Belajar catur melalui pertandingan catur online

“Pak, nanti kalau skorku 1300, aku dibeliin kebab ya?” tiba-tiba Duta mengajukan permintaan beberapa hari yang lalu.

Aku diam sejenak dan kemudian mengiyakan permintaan Duta. Duta suka belajar dan bermain catur di Chess.com. Pada waktu mengajukan permintaan itu, skor catur Duta untuk Blitz Chess 10 menit adalah: 1270.

Sedikit lagi Duta meraih skor 1300 dan Duta membayangkan malam itu dia akan bisa menikmati kebabnya.

Image by www.dlugy.com

Tapi sayangnya “nasib baik” sedang tidak berpihak kepadanya. Dua kali bertanding, dia mengalami kekalahan dan akibatnya nilainya turun di level 1250-an. Kesal karena kalah, Duta mencoba lagi dan hasilnya nilainya turun di bawah 1250 karena kalah.

Sejak itu, selama beberapa hari nilai Duta tak beranjak dari 1250. Dia naik sedikit di atas 1250 karena menang, tapi kemudian melorot lagi karena kalah bertanding. Begitulah, selama beberapa hari Duta berlatih dan berjuang dengan caturnya.

***

Sistem scoring pada situs chess.com tempat Duta belajar & bertanding catur online ini menarik. Walaupun identitas pemain bisa dimasukkan suka-suka, pemainnya adalah manusia riil dari berbagai negara dengan usia yang beragam.

Pada awal pertandingan, setiap pemain berangkat dengan skor awal 1000. Jika dia menang, nilainya akan bertambah (mengurangi nilai lawannya). Sebaliknya, jika dia kalah nilainya akan berkurang (ditambahkan ke lawannya).

Di awal bergabung di chess.com ini, skor Duta sempat turun hingga level 800-an karena berulang kali mengalami kekalahan.

Tetapi seiring meningkatnya kemampuannya bermain catur, skornya perlahan naik karena dia mulai lebih sering menang dibandingkan kalah.

Hari Kamis (9/11/2017) yang lalu tiba-tiba aku mendapat kiriman screenshot layar dari Yudhis yang mengabarkan bahwa dia telah berhasil meraih skor 1300.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close