Belajar Bahasa Jepang di Japan Foundation

Beberapa waktu yang lalu, Yudhis mengikuti salah satu kegiatan belajar bahasa Jepang di Japan Foundation. Nama programnya adalah “Hajimete no Nihongo”, Kids Program. Program ini berlangsung 6 pertemuan selama 2 minggu.

japanfoundation-03

Sejak mengetahui informasi program ini dari group Indonesia Homeschooler, kami menanyakan kepada Yudhis apakah dia tertarik untuk mengikutinya yang langsung diiyakannya. Tata sebenarnya juga tertarik. Tetapi karena usia peserta adalah 9-12 tahun, mungkin tahun depan Tata baru bisa ikut (kalau ada lagi programnya).

japanfoundation-01

(c) evi-sensei

Kami menggunakan kegiatan ini sebagai sarana untuk memperluas wawasan Yudhis, sekaligus melatih kemandiriannya. Sejak awal, Yudhis melakukan kegiatan ini sendiri tanpa kami; mulai menyiapkan dokumen, pendaftaran hingga hari-hari belajarnya di kantor Japan Foundation di Wisma Summitmas II, Jakarta Selatan. Yudhis diantar lek Gana naik motor ke kawasan perkantoran di Sudirman itu.

Walaupun awalnya terlihat agak gamang, kami melihat Yudhis menikmati proses ini. Kepercayaan dirinya semakin tumbuh setelah dia pergi mendaftar ke Japan Foundation seorang diri. Hari-hari belajar bahasa Jepang pun benar-benar dia tunggu. Bahkan usai kemah Pramuka Oase yang melelahkan, dia memaksa tetap pergi belajar bahasa Jepang walaupun capek dan terlambat.

***

Untuk kegiatan belajar bahasa Jepang ini, Yudhis juga belajar membuat dokumentasi di blognya, Dunia Yudhis:

 

***

Terima kasih Japan Foundation yang sudah mengadakan kegiatan belajar bahasa Jepang untuk anak-anak. Programnya sangat bermanfaat sekali. Mudah-mudahan Japan Foundation lebih sering mengadakan kegiatan untuk anak-anak semacam ini.

japanfoundation-02

 

Selengkapnya: Album Kegiatan Belajar Bahasa Jepang di Japan Foundation

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. selamat malam….

    saya mau tanya, di JF ini ada kelas kaiwa tidak yah untuk mahasiswa atau karyawan yang ingin kursus kaiwanya di JF.

    Mohon balasannya.saya tunggu yah…

    Terimakasih

Tinggalkan komentar Anda

*

Close