Belajar Listening & Comprehension

Dalam proses belajar bahasa Inggris yang dilakukan oleh Yudhis, biasanya kami menggunakan materi Raz Kids. Sampai saat ini Yudhis sudah sampai di level P. Kata Yudhis, level pusing, hehehehe… Materinya semakin panjang dan semakin sulit.

Untuk menghindari kejenuhan dalam proses belajar, minggu lalu kami mencoba proses belajar yang lain. Kami ingin Yudhis belajar dan melatih pendengaran dan pemahamannya.

Caranya, kami minta dia untuk mendengarkan video-video pendek berdurasi sekitar 3 menit, kemudian kami minta dia untuk mengartikan narasi yang didengarnya.

Sumber video yang kami gunakan adalah “How Stuff Works“. Yudhis memilih sendiri video yang ingin didengarnya. Kemudian dia menuliskan pemahamannya dan mempostingnya di blog Dunia Yudhis.

Kegiatan ini dilakukannya 3 kali seminggu. Minggu lalu, Yudhis sudah menyelesaikan tiga video:

 

***

Semoga proses belajar ini dapat meningkatkan kemampuan listening & comprehension Yudhis.

Mudah-mudahan Yudhis suatu saat nanti bisa menggunakan video-video belajar seperti yang ada di Khan Academy sebagai materi belajar mandirinya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*