Bagaimana keseharian anak homeschooling?

Homeschooling itu kegiatannya ngapain saja sih? Kalau anak-anak tidak pergi ke sekolah sejak pukul 7-12, apa saja yang mereka lakukan?

Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan itu. Berbeda dengan sistem sekolah yang terstandardisasi dengan ketat, homeschooling memiliki model yang sangat beragam, mulai yang sangat terstruktur serupa sekolah (school-at-home) hingga yang sangat tidak terstruktur (unschooling). Dalam prakteknya, setiap keluarga homeschooling memilih dan menjalani model yang berbeda-beda sesuai visi pendidikan keluarga dan kebutuhan anak-anaknya.

Nah, keluarga kami menjalani homeschooling dengan model yang tidak terlalu terstruktur, sangat dekat dengan unschooling. Kegiatan anak-anak sebagian besar tak berbasis buku pelajaran (textbook), tetapi berbasis kegiatan di dunia nyata (project-based learning).

(c) Photo by Nina Pierre

Seperti contoh kegiatan yang sedang dilakukan Yudhis (16 tahun) & Tata (13 tahun). Mereka sedang mempersiapkan kegiatan OASEksplorasi 2017, sebuah kegiatan ekspedisi ke pulau untuk melakukan riset tentang sebuah hal tertentu.

Dalam kegiatan ini, anak-anak menjadi panitia untuk teman-temannya sekaligus menjadi peserta. Sebagai panitia, mereka belajar merancang dan mengorganisir kegiatan. Sebagai peserta, mereka belajar merancang output yang mereka hasilkan selama eksplorasi. Ada yang memilih output berupa peta hijau, video dokumentasi, buku ilustrasi, dan sebagainya.

Selama kegiatan ini, ada sejumlah mentor yang menjadi partner belajar mereka, baik dalam hal berorganisasi maupun dalam hal menghasilkan output. Para mentor dan narasumber OASEksplorasi ini sebagian besar adalah para orangtua yang berdedikasi dan bekerja keras bersama-sama untuk mendukung proses belajar anak-anak mereka.

Dokumentasi kegiatan OASEksplorasi yang dapat dilihat di: http://kluboase.com/oaseksplorasi-2017/

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close