Belajar Kosakata dengan Letris 2

Dalam proses belajar yang kami lakukan di rumah, kami berusaha tidak memisahkan proses bermain dan belajar. Salah satunya adalah menjadikan gadget (iPad) sebagai alat untuk bersenang-senang sekaligus belajar. Selain mengisi iPad dengan game, kami banyak mengisi iPad dengan aplikasi edukatif dan tools untuk produktivitas.

Beberapa hari yang lalu, kami menemukan aplikasi Letris 2. Aplikasi ini adalah permainan bahasa untuk menambah kosakata (vocabulary). Selain digunakan sendiri, aplikasi ini bisa digunakan bersama-sama seperti board game sehingga bisa dijadikan sebagai pertandingan.

Letris 2

Letris 2 adalah pernikahan antara Tetris & Scrabble. Lengkapnya seperti video berikut:

***

Nah, yang terjadi di keluarga kami adalah menjadikan permainan Letris 2 seperti “lomba”. Jadi misalnya Abby vs Yudhis, yang kalah akan diganti dengan Tata (misalnya). Kalau Tata kalah lagi maka ganti bapak Aar, kalau kemudian Yudhis kalah dari bapak Aar maka Yudhis diganti aku. Jadilah aku vs bapak Aar. Terus seperti ini. Yang menang adalah yang paling lama bertahan.

Permainan ini mungkin terkesan amat sederhana, tapi percaya deh. Ini sangat menyenangkan dan efektif. Dari permainan ini, aku bisa mengukur seberapa banyak kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki anak-anak. Aku jadi tahu kalau Abby itu ternyata punya kosa kata yang banyak sekali. Anak-anak juga dengan cepat belajar banyak sekali kosa kata baru setelah memperhatikan aku dan mas Aar “bertarung”.

Belajar kosa kata ... eh bermain Letris ... ^_^

Mereka punya kepentingan untuk menghafal sebanyak-banyaknya kata baru supaya tidak cepat kalah. Dan yang paling penting dari semuanya adalah quality time & suasana gembira yang tercipta sepanjang permainan. Setelah bermain pun (di hari-hari selanjutnya) masih saja tersisa kata-kata baru (terutama yang terdengar lucu dan aneh) yang masih dibahaskan anak-anak.

Menyenangkan bukan? Aplikasi ini GRATIS pula. Unduh di sini 🙂

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*