Belajar Kreativitas dengan Balok Lego

Sebagai stimulasi proses belajar kreativitas pada anak, satu hal yang paling sering kami lakukan adalah menyediakan materi-materi belajar yang bersifat “open ended”. Maksudnya, ketika anak melakukan kegiatan belajar, hasil akhirnya tidak bersifat tunggal, tetapi bisa bermacam-macam tergantung keinginan anak.

Contoh materi belajar kreativitas yang kami gunakan adalah aneka kertas (kertas putih, kertas origami, art paper, kertas sampul, dll), aneka pensil warna, spidol, kain velt, serta aneka balok, mulai balok kayu hingga balok lego.

***

Diantara materi belajar kreativitas yang disukai Duta adalah balok, baik balok kayu maupun lego. Duta suka membuat rumah, tangga, tower, dan kereta. Dari benda-benda yang dibuatnya itu, dia kemudian membuat cerita sendiri.

Dalam kegiatan belajar kreativitas, Duta kadang melakukannya sendiri. Tetapi, sering juga Duta melakukan kegiatan bersama Tata. Karena ada Tata yang kreatif, sadar atau tidak sadar Duta menjadi “terkatrol” ide-idenya kreativitasnya sebagai akibat melihat kegiatan yang dilakukan Tata.

Beberapa waktu yang lalu, Tata membuat aneka benda dari balok Lego. Tak mau kalah, Duta juga membuat benda-benda dengan balok Lego yang ternyata adalah bentuk angka, mulai satu hingga sembilan. Senang melihat proses belajar kreativitas yang dilakukan Duta.

Duta-lego-angka

 

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Joice Siagian says:

    Lego tuh penemuan yang paling keren. Berhubung saya tidak kreatif, Nemo anak saya yang umur 4,5 tahun saya masukkan ke Kursus Lego. hasilnya selama 6 bulan luar biasa. Thanks Kang Aar saya dapat inspirasi untuk belajar angka dan huruf buat Nemo. Selama ini dia sih bikin bangunan, spaceship gitu.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close