Belajar Memasak Spaghetti

Belajar MemasakBelajar memasak adalah sebuah kegiatan belajar yang cukup sering kami lakukan di rumah. Kami memperlakukan kegiatan memasak sebagai sebuah kegiatan “serius” dalam artian sering diulang-ulang. Kami melihat banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan belajar memasak.

Juga, belajar memasak adalah tentang ketrampilan (skills). Ketrampilan membutuhkan latihan. Latihan akan membuat sempurna, practice makes perfect.

Kegiatan belajar memasak hari ini adalah memasak spaghetti.

Tata ikut belanja ke Giant bersama ibu Lala, kemudian mulai ikut memasak. Dia menyiapkan semua bahan-bahan, sementara Yudhis bertugas mengaduk spagheti di panci.

Yang membedakan antara belajar memasak hari ini dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya adalah anak-anak semakin terampil memasak. Keterampilan memasak ini bukan sebuah prestasi yang melompat, tetapi seperti menaiki tangga-tangga yang berjenjang.

Tak ada pembicaraan khusus yang disebut “belajar” dalam proses belajar memasak kali ini. Yudhis dan Tata hanya menjalani saja proses yang biasa mereka lakukan. Sesekali bertanya untuk memastikan bahwa yang dilakukannya benar. Sesekali diperintah dan diingatkan agar melakukan tugasnya lebih baik dan lebih sempurna.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Salam kenal mbak, wah asyik ya memasak sama anak-anak. Bisa melatih anakn untuk mandiri.

  2. Katniss says:

    waaw bagi bagi dunk resepnya πŸ˜€

Tinggalkan komentar Anda

*

Close