Belajar matematika Menyenangkan dengan MathBlock & MathQuest

Beberapa waktu yang lalu, kami mendapat keberuntungan karena kedatangan tamu jauh dari Bandung, kang Aye atau nama lengkapnya Anggayudha Ananda Rasa.

Beliau adalah seorang pencipta alat peraga pendidikan yang juga salah seorang founder Science Factory. Hari itu kami mengobrol santai tentang dunia pendidikan matematika dan sains. Sambil mengobrol, kang Aye menunjukkan dua karya Science Factory, yaitu MathBlock dan MathQuest yang sedang dikembangkannya bersama teman-temannya.

MathBlock: Balok Permainan Matematika

MathBlock

Begitu MathBlock dibuka, Duta dan Oji langsung mengerumini kami dan tak sabar untuk memainkannya. MathBlock berisi balok-balok kayu aneka warna yang ada tulisan angka-angkanya. Balok ini menjadi sarana untuk belajar matematika melalui permainan. Alat ini bisa dimainkan sendiri atau beberapa orang, dengan panduan fasilitator/orangtua yang memandu anak-anak berkegiatan.

Sebagai penggemar balok Lego, Duta langsung tertarik dengan MathBlock. Tanpa menunggu instruksi, mereka langsung membuka MathBlock dan berkreasi membuat rumah-rumahan dari balok tersebut. Pelajaran matematika baru menyisip belakangan setelah mereka menikmati baloknya.

Melihat anak-anak bersemangat, kang Aye kemudian mengajak Duta, Oji dan Tata melakukan permainan menggunakan MathBlock. Bersama dengan balok, memang ada dadu dan kartu-kartu yang bisa digunakan untuk permainan. Aku hanya memperhatikan mereka bermain balok dengan alat bantu dadu dan kartu yang sudah ada itu.

MathQuest: Tebak-tebakan Matematika

MathQuest-s

Selain membawa MathBlock, kang Aye juga membawa MathQuest. Kalau MathQuest ini diperuntukkan anak yang lebih besar dan bisa digunakan untuk belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

MathQuest terdiri atas dua papan dan kotak-kotak kecil berisi angka dan operator matematika (tambah, kurang, bagi, kali, sama dengan). Cara memainkannya adalah seperti membuat tebak-tebakan atau TTS (teka-teki silang) matematika.

Konsepnya menarik dan menyenangkan. Tata langsung suka dan bersemangat mengajakku untuk memainkan tebak-tebakan matematika menggunakan MathQuest.

***

Sebagai orangtua dan praktisi pendidikan, aku senang dengan inisiatif seperti yang dilakukan oleh Science Factory ini. Kita membutuhkan kreativitas, ide, dan sarana-sarana belajar agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan anak-anak berlangsung dengan menyenangkan. Harapannya, kalau proses belajar berlangsung menyenangkan, anak menjadi cinta dengan pengetahuan dan menjadi pembelajar yang sejati. Belajar bukan hanya menjadi kewajiban dan tugas, tetapi memang dibutuhkan dan dilakukan dengan suka cita.

Menurut cerita kang Aye, produk ini sudah mulai digunakan di beberapa sekolah dan oleh orangtua. Beberapa media massa juga sudah membuat review dan liputan, antara lain harian Media Indonesia. Salah satu masukanku kepada kang Aye dan tim Science Factory mengenai dua produk itu adalah agar tim Science Factory memperbanyak contoh tentang penggunaan MathBlock dan MathQuest untuk memberikan ide kepada orangtua/guru yang ingin menggunakannya sebagai alat belajar matematika yang menyenangkan.

Kepada mas Aye, aku minta diskon khusus untuk para pembaca Rumah Inspirasi yang tertarik untuk membeli produk ini. Dan… setelah berdiskusi dengan tim, mereka setuju untuk memberikan diskon 10% bagi siapapun yang ingin membeli produk MathBlock dan MathQuest.

Syarat Mendapatkan Diskon:

  • Silakan menghubungi Science Factory Bandung via mbak Lia di 082240435314
  • Sebutkan Anda sebagai pembaca Rumah Inspirasi, maka Anda berhak mendapatkan diskon 10%
  • Diskon ini berlaku hingga 30 November 2014

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Kami mencoba belajar matematika menyenangkan dengan dadu 12 sisi. Dadu ini untuk belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dadu ini untuk mengatasi kekurangan dadu 6 sisi yang teridiri dari angka 1 sampai 6. Dengan dadu 12 sisi perkalian bisa langsung 1 sampai 10. Dadu ini mudah dibuat dari bangun datar segilima yang digabung dengan lem. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di profesorcilik.wordpress.com

Tinggalkan komentar Anda

*

Close