Belajar Architecture Visualization di Architecture Academy

Tahun 2015 ini, Yudhis merencanakan untuk lebih menekuni proses belajar 3D menggunakan software Blender. Pada saat awal mula menekuni Blender, Yudhis sangat ingin menekuni pembuatan tokoh/karakter dan animasi.

Tapi setelah terjun, mencoba, dan mengeksplorasi Blender selama beberapa tahun serta berdiskusi bersama kami, Yudhis memutuskan untuk lebih menekuni Architecture Visualization (ArchViz). ArchViz adalah salah satu cabang pemanfaatan 3D untuk modelling arsitektur.

Mengapa ArchViz dipilih? Karena Yudhis merasa kuat secara visual-spasial, tetapi merasa tidak bisa menggambar. Jadi, dunia 3D yg lebih cocok untuknya -sampai saat ini- adalah Architecture Visualization yang lebih geometris.

Jika betul2 bidang ArchViz ini yang ditekuni Yudhis, maka itu akan menjadi “kebetulan” yang luar biasa karena banyak infrastuktur pendukung yang bisa membantunya karena salah satu dunia yang dekat dengan keluarga kami adalah dunia arsitektur.

***

ArchitectureAcademy

Untuk belajar tentang Architcture Visualization, Yudhis ingin belajar dengan mengikuti Kelas Online The Architecture Academy (AA) yang dikelola oleh Andrew Price. Andrew adalah salah satu idola Yudhis di dunia Blender. Dia berasal dari Australia, sekarang tinggal di Korea Selatan bersama isterinya. Andrew belajar Blender secara otodidak hingga saat ini menjadi salah satu pemain serius di dunia ArchViz berbasis Blender.

Belajar Kelas Online di AA tidak murah. Paket basicnya $ atau $18/minggu. Awalnya Yudhis berusaha mencari uang sendiri dengan mengadakan Kelas Minecraft 2. Tapi karena Kelas Minecraft 2 tidak untung, aku menawarkan kepadanya kesepakatan.

Kesepakatan kami: aku akan membayarkan biaya Kelas Online AA tapi statusnya adalah pinjaman. Yudhis harus mendokumentasikan proses belajarnya sambil belajar blogging berbahasa Inggris Uang pinjaman bisa dikembalikan kalau dia mendapat proyek dari keterampilannya membuat modelling ArchViz.

Yudhis sepakat dan kemudian mulai belajar selama 14 minggu. Saat ini Yudhis sudah masuk di minggu ke-6 dan terus berkarya. Dokumentasi kegiatan Yudhis bisa dilihat di www.DuniaYudhis.com.

AA-modul5

***

Keputusan untuk membiayai Yudhis mengikuti Kelas Online AA bukan sebuah hal yang mudah bgi kami. Harga $18/minggu itu tidak murah bagi kami. Mengalokasikan dana tambahan $72/bulan adalah hal yang cukup berat. Tapi kelas-kelas ArchViz yang lain jauh lebih mahal, hingga $500 per kelas.

Melihat semangat Yudhis dan peluang “lompatan belajar” untuk Yudhis, kami memutuskan untuk maju. Kami berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan Yudhis untuk memastikan bahwa dia bersungguh-sungguh dan berkomitmen dengan proses belajarnya.

Dan ternyata Yudhis memenuhi komitmennya. Kami juga melihat kegiatan ini sebagai pembelajaran yang luar biasa.

***

Lesson Learned

Banyak pelajaran yang kami peroleh selama proses ini.

Peluang pembelajaran semakin banyak

Berkat Internet, kita memiliki semakin banyak ruang-ruang untuk pembelajaran, mulai yang sederhana hingga di level profesional. Belajar ArchViz adalah salah satu contoh belajar serius menuju dunia profesional. Anak-anak bisa belajar kapan pun sesuai keinginannya.

Mendidik komitmen & dikawal

Belajar online membutuhkan motivasi yang kuat. Tingkat kegagalan dalam kelas online lebih tinggi karena komitmen untuk belajar mandiri itu memang tidak mudah. Di sinilah salah satu latihan kekuatan hati dan komitmen diuji.

Lompatan belajar

Proses belajar ArchViz di Architecture Academy ini menjadi lompatan belajar bagi Yudhis. Proses ini bukan hanya menambah kepercayaan diri, Wawasan dan keterampilannya. Tetapi proses ini juga merupakan lompatan belajar baginya.

Belajar dan menekuni bidang-bidang profesional tak lagi harus linier, menunggu usai SMA.

Kapan pun siswa siap, pembelajaran bisa dilakukan.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Halo.
    Senang sekali saya membaca blog ini sehingga menginspirasi saya untuk membentuk kepribadian anak saya kelak.
    Oh ya. Apakah mas Aar dan mbak Lala sudah pernah mencoba lynda.com sebagai media pembelajaran ke yudhis?
    Disana banyak sekali materi dengan harga langganan bulanan yg cukup murah.

    • Betul mas Satriyo, Lynda.com menyajikan tutorial2 online yang bagus dengan biaya bulanan cukup ringan. Kami sampai saat ini belum memakai. Biasanya masih lebih suka Udemy yg lebih murah πŸ™‚

Tinggalkan komentar Anda

*

Close