Belajar pemrograman bersama-sama #OneHourCodeINA

Khan Academy mengumumkan bahwa bulan Desember ini sedang diselenggarakan kegiatan belajar pemrograman (coding). Istilahnya adalah #OneHourCode.

Steve-Jobs
Kegiatan ini tujuannya adalah memperkenalkan anak-anak dengan teknologi, khususnya dunia pemrograman. Dengan belajar pemrograman, anak-anak tidak hanya mengenal komputer sebagai dunia game dan konsumsi, tetapi mereka belajar menjadi kreatif dan membuat hal-hal yang bermanfaat.

Dengan menguasai pemrograman, anak-anak bukan hanya bisa membuat game. Mereka bisa membuat website dan aplikasi-aplikasi keren sesuai keinginan mereka. Bahkan, jika anak-anak tidak ingin bekerja di dunia teknologi, keterampilan pemrograman akan membantu mereka berfikir kreatif, sistematik, dan berorientasi solusi.

Kegiatan ini diperuntukkan anak-anak usia 8 tahun ke atas. Kalau ada anak-anak di bawah usia 8 tahun yang bisa mengikutinya, tentu saja itu tak menjadi masalah.

 

One Hour Code di Indonesia #OneHourCodeINA

Untuk mendorong anak-anak belajar tentang teknologi, Rumah Inspirasi ingin mengajak para guru dan orangtua untuk terlibat dalam kegiatan “Belajar Pemrograman 1 Jam” atau One Hour Code. Khusus untuk Indonesia, hashtag-nya adalah #OneHourCodeINA

Kegiatan ini bisa dilakukan di kelas, komunitas, atau di rumah. Materi untuk kegiatan #OneHourCodeINA akan menggunakan materi yang ada di Khan Academy:

Ada tiga jenis kegiatan belajar pemrograman. Anak-anak dipersilakan memilih salah satu kegiatan yang mereka inginkan. Jika sudah selesai, mereka bisa mencoba yang lain dan meneruskan materi-materi yang lebih mendalam.

Tiga jenis kegiatan itu adalah:
1. Hour of Drawing with Code, Javascript
2. Hour of Webpages, HTML/CSS
3. Hour of Databases, SQL

Bentuk Kegiatan #OneHourCodeINA

Bill-Gates

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dalam #OneHourCodeINA.

a. Belajar #OneHourCodeINA sendiri di rumah

Anda bisa mendampingi anak untuk menonton video belajar pemograman yang ada di Khan Academy dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam video belajar tersebut.

Resource belajar untuk orangtua tersedia di sini: https://www.khanacademy.org/computing/hour-of-code/hour-of-code-for-teachers/a/using-hour-of-code-with-your-child

b. Belajar #OneHourCodeINA di sekolah

Jika Anda guru, Anda bisa mengajak siswa Anda untuk mengikuti kegiatan ini bersama-sama dengan komputer yang terhubung di Internet.

Resource untuk para guru tersedia di sini: https://www.khanacademy.org/computing/hour-of-code/hour-of-code-for-teachers/a/using-hour-of-code-in-your-classroom

c. Belajar #OneHourCodeINA bersama Klub Oase

Kami mengundang anak-anak Klub Oase yang ingin belajar bersama pada hari Rabu (17/12) pukul 10.00-12.00 di Rumah Inspirasi. Bagi anak-anak yang datang langsung untuk belajar bersama, mereka harus membawa laptop. Koneksi Internet melalui wifi tersedia gratis.

Saya akan memberikan pengantar kegiatan ini. Dalam kegiatan #OneHourCodeINA ini, kegiatan belajar bersama akan didampingi oleh Yudhis dan Tata yang sudah belajar secara khusus mengenai materi ini.

Kegiatan #OneHourCodeINA ini juga bisa diikuti dari rumah masing-masing. Kegiatan akan dilakukan secara online dalam bentuk webinar menggunakan platform Wiziq. Jika ingin melakukan kegiatan belajar bersama, silakan melakukan pendaftaran ke support@RumahInspirasi.com. Hari Rabu pagi kami akan kirimkan undangannya.

Kegiatan #OneHourCodeINA ini gratis.

Berikut ini jadwal kegiatan belajar #OneHourCodeINA bersama Klub Oase pada hari Rabu (17/12)

1. Hour of Drawing with Code, Javascript (usia 8+) => 10.00 – 12.00
2. Hour of Webpages, HTML/CSS (Usia 8+) => 11.00 – 12.00
3. Hour of Databases, SQL (Usia 12+) => 11.30-12.00

UPDATE: berdasarkan diskusi dengan Yudhis malam ini pada saat mempersiapkan materi, acara belajar bersama #OneHourCodeINA hanya akan membahas proses belajar Javascript supaya proses belajarnya lebih nyaman dan lapang.

 

Dokumentasi Kegiatan #OneHourCodeINA

Jika Anda terlibat dalam kegiatan #OneHourCodeINA ini, jangan lupa untuk mendokumentasikannya. Caranya, fotolah anak Anda yang sedang belajar. Posting foto tersebut di Facebook atau Twitter dengan hashtag #OneHourCodeINA.

Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa menjadi langkah dan benih yang baik untuk anak-anak Indonesia di bidang teknologi.

Jika Anda suka gagasan ini, Anda bisa membantunya dengan mempromosikan kegiatan ini di Facebook atau Twitter Anda.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Keren ilmu2nya… Semoga Mas Aar dan Mba Lala selalu sukses dlm menebar ilmu2 positive.. Trimakasih Mba Lala dan Mas Aar…

  2. Pertama kali kenal bunda lala sekitar 4/5 tahun yang lalu… dengan karya karyanya di bidang musik.. salah satu lagunya yang suka saya pakai adalah mandi sama bu lala… dan saya waktu itu download hampir semua lagu lagu bunda lala.

    Lalu kenal dengan mas Aar lewat web rumahinspirasi.. yang sungguh luar biasa menginspirasi.. saya tidak punya kata lain selain luarbiasa dan spektakuler untuk rumah inspirasi…

    Tiba tiba loooh kok ada nama Mira Julia… hhehehe ternyata bunda lala istrinya mas aar…
    luar biasa.. jadi duta, tata dan mas yudhis putra putri dari pasangan luar biasa mas aar dan mba lala…

    Saya memang hanya seorang ibu yang suka membaca.. suka sekali.. beberapa kali saya mendaftarkan diri ke webinar mba lala juga kepingin ikutan kegiatan kluboase namun selalu ada halangan untuk terjun dan nyeburrr..

  3. Keren… anakku jadi suka belajar code. waktu seminar game untuk belajar pengen photo bareng tapi pulang cepat karena ada acara lain. Saya seneng banget bisa belajar banyak di rumah inspirasi. Makasih Mba Lala dan Pak Aar.

Tinggalkan komentar Anda

*