Belajar Dasar Pemrograman di Code.org

Anak-anak sering memberikan kejutan. Itulah salah diantara hal yang selalu menyenangkan saat menjalani proses homeschooling bersama anak-anak. Ketika mereka merasa nyaman dengan dirinya, ketika ada sarana bagi mereka untuk eksplorasi, ketika cukup waktu luang untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai, kejutan-kejutan itu sering datang.

Beberapa hari yang lalu, kejutan itu diberikan oleh Tata. Siang hari saat aku sedang di depan komputer, tiba-tiba Tata mendatangiku dan bercerita bahwa dia hampir menyelesaikan proses belajar membuat program di code.org. Padahal, tak ada jadwal belajar pemrograman untuk Tata. Dia berinisiatif sendiri tanpa diminta atau dibujuk.

code

“Semua level sudah selesai. Tapi yang level 7 susah, aku nggak bisa!” kata Tata sambil menunjukkan hasil belajarnya. Aku ingin membantunya, tetapi karena tidak mengikuti prosesnya sejak awal, aku juga tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Karena gagal mendapatkan bantuanku, akhirnya Tata kembali ke komputer dan berusaha sendiri menyelesaikan proses belajar yang dimulainya sendiri.

Cukup lama Tata berusaha. Yudhis yang awalnya tak tertarik jadi ikut-ikutan mencoba program belajar di Code.org seperti Tata. Karena ada Sparring partner Yudhis, Tata menjadi makin bersemangat. Dan tiba-tiba dia berteriak kegirangan.

“I did it! I did it!” teriak Tata dengan gembira.

Aku menghentikan pekerjaanku sebentar dan kemudian menyambut teriakan Tata.

“Yay! Selamat ya Ta!” kataku sambil menghampirinya dan mengelus-elus kepalanya.

certificate-programming-Tata1

***

Menarik melihat perkembangan dan inisiatif Tata. Menarik pula melihat perkembangan code.org yang sangat pesat. Dibandingkan sekitar setahun yang lalu saat aku melihat Code.org, materi yang ada di dalamnya sudah banyak berubah. Bukan hanya semakin lengkap, tetapi proses belajarnya juga semakin mudah dan menyenangkan.

Materi-materi belajar di Code.org sangat membantu guru dan sesuai untuk orangtua yang ingin mengajarkan pemrograman dan proses membuat game/aplikasi pada anak-anak.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Congrats Tata! Kereen deh kamu.

  2. halooo…… mau tanya ttg homeschooling lewat email boleh ?
    anak sy punya cita cita jadi polisi..
    sy lihat di web persyaratan nya salah satunya tidak boleh lulusan paket A, B, C
    harus dari sekolah formal.
    bagaimana ya ? adakah solusi utk hal ini ?
    mengapa pemerintah atau peraturannya seperti itu, sedangkan paket ABC adalah legal dan sejajar dg sekolah formal ?

    thanks

    herry ( herry.dwinanto@yahoo.com )

  3. pihakkeamanan19 says:

    bisa dapet duit kagak bang kalau coding di code.org

Tinggalkan komentar Anda

*