dan ingin kuliah di jurusan tertentu) dan bisa belajar secara mandiri, maka homeschooling bisa memfasilitasi prosesnya karena anak tidak tergantung pada guru tertentu.

  25. Ranya Putri says:

    maaf pak saya mau tanya
    gini dulu saya sempat sekolah sampai SMP
    tapi pas saya mau masuk SMA saya berhenti karena kurang biaya tapi sekarang saya pengen banget masuk kuliah bisa gak ya pak dengan cara saya masuk homeshcolling saya dapt ijazah trus bisa lanjutin kuliah.?

    trimakasih

  26. dwisilasati says:

    anak saya skrg klas 4 sd d sklh negri sy ingin pindahkan ke home scholl kira skrg biayany brp?

  27. Saya ingin bertanya…
    Jika mengikuti homeschooling yg diadakan oleh orang tua, lalu untuk ujian paket A/B/C apakah harus mengikuti belajar di PKBM juga atau bisa langsung ikut ujian?

    • Pendaftaran ujian Paket A/B/C harus dilakukan melalui PKBM (minimal setahun sebelum ujian).

      • Pak Aar….. Kalau untuk dewasa umur 24 tahun apakah bisa mengikuti paket A lalu paket B dan kemudian paket C? Lalu brp lama waktu yg diperlukan untuk merampungkan semuanya itu?

        Terima kasih

        • Menurut aturan jangka waktunya 3 tahun utk setiap jenjang (dari SD ke SMP, dari SMP ke SMA). Tapi untuk orang dewasa, kemungkinan ada pengecualian. Bisa ditanyakan ke PKBM penyelenggara ujian mas.

  28. Nirma Yuliani K says:

    Kapan waktu untuk pendaftaran homeschooling di kota Bandung tingkat SMA ?
    Apakah bisa pindahan dari sekolah formal untuk ke home schooling ?

  29. Apabila kedua orang tua bekerja, apa masih mungkin anak bisa home schooling?
    Apakah rumah inspirasi menyediakan jasa pengajar untuk HS?

    • Kalau anaknya sudah besar & mandiri bisa. Kalau anaknya kecil, tergantung jenis pekerjaan orangtua karena intinya adalah manajemen waktu bersama anak.

  30. shinta ayu says:

    pak Aae says bagaimana sistem kerja Hs
    trims

  31. shinta ayu says:

    pak Aar hs itu apakah guru yang menumui kita dan memberikan kita materi ke rumah ?
    apakah hs itu ada pendaptarannya ?dan berapa biaya nya?

    • Mbak Shinta, HS bukan memindahkan sekolah ke rumah. Yang dilakukan orangtua adl menyiapkan anak2 menjadi pembelajar mandiri…

  32. M Zainal Arifin says:

    Pak Aar, minta izin mengambil artikel di atas untuk tambahan bahan liputan saya tentang homeschooling. saya wartawan dari media Tribun Jateng di Semarang. thank.

  33. Pak, kalau ikut ujian paket A itu nanti dapet STTB juga ngak atau cuma dapet hasil UN saja, soalnya ada beberapa sekolah yang mensyaratkan untuk tingkatan lanjutannya harus ada STTB

  34. saat ini anak saya usia 13:( bulan, saya berencana untuk memberikan homeschooling pada anak saya? apakah usianya efektif? mohon pencerahannya tentang homeschoolinh dari mana saya harus memulainya.

  35. Selamat siang, Rumah Inspirasi sama Club Oase identik kah?
    Atau memang satu visi dan sering beraktifitas bersama?
    Saya dan adik2 saya bergabung di Club Oase. Namun, ada rencana pindah ke Jogja. Bila memang sama dengan Clu Oase, bolehkah join ke Rumah Inspirasi ini?

  36. Taruli LG Sirait says:

    Sy berminat mengikuti program ebook nya..berhubung br sj memutuskan pindah ke daerah terpencil dr kota besar..sy khawatir pendidikan anak2 saya tertinggal..harapan sy dgn ikut program ini..anak2 bisa mempertahankan kualitas pendidikan sblmnya..bgmn cara?…tksh sblmnya

  37. Untuk info lbh lanjut ttg program ini bs hubungi kmn y? Trm ksh..

  38. Maharani says:

    anak saya berumur 9 thn, pak. sekarang duduk d kls 4. mslh nya anak saya minta sklh d rmh, klu boleh saya tahu biaya perbulan brp ?, klu mahal saya tdk sanggup. thanks

    • Sudah membaca artikelnya mbak? Homeschooling itu bukan seperti sekolah yg membayar SPP ke sebuah lembaga, tapi dijalani sendiri oleh keluarga. Biayanya sesuai kemampuan keluarga ๐Ÿ™‚

  39. Saya sudah lama tertarik dengan homeschooling tetapi saya single parent yg bekerja

  40. Illiyyin fajrina says:

    Sy berterimakasih sekali kpd pak aar yg bersedia membagi ilmux krn sy msh awam sekali dan bs dibilang tanpa dukungan klrg utk memulai HS utk anak2 sy, tp sy berniat bljr mempersiapkan diri sy dl sblm sy mengajar anak2 sy.

  41. Saya Masih belum faham soal hs, hs itu belajar di rumah dg didampingi ortu? Trus misal pakek guru private bisa?
    .
    .
    Ortu saya bilang sekolah itu harus di tempat yg favorit, sedanknlan saya tidak nyaman dg sekolah umum. Saya ingin ikut hs tapi tdk tqu metodenya.

    • @Zakhila: HS itu intinya adalah belajar mandiri (otodidak). Proses belajarnya bisa secara online, belajar sendiri, ngundang guru, ikut bimbel, dsb. Yang dipelajari bukan hanya mata pelajaran sekolah, tapi semua hal yang penting untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik

Tinggalkan komentar Anda

*