Belajar Menggambar dengan Aplikasi di iPad

Menurut teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelelligences), salah satu cara mengenali jenis kecerdasan anak adalah dengan mengamati kegiatan yang dilakukan anak saat waktu luang.

Nah, menggunakan pendekatan sederhana itu, salah satu jenis kecerdasan Tata adalah kecerdasan visual. Sebab, diantara waktu-waktu senggangnya, Tata sangat sering menggunakannya untuk menggambar. Pada awalnya gambar yang dibuatnya di kertas. Kemudian dia menggunakan iPad milik Lala (ibunya). Dan kemudian Tata menikmati proses menggambarnya di iPad.

Proses belajar itu berlangsung tidak terstruktur, otodidak. Tata menggunakan tutorial semacam Drago Art sebagai sumber proses belajarnya. Tapi lebih sering dia menggambar sendiri sesukanya. Maunya gambar suka-suka dan untuk hal ini Tata agak susah diberi tahu. Mungkin memang dasarnya seniman, hehehe… Untunglah dia menuruti saran ibunya agar mendokumentasikan proses menggambarnya dengan membuat screenshot proses menggambar yang dilakukannya.

O iya, untuk proses menggambar ini, Tata pernah menggunakan aplikasi menggambar Sketchbook Pro. Sekarang Tata lebih suka menggunakan aplikasi Adobe Ideas.

Menggambar di iPad

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Adobe Ideas berguna banget ya buat menggambar.

  2. Terimakasih…akhirnya rumahinspirasi update kembali setelah beberapa hari tidak bisa saya akses. Ternyata rumahinspirasi merubah tampilannya, Menjadi semakin baik.

  3. kalau yang ngga di ipad, aplikasinya apa ya mba/mas?

Tinggalkan komentar Anda

*