Belajar tanaman organik di AAA Organic Farm

Jalan depan rumah mulai ramai dengan kendaraan yang berlalu-lalang ke kantor saat kami berangkat kegiatan fieldtrip Klub Oase pada hari Rabu (24/9/2014). Jadwal berangkat yang direncanakan pada pukul 06.00 mundur karena ada saja hal-hal yang belum siap. Tujuan keberangkatan fieldtrip ini adalah AAA Organic Farm, sebuah kebun organik yang berlokasi di Gadog, Ciawi, Puncak Bogor.

Kami berangkat bersama keluarga Wahyu Andito. Jadi, ada 9 orang yang berangkat: aku, Lala, Andito, Nur, Yudhis, Tata, Duta, Oji, dan Yanthi. Anak-anak sejak pagi sudah excited menanti keberangkatan. Acara bangun pagi menjadi lebih mudah karena mereka tahu akan jalan-jalan ke Puncak.

Karena melawan arus, perjalanan kami yang langsung masuk tol Jagorawi berjalan lancar. Sementara mobil-mobil dari arah Bogor menuju Jakarta padat merayap berkilometer panjangnya, perjalanan kami menuju Ciawi berlangsung mulus lancar. Lokasi juga mudah dijangkau berkat petunjuk foto pak Rudy Erdiansyah yang menjadi pimpro untuk kegiatan fieldtrip ini.

AaaOrganic

Kebun Hidroponik & Organik

AAA Organic Farming adalah sebuah kebun organik pribadi. Kebetulan pak Rudy (salah seorang anggota Klub Oase) kenal dengan pemiliknya dan sedang menjalin kerjasama. Jadilah, Klub Oase mendapat kesempatan untuk kunjungan dan belajar. Menurut rencana, AAA Organic Farming akan membuka diri untuk umum dengan aneka kegiatan, antara lain kursus belajar bertanam organik/hidroponik.

Acara fieldtrip ini diikuti oleh sekitar 70 orang tua dan anak-anak. Selama fieldtrip, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, antara lain: penjelasan tentang hidroponik dan organik, melihat kebun, trekking (menyusuri kebun), dan melihat pemrosesan akhir hasil panen.

Di awal acara, kami mendapatkan penjelasan dari pak Tri, salah seorang karyawan AAA Organic Farming, mengenai proses dan seluk-belum bercocok tanam hidroponik. Setelah itu mulailah kami semua menyusuri kebun yang luas dan berkontur naik-turun.

AAA Organic Farm-01

Ada bermacam-macam jenis tanaman yang ditanam di kebuh AAA Organic Farming, mulai selada merah, butterhead lettuce, lollo rosso lettuce, selada keriting, kangkung, dan lain-lain. Setiap memiliki satu bidang area sendiri. Ada yang ditanam menggunakan metode hidroponik, ada yang ditanam di tanah secara organik. Di setiap lokasi, pak Tri memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kami.

AAA Organic Farm-02

Karena areal AAA Organic Farming sangat luas dan berkontur-kontur, kami semua berjalan mengelilingi kebun seperti naik turun bukit. Terkadang melewati lembah, juga rimbunan bambu di sekitar, kadang jalan menanjak dengan sungai atau “jurang” di sisi jalan.

Walaupun cuaca panas terik, anak-anak tak berhenti bermain dan berkegiatan. Mereka berlarian tanpa henti, berkejar-kejaran dan bermain “parkour”.

Acara fieldtrip ini diakhiri dengan melihat bagian packing sayuran. Inilah saat para ibu memborong sayuran organik dengan harga murah, diskon lebih dari 50% dari harga di supermarket.

AAA Organic Farm-03

Fieldtrip Klub Oase

Klub Oase adalah komunitas keluarga yang sering melakukan kegiatan bersama. Walaupun tak membatasi keluarga homeschooling, sebagian besar anggotanya adalah keluarga praktisi pendidikan rumah. Kegiatan Klub Oase merupakan sarana sharing, berjejaring dan kegiatan sosialisasi anak-anak homeschooling.

Klub Oase menyelenggarakan kegiatan berdasarkan kesepakatan para anggotanya. Selain kegiatan pramuka 2 minggu sekali, ada kegiatan2 lain sesuai kesepakatan seperti field trip ini.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. keren artikelnya, yuk mampir juga blog ane yang khusus organik 🙂

  2. bisa bantu dikirim untuk contact personnya?

  3. Saya tertarik dengan penelitian terhadap permintaan sayuran organik di Kota Bogor, tetapi saya kesulitan memperoleh data gambaran peningkatan permintaan sayuran organik di Kota bpgor saat ini karena data sayuran organik sendiri belum tercatat secara statistik dengan baik. Apakah Bapak memiliki data tersebut? Dan bagaimana kira-kira saya dapat memperoleh data tersebut? Mohon bantuannya Pak.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close