Belajar membuat film di HHK

Hari ini (Sabtu, 15/5/2010) ada acara fieldtrip (belajar bersama) para anggota milis SekolahRumah di studio film Happy Holy Kids (HHK). Buat yang belum tahu, HHK adalah salah satu program mata acara di stasiun tivi “Spacetoon” yang mengkhususkan diri pada acara anak-anak.

Overall, acaranya asyik dan sangat menyenangkan buat anak-anak. Anak-anak belajar banyak mengenai proses produksi sebuah acara TV dan terlibat langsung dengan berbagai kegiatan di sana.

Smile.... you're on camera

😐

Terima kasih pertama kali saya kepada mbak Holy Sie yang mengundang acara ini, walaupun pada hari H-nya mbak Holy tak bisa hadir karena ada acara keluarga. Kami sendiri terlambat sekitar 15 menit dari jadwal yang ditentukan, yaitu 08.30. Walaupun petunjuk sudah jelas yaitu keluar melalui pintu tol terakhir, kami salah jalan mengambil pintu keluar BSD City. He..he.. keder.. maklum sudah lama tidak keluar rumah dan sama sekali tidak mengenal daerah BSD.

Akibatnya harus bertanya-tanya sepanjang jalan; mencari belokan kanan ke arah Muncul, mencari perempatan Viktor untuk belok kanan ke arah studio Happy Holy Kids (HHK).

Sampai di sana, acara sudah dimulai. Anak-anak berkumpul di lantai dua dan mendengarkan presentasi yang menyenangkan dari Kak Tardi dan Kak Ica mengenai proses pembuatan film. Setelah itu, anak-anak dibagi dua kelompok untuk bergantian masuk ke ruang pengambilan suara dan dubbing. Di sana, anak-anak menyanyi bersama (dan ada juga yang berani menyanyi sendiri). Di ruang suara, anak-anak belajar bahwa suara mereka bisa diubah menjadi suara kecil (seperti tikus) atau suara besar (seperti raksasa) dengan software untuk musik yang namanya Nuendo. Acara ini dipimpin kak Andi.

Sementara, kelompok yang lain lomba mewarnai. Kertas gambar dan pensil warna disediakan oleh HHK. Tiga yang terbaik mendapat hadiah majalah dan voucher dari HHK. Setelah acara presentasi, belajar mengisi suara, dan lomba menggambar, anak-anak beristirahat sebentar.

Setelah istirahat, ada panggung boneka. Anak-anak melihat atraksi panggung boneka sambil belajar bagaimana panggung boneka itu diadakan.

Setelah panggung boneka, acara dilanjutkan dengan sulap. Wah.. anak-anak tertawa terus sepanjang acara sulap ini. Mereka berbahagia dan terlihat semakin nyaman dengan tempat baru dan teman-teman baru mereka.

Terakhir, acara adalah mengunjungi ruang property dan syuting HHK yang berada di belakang dan bentuknya besar seperti hanggar pesawat. Di dalamnya, banyak property untuk persiapan syuting dan ruang-ruang bersekat tempat syuting. Anak-anak kemudian syuting video klip di salah satu panggung.

Acara yang berlangsung hingga pukul 11.45 ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari HHK yang diwakili kak Ica dan diterima Lala sebagai wakil dari milis Sekolahrumah.

πŸ˜›

Sudah lama sekali tidak fieldtrip milis sekolahrumah, rasanya senang dan bahagia. Anak-anak juga terlihat senang dan menikmati. Cuma karena koordinasi yang minim, interaksi diantara para keluarga terasa kurang. Saya sampai tidak sempat ngobrol dan berkenalan yang enak dengan teman-teman yang hadir.

Belajar membuat film bersama Happy Holy Kids Hari ini banyak dapet temen baruu... ^_^

Foto selengkapnya kegiatan ini bisa dilihat di sini

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. BudiTrikorayanto says:

    Menarik sekali. Kalau gak salah HHK itu binaannya Ir. Jarot dari GBI.
    Semoga pak Aar dan para pesekolahrumah bisa memiliki slot acara yang menarik di stasiun tv lain, di prime times. Sehingga ada acara yang cukup pantas ditonton anak-anak selain: berita serem, sinetro tidak logis, filem dengan nilai2 ngawur.
    i34

    • Saya tidak kenal pribadi dengan pak Jarot, tapi kalau lihat websitenya HHK, direkturnya kelihatannya pak Jarot. Saya sih sampai saat ini tak terpikir untuk punya acara di TV. Saya malah berharap semoga pak Budi dan teman2 Pelangi bisa punya acara di TV sehingga bisa memberikan pencerahan untuk pendidikan Indonesia.. πŸ™‚

  2. Pak aar bisa minta alamat surel dan kontaknya..? Mohon dikirim via email ya pak.

Trackbacks

  1. […] yang pernah pergi ke Studio Boneka HHK berharap filmnya bisa ditusir dan diolah (diganti latar belakang & diisi suara tambahan) […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close